Ribetnya Kalau Atasan Suka Ngegosip, Tangkal Dengan Cara Ini Agar Tidak Mengganggu...

Ribetnya Kalau Atasan Suka Ngegosip, Tangkal Dengan Cara Ini Agar Tidak Mengganggu Pekerjaan

gosip di kantor
Image dari Centroone.com

Dalam menjalankan pekerjaan, tentu semua orang butuh konsentrasi. Bekerja tanpa konsentrasi pasti tidak akan bisa menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Apalagi posisi Anda saat ini adalah seorang karyawan yang selalu dituntut perusahaan bekerja dengan maksimal, konsentrasi dan fokus adalah hal utama. Kadang konsentrasi dan fokus ini sulit dicapai kalau lingkungan kerja tidak mendukung.

Gangguan dari berbagai pihak bisa saja memecah konsentrasi dan fokus Anda dalam bekerja. Seringkali gangguan yang bisa meruntuhkan konsentrasi Anda adalah berasal dari teman kerja Anda sendiri. Teman yang suka bergosip sering membuat suasana menjadi gaduh dan ini tentu sangat tidak nyaman.

Gangguan dari teman seperti ini mungkin masih bisa langsung Anda tangani, namun bagaimana jika gangguan datang dari atasan. Apa yang harus dilakukan ketika yang suka bergosip adalah atasan, simak tips menagatasinya di bawah ini.

1. Jangan Ngobrol Tentang Topik Pembicaraan yang Bisa Memicu Gosip

Ini harus Anda hindari sedini mungkin, jangan sampai Anda dan teman-teman bicara tentang sesuatu yang memicu atasan ikut nimbrung dan bergosip. Jika Anda ingin ngobrol sesuatu dengan rekan kerja, carilah waktu yang tepat, jangan sampai terdengar oleh atasan. Topik pembicaraan seputar membicarakan rekan kerja lain sangat berpotensi memicu atasan turut nimbrung.

Jadi sebisa mungkin hindari topik ini saat berbicara dengan teman kerja Anda. Atau jika atasan Anda bertanya tentang hal pribadi seputar teman Anda, sebaiknya Anda jawab dengan sopan bahwa Anda tidak mengetahuinya.

Artikel lain: Tips Aman Menegur Sikap Bos yang Keterlaluan

2. Segera Alihkan Pembicaraan Jika Atasan Mulai Menggosip

Anda harus piawai mengatur strategi saat berbicara dengan atasan. Karena seseorang yang suka bergosip akan selalu memancing bahan pembicaraan untuk dijadikan materi gosip. Nah, jika suatu ketika Anda terpeleset lidah dan terjebak dalam pembicaraan gosip, maka Anda harus bisa segera mengalihkan topik pembicaraan.

Contoh sederhana, jika atasan  mulai menanyai Anda mengenai pribadi si A, maka Anda harus bisa menjawab secara subyektif dengan waktu yang sama Anda juga harus membicarakan hal yag lain.

3. Menghindari Pembicaraan Tidak Penting Dengan Atasan

Jika Anda merasa sangat sulit mengalihkan pembicaraan ketika berbicara dengan atasan, maka cara paling efektif adalah dengan menghindari pembicaraan. Anda bisa membuat alasan tertentu untuk menghindar dari pembicaraan dengan atasan. Alasan sedang banyak pekerjaan, ada deadline misalnya, bisa Anda jadikan sebagai alasan untuk menghindar.

Namun perlu juga Anda ketahui, apakah atasan ingin berbicara tentang hal penting atau sekedar bergosip saja. Jika ada gelagat atasan hanya ingin bergosip, segeralah buat alasan untuk menghindari pembicaraan tersebut.

4. Bicarakan Hal Baik Tentang Teman Kerja Anda

Tips ini bisa Anda lakukan untuk meredam keinginan atasan dalam bergosip. Jika atasan selalu memancing Anda untuk membicarakan rekan kerja Anda, maka sebaiknya bicarakan saja hal-hal yang baik tentang mereka. Ini dimaksudkan agar atasan tidak semakin menjadi-jadi ketika membicarakan rekan kerja atau orang lain.

Membicarakan hal baik dari iorang lain, sedikit banyak akan bisa mentralisir pembicaraan yang tidak penting dengan atasan Anda. Jadi ketika atasan mulai membicarakan hal buruk tentang orang lain, selalu imbangi saja dengan hal positif tentang orang yang tengah dibicarakan tersebut.

Baca juga: Mantan Bos Jadi Rekan Bisnis? Mengapa Tidak

5. Katakan Pada Atasan Bahwa Bergosip Adalah Hal Buruk

Ini adalah cara terakhir jika terpaksa Anda tidak bisa lagi menghindari ajakan bergosip dari atasan. Jika berbagai cara sudah Anda lakukan namun ternyata masih saja atasan terus bergosip, maka tidak ada cara lain kecuali Anda langsung mengatakan padanya bahwa bergosip adalah hal buruk. Sedikit membutuhkan keberanian memang, tapi untuk kebaikan bersama tentu hal ini perlu diperjuangkan.

Dengan catatan, sebelum Anda memutuskan untuk mengatakan kepada atasan bahwa apa yang ia lakukan adalah buruk, bicarakan dulu dengan rekan kerja yang lain. Hal ini harus Anda lakukan barangkali masih ada solusi lain dari teman-teman untuk mengatasi hal buruk yang selalu dilakukan oleh atasan ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan