Review Aplikasi Mozilla Thunderbird 34.0 Beta 1

Aplikasi-Mozilla-Thunderbird

Saat ini selain pesan singkat atau sms, salah satu media komunikasi elektronik utama yang paling banyak digunakan adalah email. Email atau yang juga lazim disebut pesan elektronik merupakan bagian dari komunikasi elektronik yang sangat penting peranannya. Tidak hanya sebagai komunikasi umum, email saat ini juga lebih lekat dengan urusan bisnis. Bahkan email bisa dikatakan sebagai “KTP” di dunia maya bagi para netizen.

Namun masalah akan timbul jika email yang kita miliki mulai “ramai” dan butuh pengorganisiran yang lebih baik. Atau jika kita memiliki alamat email lebih dari satu karena tuntutan pekerjaan, tentunya akses halaman email melalui aplikasi peramban internet bakal berjalan kurang efektif. Nah oleh karena itu dibutuhkan aplikasi tambahan yang bisa membantu kita mengelola email lebih baik.

Rekomendasinya adalah sebuah aplikasi klien e-mail bernama Mozilla Thunderbird. Dengan aplikasi ini kita bisa lebih leluasa mengakses, mengatur serta memberikan balasan untuk email yang kita terima. Lebih jauh mengenai aplikasi Mozilla Thunderbird, akan Maxmanroe share pada artikel review berikut ini:

Aplikasi lain: Review Aplikasi Browser Mozilla Firefox

Mozilla Thunderbird – In general

Mozilla Thunderbird merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Mozilla Organization. Seperti yang diketahui Mozilla juga merupakan pengembang aplikasi peramban populer yakni Mozilla Firefox. Dan untuk melengkapi layanannya, perusahaan tersebut juga menelurkan sebuah aplikasi pengelola email, Thunderbird.

Secara umum Thunderbird mempunyai fungsi utama sebagai klien e-mail atau aplikasi untuk mengorganisir email. Dengan dukungan tekntologi IMAP/POP serta HTML, Thunderbird menawarkan fungsi pengaturan meliputi membaca, mencari, mengelompokan hingga import/ekspor email pribadi dengan lebih mudah. Yang menarik kita bisa memasukkan banyak akun email dalam satu aplikasi tersebut. Selain fungsi klien email, Thunderbird juga dapat digunakan sebagai RSS Feed.

Mozilla telah mengembangkan aplikasi Thunderbird untuk beberapa sistem operasi yakni Windows, Mac OS, serta Linux. Dan untuk OS Windows, aplikasi dengan versi pengembangan terbaru Thunderbird 34.0 Beta 1 ini termasuk sangat adaptif karena dapat bekerja disemua versi OS Windows. Perlu diperhatikan spesifikasi minimal yang harus ada pada perangkat komputer kita yakni HDD 200 MB serta RAM 1 MB. Selebihnya anda tinggal mengunduh file instalernya yang mempunyai berat 29 MB.

Fitur Aplikasi Thunderbird 34.0 Beta 1

Untuk mendukung pengaturan email yang lebih baik, Thunderbird telah dilengkapi dengan beberapa fitur penting yakni;

  • Dapat ditautkan pada banyak akun email dari berbagai penyedia seperti Gmail, Yahoo mail dan lain lain.
  • One-click Address Book, yang akan mempermudah kita dalam menambahkan alamat relasi yang baru.
  • Multiple Channel Chat, dengan fitur ini kita bisa mensingkronkan dengan beberapa penyedia layanan chat seperti Gtalk, Yahoo Messenger, #Facebook Messenger dan lain lain.
  • Fitur pengamanan email yang lebih baik terhadap spam maupun email berbahaya.
  • Dan lain-lain.

Baca juga: Aplikasi Internet Download Manager (IDM)

Aplikasi Thunderbird merupakan aplikasi yang bersifat opensource sehingga dapat kita gunakan secara gratis. Untuk mendapatkannya, rekan-rekan tinggal mengunduh instalernya via tautan JalanTikus.com berikut ini:








1 comment on this postSubmit yours
  1. wah canggih nih gan juga bersifat opensource, langsung TKP gan …
    terimakasih sudah berbagi .. :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud