Review Aplikasi Internet Download Manager (IDM)

Aplikasi-Internet-Download-Manager

Salah satu kegiatan yang sering kita lakukan ketika berselancar di dunia maya adalah mengunduh file seperti lagu, dokumen, film, atau berbagai jenis file digital lainnya. Nah untuk mendukung kegiatan tersebut kini sudah cukup banyak #aplikasi download manager yang menawarkan kemudahan serta proses pengunduhan yang lebih cepat.

Perang fitur yang ditawarkan pun tak terelakkan, cukup banyak aplikasi yang  hadir dengan klaim mampu mempercepat proses unduhan. Dan salah  satu nama yang mungkin sudah tak asing di telinga kita yakni Internet Download Manager atau yang lebih tenar dengan nama kecil IDM.

IDM merupakan salah satu pioner aplikasi download manager yang sudah cukup lama dikembangkan oleh developer Tonec Inc. Setelah memasuki masa pengembangan terbaru 6.21 build 11, kini IDM kian memperkaya fiturnya dengan berbagai fungsi baru yang tentunya tak terlepas untuk meningkatkan kualitas proses pengunduhan file digital. Kali ini Maxmanroe akan membahas aplikasi IDM secara umum, selamat membaca :)

Aplikasi lain: Download Aplikasi Android Babe (Baca Berita)



Internet Download Manager (IDM) – In General

Pada dasarnya sebuah aplikasi download  manager mempunyai fungsi utamanya yakni menjadi jembatan masuknya file unduhan yang diperoleh dari internet. Selain itu dengan tambahan fitur-fitur lain, aplikasi tersebut juga secara tidak langsung mampu membantu mempercepat proses pengunduhan file jika dibandingkan dengan fitur download  standar yang ada pada perangkat komputer kita. Nah demikian juga dengan IDM, aplikasi populer yang  satu ini telah lama menjadi sahabat bagi pecinta download atau pengguna internet umumnya.

Saat ini aplikasi IDM masih dikembangkan hanya  untuk platform Windows saja. Sedangkan untuk platform sistem operasi lain belum dikembangkan. Dalam seri terbarunya, IDM menklaim telah support dengan versi windows 8.1. Dengan ukuran aplikasi yang tergolong cukup kecil yakni 6 Mb, IDM mampu memberikan berbagai fungsi penting. Namun yang menjadi kendala utama dari penggunaan aplikasi ini adalah lisensinya yang berbayar. Namun bagi yang  ingin mencobanya secara gratis tetap bisa kog  dengan mendownload versi trialnya yang dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Fitur Aplikasi Internet Download Manager

IDM mempunyai beberapa fitur penting yakni:

  • Mempercepat proses pengunduhan hingga 5 kali.
  • Mampu menyimpan catatan download yang terputus , dan melanjutkannya kembali ketika tersambung jaringan.
  • Proses pengunduhan secara otomatis atau terjadwal saat tersambung jaringan.
  • Pemecahan file dengan ukurang yang terlalu besar saat akan diunduh.
  • Kompatibel terhadap berbagai mesin pencarian populer seperti Firefox, Google Crome, Safari, Opera, Internet Explorer, dan lain-lain.
  • Bekerja dengan baik pada beragam jenis jaringan.
  • Dapat berjalan pada sistem operasi Windows 8.1 (untuk seri terbaru 6.21)
  • Bebas iklan, spyware, atau berbagai jenis program berbahaya lainnya.

User Interface Internet Download Manager

IDM mempunyai tampilan tatap muka pengguna yang cukup mudah  untuk dipahami. Dengan tampilan utama daftar file yang telah, sedang atau akan di download, dilengkapi dengan  navigator bar di bagian atas yang menunjukkan semua fungsi utama. Dibagian kiri tampilan kita juga disuguhkan akses file download yang dibagi ke dalam jenis-jenis terpisah seperti file suara, gambar, dokumen, program atau file kompresi.

Baca juga: Download Game Android Clash of Clans (COC)

Aplikasi yang mendapatkan rating komunitas JalanTikus.com sebesar 4 dari 5 ini memang layak untuk anda miliki. Bagi yang belum mempunyai aplikasi IDM silahkan mengunduhnya versi komersial trial nya via JalanTikus.com di bawah ini.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud