Review Aplikasi Browser Mozilla Firefox

Browser-Mozilla-Firefox

Pada artikel sebelumnya kita telah sedikit mengulik mengenai #aplikasi browser #Google Crome yang handal dalam hal fitur serta kesan minimalis tampilannya. Dan kali ini kita akan membahas salah satu pesaing terberatnya dalam ranah aplikasi peramban yakni Mozilla Firefox.

Jika Crome hadir untuk pengguna yang gemar akan tampilan bersih nan minimalis, bisa dikatakan Firefox hadir untuk mereka yang menginginkan aplikasi peramban dengan performa stabil. Meskipun tergolong aplikasi yang cukup kecil, Firefox menawarkan pengalaman penjelajahan internet yang lebih stabil dan cepat. Dan kelebihan lain dari browser ini yakni tingkat adaptasi platform sistem operasi yang luas.  Dengan kata lain, Firefox bisa berjalan di hampir semua sistem operasi perangkat online.

Ingin tahu lebih dalam mengenai browser Firefox? Berikut ini ulasannya.

Mozilla Firefox – In general

Firexfox merupakan browser yang dikembangkan kelompok nirlaba Mozilla Organization. Saat ini aplikasi browser dengan kepopuleran mendunia tersebut telah dikembangkan hingga versi terbaru Firefox 34.0 beta 3. Aplikasi yang total berat file installer 37 MB tersebut juga pernah dinobatkan menjadi browser terpopuler oleh beberapa media teknologi internasional. Dan di Indonesia sendiri kepopuleran Firefox juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal ini juga tercermin dari rating yang diberikan komunitas JalanTikus.com yakni 3.9 / 5.

Artikel lain: Download Aplikasi Browser Google Chrome

Yang menjadi salah satu keunggulan mengapa firefox begitu populer adalah kompatibelitas dengan berbagai sistem operasi berbeda mulai Windows, Mac, Linux serta sistem operasi perangkat mobile macam  #Android dan #iOs. Hal ini tentunya mempermudah bagi pengguna sistem operasi berbeda untuk mengintal Firefox di perangkat mereka.




Mozilla Organization mengeluarkan aplikasi ini dengan label open soure yang tentunya gratis untuk digunakan serta dapat dikembangkan kembali. Mengenai proses penginstalan, selian bisa diinstal secara online, Firefox juga menyedia installer versi offlinenya sehingga memudahkan proses pemasangan meski tanpa koneksi internet.

Fitur Aplikasi Browser Mozilla Firefox

Terkait fitur aplikasi ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Firefox, diantaranya:

  • Fitur anti Pop up, fitur ini akan sangat membantu ketika kita mengakses situs yang banyak menempatkan iklan pop up. Firefox akan secara otomatis memblokir munculkan kotak pop up yang tentunya sangat mengganggu tersebut.
  • Support website berbasis pemrograman HTML4, XML, XHTML, CSS, JavaScript, DOM serta beberapa web berbasis HTML 5.
  • Adanya dukungan puluhan ribu add on dengan fungsi yang sangat beragam untuk menambah fungsi dasar peramban. Add on tersebut termasuk yang dikembangkan oleh Mozilla maupun yang dikembangkan oleh pihak ketiga.
  • Keamanan data browsing yang lebih baik.
  • Area toolbar yang ringkas dan mudah digunakan.

User interface Browser Mozilla Firefox

Jika dibandingkan dengan Crome, tampilan Firefox mungkin terlihat lebih komplek. Namun secara umum pada versi pengembangannya yang terbaru aplikasi ini terlihat cukup kompak dengan hanya beberapa tombol fungsi yang disematkan dalam jajaran toolbar di bagian atas.

Sedangkan dibagian kanan atas kita juga akan menjumpai beberapa tombol fungsi add on (jika kita menambahkan add on). Secara umum peramban Firefox dapat berjalan dengan stabil dan cukup ringan, namun terkadang masih terdapat beberapa masalah ketika mengakses website yang menampilkan animasi flash player karena akan memakan daya RAM yang cukup besar.

Baca juga: Download Aplikasi Antivirus Avast! Free Antivirus




Bagi rekan-rekan yang belum mempunyai aplikasi Mozilla Firefox dan ingin memilikinya bisa  mengunduhnya dengan gratis via JalanTikus.com pada tautan di bawah ini.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. dulu saya pake firefox terus, tapi setelah kenal chrome jadi terlupakan deh firefoxnya. maaf ya :(

  2. Hmm saya cukup suka menggunakan browser moozila firefox, tp yang paling sering saya gunakan adalah google chrome :)

  3. saat ini saya menggunakan Firefox 32.0.2 dan saya tertarik untuk update ke versi 34.0 beta 5

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud