Resmi Diganti, Inilah Wajah Baru Logo Google

logo Google 2015

Rekan-rekan yang kerap memulai rutinitas dengan mengakses #mesin pencari Google, harusnya sudah menyadari ada yang berbeda pada sosok “mbah” Google 2 hari ini. Apakah itu?

Yup, selamat untuk yang sudah faham. Namun untuk yang belum juga faham, saya berikan bocorannya deh. Tepat pada tanggal 1 September 2015 kemarin, perusahaan besutan duo karib Larry Page dan Sergey Brin tersebut telah resmi meluncurkan sebuah logo baru.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, perusahaan #Google baru saja melakukan perombakan besar dalam struktur perusahaan. Membawa nama perusahaan induk yang baru, Alphabet, tentunya banyak pihak yang erat mengaitkan induk perusahaan dengan logo baru tersebut. Lalu apa sajakah yang berbeda dan pesan apa yang terkandung di dalamnya? Berikut akan kita ulas lebih dalam mengenai logo baru sang maestro industri digital tersebut.

Perubahan Drastis Sejak Tahun 1999

Pernyataan mengenai penggantian logo ini pertama kali muncul dari blog resmi Google tertanggal 1 September lalu. Dalam posting tersebut disebutkan bahwa apa yang dilakukan Google saat ini merupakan salah satu langkah besar selama kurun waktu 17 tahun terakhir. Seperti diketahui logo Google memang mulai berganti pada tahun  1998 dan setelahnya secara bertahap mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Melihat sekilas logo tersebut, beberapa fitur yang nampak di antaranya menggunakan font new sans-serif yang terkesan lebih modern dan tegas. Kemudian mengenai warna, 4 warna identitas Google yakni biru, merah, kuning dan hijau masih tetap dipertahankan. Namun yang membedakan adalah kali ini jenis warna yang dipakai cenderung lebih soft.

Selain itu detil lain yang sangat terlihat berbeda adalah logo kecil atau Favicon Google. Jika sebelumnya Google memakai huruf G klasik berbalut warna biru, kali ini Favicon tersebut diganti dengan logo G bertekstur tebal dengan gabungan 4 warna yang selaras dengan logo utamanya.

Lalu mengapa perubahan logo kali ini banyak dikatakan sebagai yang paling berbeda? Nah jika diperhatikan kembali, dari jajaran logo Google sejak pertama kali berdiri kita bisa melihat baru kali ini Google memakai font yang berkesan modern dan lebih dinamis. Yang paling terlihat, bisa rekan-rekan perhatikan pada huruf G yang berada di tengah. Pada semua logo terdahulu, huruf G yang dipakai masih bernuansa klasik dengan lekukan yang khas, dan ini tidak tampak pada logo paling gress.

Artikel lain: Melihat Lebih Dekat Animasi Google Doodle

Menyambung keterangan resminya, Google menyatakan bahwa perubahan tersebut diselipi makna tentang bagaimana Google berinteraksi dengan para penggunanya, termasuk platform online, #aplikasi hingga perangkat teknologi. Kini Google sudah bukan lagi perusahaan dengan fokus tunggal, melainkan menjadi sebuah kerajaan bisnis multi usaha yang ingin memberikan sebanyak-banyaknya layanan dan kemudahan bagi para pengguna.

Menjadi Identitas Google yang Baru

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya tentang reskruturisasi perusahaan Google hingga munculnya induk perusahaan baru Alphabet, logo ini juga membawa misi tentang identitas baru yang ingin dimunculkan oleh perusahaan Google.




Banyak pengamat industri #teknologi dunia yang berspekulasi bahwa pembentukan induk perusahaan Alphabet adalah langkah bisnis yang cukup krusial. Seperti diketahui selama proses perkembangannya, Google dari tahun ke tahun melakukan ekspansi usaha dalam berbagai bidang yang nampaknya mulai membelok dari ruh Google sebagai perusahaan digital. Dan nyatanya tidak sedikit dari proyek Google (di luar bisnis internet) tersebut yang mendapati kegagalan.

Baca juga: Google Inc Segera Dibubarkan! Kog Bisa?

Spekulasi yang berkembang yakni pemisahan antara bisnis #internet dengan non-internet, bukan hanya untuk memberikan kekhususan dari tiap unit usahanya namun juga untuk memisahkan bisnis yang menghasilkan dan bisnsis yang belum atau kurang menghasilkan. Dan adanya logo baru tersebut juga menjadi salah satu senjata untuk mempertahankan lahan “basah” milik Google yakni di industri digital.

Membahas tentang perkembangan industri digital dan teknologi tentu tidak ada habisnya. Terutama jika menyangkut perusahaan besar seperti Google. Namun yang pasti dengan adanya logo baru ini, Google tentu akan semakin berkembang dan berusaha melahirkan layanan baru yang lebih inovatif dan bermanfaat.




5 total comments on this postSubmit yours
  1. Coba teman-teman cek juga, yang punya blogspot.com berubah jadi blogspot.co.id. Kayaknya blogspot menyesuaikan ekstensi domain dengan setelan bahasa di blogspot tuh. Kalo pake bahasa Indonesa, otomatis menjadi .co.id. Saya baru nyadar setelah melihat hi-octan.blogspot.com saya berubah jadi octan.blogspot.co.id :)

  2. Inovasi dalam sebuah usaha sangat dibutuhkan, minimal untuk memberikan nuansa terbaru yang lebih fresh. Ada secara langsung atau tidak berdampak pada perkembangan usaha tersebut. Tergantung dari sisi mana inovasi yang dilakukan.

  3. Ada yang baru dengan ikon google, saya baru ngeh.. tapi lebih suka logo lama sih.

  4. Maaf gan keluar dari teori,,,

    Gan, terima jasa pembuatan blog??

    • Maaf, saya ga jual jasa pembuatan blog mas Andi :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud