Resep Sederhana Tumbuhkan Loyalitas Karyawan 

Image dari Trbimg.com

Image dari Trbimg.com

Sebagai pengusaha dan pebisnis yang profesional, sudah seharusnya Anda memiliki pemikiran yang luas pada karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda. Saat menjadi karyawan di beberapa perusahaan, saya sendiri selalu mengamati sikap pemimpin perusahaan saya kepada karyawan. Hal ini saya lakukan karena sikap dan pandangan para pemimpin perusahaan pada karyawan ini sangat penting bagi karir dan masa depan kita di perusahaan tersebut.

Jika pemimpin bisnis memiliki pandangan dan sikap yang selalu menganggap bahwa karyawan adalah sekedar sosok pekerja, maka menurut saya hal ini tidaklah benar. Karyawan memang seorang pekerja, itu tidak salah, namun para pebisnis seharusnya memahami bahwa di balik bergeraknya roda dan kesuksesan bisnis, ada sosok karyawan yang tak bisa Anda lupakan.

Peran Penting Loyalitas Karyawan Demi Kemajuan Bisnis

Karyawan memang memiliki peran yang sangat krusial bagi perusahaan Anda. Maka dari itu sebagai pemimpin perusahaan Anda seharusnya bisa menjadikan mereka aset penting perusahaan. Buat sebisa mungkin mereka betah bekerja dan mencintai bisnis dan perusahaan Anda. Jangan ragu untuk itu, karena jika para karyawan ini telah mencintai pekerjaannya, maka mereka akan bekerja secara maksimal memberikan yang terbaik untuk perusahaan Anda.

Jika para karyawan terbaik Anda sudah bisa bekerja dengan maksimal dengan kerja terbaiknya, maka cita-cita Anda untuk menggerakkan langkah perusahaan pada kesuksesan akan menjadi sesuatu yang ada dalam genggaman Anda.

Tentu saja untuk menumbuhkan loyalitas karyawan, Anda sebagai pemilik perusahaan harus berbuat dan melakukan sesuatu. Berikut beberapa cara yang bisa Anda jalankan sebagai pemilik perusahaan untuk menumbuhkan loyalitas karyawan terhadap pekerjaan dan bisnis Anda.

Artikel lain: Lakukan 7 Hal Ini Agar Karyawan Bekerja Lebih Maksimal

1. Berikan Pujian Saat Karyawan Melakukan Tugas Dengan Baik

Teknik pertama untuk membuat karyawan cinta pada bisnis Anda adalah dengan memberikan pujian saat karyawan telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Jangan ragu untuk meyangjung dan memuji mereka yang telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Tapi ingat, berikan pujian yang tulus, jangan hanya karena terpaksa. Karyawan yang juga seorang manusia memang butuh sebuah pengakuan dan pujian. Dengan adanya pujian ini mereka para karyawan ini akan merasa dihargai dan akan bekerja dengan lebih giat.

2. Ciptakan Sebuah Tradisi yang “Fun” di Perusahaan

Salah satu hal yang mampu memupuk loyalitas karyawan sehingga betah dan mencintai perusahaannya adalah membuat mereka merasa senang dengan adanya kegiatan-kegiatan yang ada di perusahaan. Maka dari itu sebagai pemimpin perusahaan cobalah untuk menciptakan sebuah tradisi yang “fun” bagi karyawan di perusahaan Anda.

Hal-hal seperti main futsal bareng, karaoke bareng, hangout bareng atau liburan ke luar kota adalah beberapa agenda kegiatan yang bisa Anda jadikan tradisi menarik di perusahaan Anda. Bahkan pada banyak perusahaan besar dunia, ide ini telah menjadi agenda wajib untuk meningkatkan loyalitas karyawan.




3. Respon Prestasi Karyawan Sesegera Mungkin

Jika ada karyawan yang mendapatkan prestasi dalam pekerjaaan mereka, jangan tunda untuk memberikan respon dan penghargaan. Mantan CEO Yahoo, Carol Bartz selalu membuat sebuah kebiasaan untuk menghargai karyawannya, yaitu dengan merespon prestasi karyawannya saat itu juga.

Dengan adanya respon cepat dari Anda, maka karyawan tidak lagi sempat berpikir yang negatif terhadap Anda dan perusahaan yang mengira tidak menghargai karyawan. Saat Anda memberikan respon dan penghargaan yang tepat dan cepat ini maka karyawan akan mampu bekerja dengan lebih tulus dan maksimal.

4. Munculkan Loyalitas Karyawan Dengan Kebebasan

Budaya perusahaan memang sesuatu yang mempengaruhi perasaan karyawan terhadap perusahaan setiap harinya. Jika Anda mampu menciptakan budaya yang baik dan menyenangkan bagi karyawan, maka bukan tidak mungkin jika karyawan akan cinta pada bisnis dan perusahaan Anda. Hal-hal seperti memberikan otonomi atau kebebasan dalam mengembangkan diri. Menjadikan mereka ahli pada pekerjaannya atau membangkitkan sebuah cita-cita adalah contoh budaya perusahaan yang bisa Anda bangun untuk membuat karyawan mencintai bisnis Anda.

Baca juga: 5 Tips Berkomunikasi Dengan Karyawan Pertama Anda

5. Libatkan Emosi Karyawan Dengan Motivasi

Terakhir, teknik untuk memperkuat loyalitas karyawan adalah dengan melibatkan emosi karyawan dengan #motivasi. Sebagai pengusaha, Anda memang sudah selayaknya bisa membuat karyawan Anda bekerja dengan produktif. Maka dari itu cobalah untuk selalu memberikan penguatan positif dan motivasi pada karyawan Anda di sela-sela waktu Anda bertemu dengan karyawan.

Ketika Anda mampu memberi umpan balik berupa penguatan motivasi yang tepat maka Anda akan dianggap sebagai pemimpin yang peduli pada karyawan. Dengan kondisi yang demikian maka Anda akan membuat ketidakterikatan karyawan secara emosional dalam pekerjaan. Inilah hal yang bisa membuat karyawan jatuh cinta pada bisnis dan perusahaan hingga Anda akan memperoleh impact yang positif dari bisnis berkembang dengan pesat.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud