Ratna Miranti ~ Berawal Dari Kesalahan Kecil Kini Berbuah Kesuksesan Besar

Ratna Miranti

Kesuksesan besar tidak selalu diawali dari sebuah ide brilian. Bahkan dari sebuah hal yang awalnya merupakan kesalahan atau ketidak sengajaan, bukan tidak mungkin lahir sebuah ide sederhana namun luar biasa.

Hal inilah yang dibuktikan oleh seorang entrepreneur wanita asal kota Bandung bernama Ratna Miranti. Berawal dari ketidak sengajaan, ia yang sebelumnya menekuni industri batik justru terperosok pada dunia bisnis baru yang bahkan sebelumnya belum pernah ia coba, yakni bisnis glass painting.

Dan kini tak disangka usaha glass painting milik Ratna bisa berkembang bahkan lebih besar dari ekspektasi awalnya.

Artikel lain: Valkrisda Caresti Botha ~ Hasilkan Jutaan Rupiah Dari Kreasi Limbah Kain

Berawal Dari Kesalahan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, awal mula perkenalan wanita yang akrab disapa Mira ini dengan dunia glass painting bisa dikatakan sangat kebetulan.




Di mulai dari basic Mira yang seorang pengrajin batik, ia sebelumnya memang sudah mempunyai usaha sendiri meski skalanya masih tergolong kecil. Hingga selepas ia mulai berkeluarga dan mempunyai momongan, Mira memutuskan untuk fakum sementara dari dunia bisnis kreatif tersebut.

Waktu berjalan dan Mira akhirnya merasa bisa kembali berkarir disamping sebagai seorang ibu rumah tangga. Jadilah sang #mompreneur tersebut mencari dan membeli bahan-bahan untuk kerajinan batik. Namun setelah semua bahan terbeli, ternyata ia salah membeli cat untuk keperluan batik. Ia malah membeli cat khusus untuk melukis gelas yang sebenarnya ia sendiri belum pernah memakainya.

Namun ternyata kesalahan tersebut justru menggelitik ide kreatif lulusan seni rupa ITB  yang satu ini. Dengan bahan cat tersebut, ia mencoba melukis motif-motif karangannya sendiri pada #media botol bekas yang ada di rumahnya. Tak disangka hasilnya cukup menarik sehingga membuat ia ketagihan membuat kerajinan yang lebih dikenal dengan istilah glass painting tersebut.

Beranjak ke dunia bisnis, hasil karya glass painting miliknya kemudian ia pajang via media sosial meski. Dan hasilnya? Respon positif mengalir deras bahkan tidak sedikit yang langsung tertarik dan memesan produk “kebetulan” tersebut.

Ratna Miranti Tak Berpuas Diri

Setelah melihat cerahnya peluang bisnis glass painting ini, Mira pun semakin semangat untuk mendalaminya. Ia memutuskan untuk mengikuti sebuah pelatihan glass painting untuk memperdalam ilmunya.




Yang menarik manakala ia mulai mengikuti pelatihan, sang instruktur justru bertanya apa yang bisa diajarkan pada Mira. Mengingat kemampuan ibu dua anak ini terbilang memang sudah cukup mahir melukis di atas kaca. Dan akhirnya dari pelatihan tersebut Mira mendapatkan ilmu baru terkait dunia glass painting seperti masalah jenis gelas lukis, pengecatan, pelapisan hingga pengeringan produk.

Lepas dari pelatihan, ternyata Mira langsung disambut dengan tawaran kerjasama dari sebuah perusahaan minuman. Dengan tahap awal 20 botol lukis, ia akhirnya dipercaya menggarap proyek besar yakni sebanyak 1500 botol lukis dengan tenggat waktu 1,5 bulan. Untuk memenuhi target tersebut tentu tidak bisa ia kerjakan sendiri, ia kemudian merangkul mahasiswa seni rupa dari mantan universitasnya untuk membantu proses penyelesaian.

Baca juga: Eddie Juandie, Menyulap Bonggol Jagung Menjadi Pundi-Pundi Uang

Ekspansi Dengan Bantuan Pendanaan

Kesempatan untuk mengembangkan bisnisnya kembali terbuka ketika pada tahun 2010 ia mendapatkan tawaran mengikuti pameran khusus produk kerajinan tangan Inacraft di Jakarta.

Dari situ akhirnya Mira bersama brand usaha glass painting “Meerakatja” mendapatkan guyuran permodalan sebesar Rp 50 juta dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Tak menyiakan kesempatan, Mira langsung berekspansi dengan memperbanyak produksi kerajinan Meerakatja hingga mampu menyentuh omset usaha Rp 30 juta/bulan. Ini tentunya menjadi pencapaian tersendiri bagi Mira yang awalnya hanya beromzet 5 juta perbulan menjadi sebesar ini.

Kini Mira masih terus berkreasi menciptakan pasar yang lebih luas bagi produk miliknya. Tidak hanya botol lukis, ia juga mengambil tawaran untuk produk kaca lain seperti interior rumah. Bahkan beberapa produk miliknya sudah ada yang dikirim ke luar negeri meski belum sepenuhnya bersifat ekspor.

Bersama 3 orang karyawan tetap, ia masih menjadi tokoh utama yang bertugas membuat pola dasar semua karya glass painting merk Meerakatja. Untuk mempertahankan kualitas produk, Mira masih terus menggunakan cat kaca yang diimport langsung dari Jerman.

Kreatifitas yang dipadukan dengan kemauan memanfaatkan peluang menjadi kunci sukses seorang Ratna Miranti. Dengan usahanya tersebut kini ia berhasil mendapatkan kesuksesan meski dari arah yang sebelumnya belum pernah ia bayangkan. Bagaimana dengan rekan-rekan sekalian, ada yang siap mengikuti jejak entrepreneur wanita yang satu ini?




3 total comments on this postSubmit yours
  1. Semoga memberikan insfirasi buat pengusaha yang lain

  2. Keren dari hal yang salah sekalipun bisa meraup untung.
    ide yang brilian.

  3. Begitulah kalau Tuhan memberikan jalan kepada kita, makanya dikatakan belum tentu apa yang kita sukai itu baik untuk kita, tapi belum tentu juga apa yang kita benci itu buruk untuk diri kita.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud