Rakuten Fokus Gandeng UKM Pada Event Rakuten Expo 2015

 

rakuten expo 2015

Untuk memperingati empat tahun berdirinya perusahaan, Rakuten Belanja Online (RBO) mengadakan Rakuten Expo 2015 pada kamis, 4 Juni 2015. Sebagai salah satu perusahaan layanan #e-commerce terbesar di dunia, Rakuten memang ingin terus menunjukkan eksistensinya di hadapan publik. Rakuten Expo 2015 yang kali ini mengusung tema Betond juga akan semakin memberikan sinyal bahwa Rakuten telah menemukan posisi solidnya di pasar e-commerce Indonesia.

Selain geralaran Rakuten Expo, dalam peringatan ulang tahunnya tersebut, RBO juga akan memfokuskan agenda dan kegiatannya untuk menggandeng UKM yang ada di Indonesia. Seperti apakah latar belakang dan acara gelaran Rakuten Expo 2015 serta teknik RBO dalam menggandeng UKM ini? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Tips Memanfaatkan Event Pameran Untuk Promosi UKM

Pencapaian Rakuten Belanja Online

Pertumbuhan dan perkembangan RBO di pasar e-commerce Indonesia memang terlihat signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan 3 digit yang stabil, terciptanya inovasi baru untuk sistem pembayaran, dan upaya berkelanjutan untuk membawa mikro bisnis di Indonesia ke pasar e-commerce melalui program MicroB.

Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online sendiri menyatakan bahwa Rakuten Expo 2015 yang digelar dalam merayakan ulang tahunnya yang ke-4 merupakan bukti dari keberhasilan RBO dalam menjaga eksistensi pertumbuhan bisnis ecommerce-nya di Indonesia. Dalam hal penjulaan Gross Produk, di tahun keempatnya ini RBO telah mencatat pertumbuhan pada bulan April  yang mencapai +204,7 persen per tahunnya.

Jumlah ordernya pun tumbuh pesat menjadi +182,7 persen. Selain itu jumlah pembeli baru yang tumbuh sekitar +243,2 persen dan penjualan GMS mobile yang tumbuh +229,6 persen semakin menegaskan RBO sebagai sebuah marketplace yang kuat dan eksis.

Perkembangan RBO ini diakui pihak perusahaan karena faktor-faktor pendorong seperti budaya #belanja online yang semakin matang, dukungan pengguna internet di Indonesia yang telah mencapai jumlah lebih dari 80 juta hingga jaringan internet yang semakin tahun semakin membaik.

Event Rakuten Expo 2015

Dalam gelaran Rakuten Expo 2015, RBO meluncurkan sitem pembayaran terbaru yaitu Indomaret Payment. Peluncuran ini dilakukan guna selalu memanjakan pelanggannya. Dengan adanya sistem pembayaran terbaru ini, pengguna akan lebih dimudahkan dalam bertransaksi.

Hal ini dikarenakan pengguna yang menggunakan Indomaret Payment akan menerima #email dengan kode untuk pembayaran. Kode itu nantinya akan menjadi bukti pembayaran saat pengguna sedang melakukan transaksi pembelian dan bisa langsung membayarnya di gerai Indomaret terdekat.

Berikan Penghargaan Shop of The Year

Selain meluncurkan sistem pembayaran terbaru, RBO dalam Expo tersebut juga menjadikan gelarannya sebagai ajang penghargaan. Melalui Masatada Kobayashi, CEO Rakuten Asia Pte. Ltd, RBO memberikan penghargaan dari 8 kategori Shop of the Year (SOY) bagi 10 merchant terbaik di tahun ini.




Kategori ini termasuk Penghargaan Grand Prix, Penghargaan Best in Fashion, Penghargaan Best in Electronics, Penghargaan Best in Food, Penghargaan Best in Home Life, Penghargaan Best in Hobby, Penghargaan Best in Omotenashi dan Penghargaan Best in Newcomer. Pemenang dalam penghargaan Grand Prix sendiri akan memiliki kesempatan untuk mengikuti SOY Trip, sebuah acara networking yang didedikasikan bagi merchant terbaik Rakuten – di Amerika Serikat.

Baca juga: Fashion Blogger Jadi Aset Dalam Event Jakarta Fashion Week Tahun 2015, Eksistensi Blogger Makin Nyata

Fokus Gandeng UKM Melalui Program MicroB

Salah satu fokus dan agenda RBO di tahun keempat ini adalah menggandeng #UKM (Usaha Kecil Menengah). Dengan sebuah program bernama MicroB, RBO akan berkomitmen untuk memberdayakan ekonomi masyarakat Indonesia.  Melalui Program MicroB ini juga akan ditindaklanjuti dengan serial seminar e-commerce yang sasarannya adalah seluruh para pelaku bisnis mikro di wilayah Indonesia.

Program yang sebenarnya telah dimulai sejak September 2013 ini telah sukses menjaring 1.000 mikro bisnis. Satu hal lagi yang perlu diketahui dari program MicroB ini adalah para peserta UKM yang ada akan diberikan berbagai mata kuliah yang terkait dengan pengembangan bisnis, mulai dari pelatihan membuka #toko online, berbagi pengalaman dengan pelaku e-commerce, hingga penyediaan berbagai referensi terkait.

Tentu dengan metode seperti layaknya kuliah ini, diharapkan target dan tujuan Program MicroB tersebut dalam membimbing para pelaku UKM di Indonesia untuk memasarkan produknya secara online dapat terealisasikan dengan baik.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud