Rahasia Kesuksesan Besar Pixar, Selalu Bebaskan Kreatifitas Para Pekerja

Image dari Animationvilla.org

Image dari Animationvilla.org

Mendengar deretan judul film animasi seperti Finding Nemo, Toys Story atau Monster Inc. mungkin sangat familiar di telinga kita. Film animasi besutan rumah produksi Pixar Animation Studios tersebut memang menjadi judul peka zaman yang bahkan masih banyak difavortikan hingga saat ini. Selain ciamik dalam mengolah kualitas visual, nyata kekuatan terbesar film karya Pixar juga selalu menitik beratkan pesan dan alur kisah yang memanjakan imajenasi para penikmatnya.

Sejak pertama kali muncul dengan film perdana, Toys Story, Pixar memang telah menggebrak persaiangan industri film Amerika terutama untuk pasar film animasi. Disandingkan dengan beberapa nama besar lain seperti Disney Animation serta Dreamworks, nyatanya Pixar tak pernah kalah pamor bahkan berhasil unggul dengan bukti sederet penghargaan bergengsi dalam industri perfilman.

Namun apakah sebenarnya rahasia kesuksesan perusahaan yang juga digawangi maestro teknologi, Steve Jobs tersebut? Salah satunya adalah budaya kerja yang selalu menempatkan kebebasan berkreasi bagi para pekerjanya. Terbukti, kini banyak karya hebat yang lahir berkat lepasnya kekang aturan para pekerja kreatif Pixar.

Artikel lain: Mengintip Rahasia Sukses Talenta India di Industri Teknologi Level Dunia

Lebih dalam, berikut ini adalah beberapa budaya kreatif yang berhasil diterapkan Pixar hingga menjadi perusahaan besar bernilai triliunan dollar.

1. Membuka Peluang Besar Terciptanya Inovasi

Pada semua judul film yang telah dirilis oleh Pixar, tentu kita bisa melihat potongan film dalam durasi pendek yang muncul di awal film atau yang kadang disebut dengan teaser. Dalam kumpulan cuplikan tersebut ternyatanya justru muncul banyak inovasi dan inspirasi baru dari para pekerja Pixar. Ada saja hal baru seperti karakter atau inspirasi cerita yang justru muncul dari teaser film tersebut. Bahkan judul populer seperti Inside Out, kabarnya juga lahir dari media seperti ini.

2. Menampung Banyak Ide

Budaya kerja positif berikutnya yang diterapkan dalam tubuh Pixar adalah selalu menampung ide sebanyak mungkin. Hal ini praktis membuat tim kreatif tidak bertumpu pada satu ide saja, selalu ada plan B, C, D dan seterusnya yang disediakan oleh para pekerja.

Selain memberi lebih banyak masukan, budaya kerja seperti ini juga bisa menjadi sarana untuk memperkuat hubungan antar anggota tim. Ketika satu ide dirasa kurang maka akan “ditambal” dengan ide yang lain. Demikian juga ketika ada ide brilian yang muncul, semua tentu akan saling dukung untuk mewujudkan ide  tersebut.

3. Selalu Menjalankan Evaluasi Detil

Masih berhubungan dengan kerja sama tim, ketika sebuah proyek telah rampung pada satu tahap maka akan diadakan evaluasi detil terkait hasil tersebut. Di sini selalu diutamakan masukan dari banyak orang sebagai filter untuk menghasilkan produk film terbaik.

Ketika berdiskusi melihat semua kekurang dan kelebihan yang ada, tak jarang pula kembali muncul ide luar biasa dari anggota tim. Ide tersebut bahkan telah berubah layaknya kait yang menghubungkan tiap tahap produksi film Pixar. Sebagai hasil akhir, buah evaluasi detil tersaji pada kualitas film Pixar yang luar biasa.




4. Menjaga Prinsip Kebersamaan

Budaya lain yang terus diupayakan terjaga dalam tim kerja Pixar adalah prinsip kebersamaan. Sebagai informasi, hingga saat ini Pixar telah menelurkan 16 judul film animasi yang mayoritas berhasil menjadi animasi populer setelah dirilis. Dari jajaran film tersebut, telah lahir beberapa nama sutradara film hebat yang menukangi film Pixar tersebut.

Namun yang selalu diingat oleh para sutradara tenar tersebut, kesuksesan tidak ia dapatkan atas usahanya sendiri melainkan ada banyak tangan lain yang ikut membantu hingga terselesaikannya sebuah film. Oleh karena itu, prinsip kebersamaan dan lebih mengutamakan kesuksesan atas nama bersama menjadi nilai positif yang patut dicontoh perusahaan lain.

Baca juga: Inilah 5 Budaya Internal Perusahaan Apple yang Penuh dengan Rahasia

4. Selalu Berbagi

Saat ini Pixar dikenal sebagai salah satu perusahaan yang paling berhasil dalam bidang animasi. Namun nyatanya keberhasilan tersebut tidak mereka pendam sendiri. Sebagai bukti, #software editing animasi milik Pixar yakni Renderman, di lepas ke publik sehingga bisa digunakan masyarakat luas untuk tujuan non-komersil. Dengan dirilisnya software tersebut secara gratis diharapkan akan lebih banyak lagi muncul talenta luar biasa di bidang animasi yang kelak bisa mengeluarkan karya inspiratif untuk orang banyak.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Maaf Gan ada 5 hal tapi yg nomor 5 admin nulisnya masih pada angka 4, jadi angka 4 ada dua. Jika kelima prinsip ini bisa dilakukan semua perusahaan di Indonesia, maka peningkatan dalam produktif utk menghasilkan karya hebat seperti PIXAR juga bisa di wujudkan oleh generasi muda kita.
    Trims

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud