Ragunan Zoo, Aplikasi Informatif Untuk Kebun Binatang Ragunan

Ragunan Zoo, Aplikasi Informatif Untuk Kebun Binatang Ragunan

Ragunan Zoo

Dunia digital Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, hampir semua kegiatan dapat dilakukan secara digital melalui sebuah #aplikasi yang dapat digunakan di smartphone Anda. Melihat perkembangan ini Indosat mengambil sebuah keputusan yang unik dengan meluncurkan sebuah aplikasi komersil yang akan membantu memberikan informasi menarik kepada penggunanya.

Indosat baru saja secara resmi meluncurkan dan melakukan serah terima sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai kebun binatang Ragunan yang bernama Ragunan Zoo kepada pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan yang berada di daerah Jakarta Selatan. Aplikasi tersebut akan memberikan informasi lengkap di kebun binatang Ragunan mulai dari fasilitas, macam-macam satwa beserta jadwal atraksi para satwa yang ada di kebun binatang ragunan. Indosat juga berencana kedepannya akan mengembangkan aplikasi serupa untuk kebun binatang lainnya yang ada di Indonesia.

Pembuat Aplikasi Ragunan Zoo

Ragunan Zoo dibuat dan dikembangkan oleh pemuda yang penuh dengan semangat bernama Sandi Colondam. Ia adalah pemenang dari event tahunan yang diselenggarakan oleh indosat, Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC), ia sudah memenangkan event tahunan tersebut sebanyak lima kali. Sampai dengan saat ini Sandy juga telah mendirikan sebuah perusahaan yang bernama PT. Inovidea Magna Global, sebuah startup yang berfokus untuk mengembangkan berbagai aplikasi komersil yang dianggap akan menjadi hal-hal penting dan berguna untuk masa depan.

Artikel lain: Safetipin ~ Aplikasi Keamanan Canggih Bagi Warga Jakarta

Tujuan Pembuatan Aplikasi Ragunan Zoo

Pembuatan aplikasi ini bukan hanya untuk kepentingan bisnis semata namun juga memiliki sebuah tujuan yang lebih jauh lagi yaitu ikut memberikan fasilitas pendidikan dan hiburan dalam bentuk digital yang tentunya disuguhkan dengan mudah dan menarik. Aplikasi Ragunan Zoo ini dihadirkan untuk mempermudah masyarakat dalam mempelajari beragam fauna yang ada di Indonesia, dan diharapkan dengan adanya aplikasi ini, masyarakat akan jauh lebih tertarik untuk datang ke Taman Marga Satwa Ragunan.

Selain untuk memberikan sebuah edukasi dan hiburan, aplikasi ini juga merupakan sebuah bentuk dukungan untuk Pemda DKI Jakarta dalam mewujudkan konsep SmartCity di Ibukota. Aplikasi ini baru tersedia hanya untuk platform Android dengan versi 2.3 keatas dan dapat diunduh di Google Play. Aplikasi ini juga tersedia dalam dua bahasa, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah wisatawan asing yang ingin menggunakan aplikasi ini.

Fitur-fitur Ragunan Zoo

Fitur aplikasi ini pun terbilang cukup lengkap untuk memenuhi informasi yang Anda butuhkan. Beberapa fiturnya ialah, Informasi Kebun Binatang Ragunan (Berisi informasi mengenai harga tiket masuk, alamat, hingga informasi pemberian makan hewan), Koleksi Fauna/ Hewan ( Berisi infromasi lengkap mengenai hewan-hewan yang berada di Kebun Binatang Ragunan, seperti ciri-ciri hewan, apa makanan nya, dimana habitat nya dan dan berbagai hal lainnya yang tentunya edukatif).

Selain itu kita juga bisa melihat foto-foto hewan (berisi foto-foto satwa yang ada di kebun binatang Ragunan), Fakta Seru ( berisi mengenai berbagai fakta mengenai binatang-binatang yang ada di kebun binatang, dan berbagai fakta menarik lainnya), Interaktif Map (Sebuah fitur yang menyediakan peta dari kebun binatang ragunan, dengan fitur ini Anda tidak perlu takut untuk tersasar karena tidak hafal jalan), Fotobox ( Sebuah fitur yang memberikan pengalaman seru dan akan membuat foto keluarga Anda jauh lebih menarik dengan frame-frame lucu dan imut dari ragunan yang tersedia di aplikasi ), Quis (berisi berbagai pertanyaan mengenai hewan-hewan yang akan menguji kepintaran Anda akan pengetahuan seputar satwa), Badge (Sebuah fitur untuk melihat gambar hewan dalam bentuk kartun apabila Anda mengklik salah satu gambar tersebut akan mengeluarkan suara hewan). Fitur-fitur ini tentu saja menambah nilai jual bagi taman marga satwa Ragunan.

Baca juga: SwaKita, Aplikasi Media Sosial Warga Jakarta Sebagai Wadah Keluh Kesah

Pada zaman sekarang ini taman marga satwa sudah mulai tidak dilirik lagi oleh para wisatawan lokal, karena dianggap kurang menarik. Padahal, dengan mengunjungi taman marga satwa banyak sekali info-info yang bisa kita dapat. Semoga dengan diluncurkannya aplikasi ini, taman marga satwa mampu menarik minat para wisatawan asing dan lokal, terutama anak-anak yang biasanya cenderung lebih suka menghabiskan waktu liburannya dengan bermain ke tempat-tempat non edukatif.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan