Punya Smartphone? Beginilah 5 Tips “Nge-charge” yang Baik untuk Ponsel Pintar Anda

cara cas smartphone yang benar

Image dari Howtogeek.com

Sebagai salah satu pengguna smartphone saya seringkali mendapati bahwa banyak orang yang masih binggung bagaimana cara melakukan charge yang baik. Terlebih saat ini dengan kemunculan beragam jenis smartphone (ponsel pintar) yang menggeser ponsel konvensional berbasis symbian, membuat banyak orang jadi makin bingung cara melakukan charge pada perangkat baru ini.

Ponsel konvensional berbasis symbian, #Android dan iOS memang sangat jauh berbeda. Dari sini akhirnya membuat banyak pengguna jadi makin acuh dan semena-mena pada cara “Nge-charge”. Jika baterai sudah dirasa habis, tanpa pikir panjang, langsung saja smartphone ditancapkan ke charger.

Sayangnya tindakan semau-maunya dari charge #smartphone ini membuat kondisi dan performa baterai jadi menurun. Maka dari itu untuk Anda yang ingin memiliki baterai smartphone yang awet, Anda perlu menerapkan beberapa tips charge yang baik dan benar berikut ini.

1. Isi Daya Bertahap

Tips pertama untuk charger smartphone adalah dengan melakukan isi daya beberapa kali dalam tahap-tahapan. Maksudnya disini adalah Anda harus bisa melakukan charge dalam beberapa kondisi baterai. Seperti misalnya pengisian daya dari 30 persen sampai 60 persen lalu dilanjut lagi nantinya dari 60 persen ke 100 persen atau sewaktu-waktu lagi lakukan pengisian daya ketika baterai berada dalam kondisi 45 persen ke 79 persen.

Sayangnya kondisi di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak orang yang melakukan pengisian daya baterai smartphone dalam sekali tahapan hingga penuh. Padahal melakukan pengisian daya (charge) dalam sekali tahapan akan berbahaya pada tingkat ketahanan dan keawetan baterai. Sedangkan pengisian daya dalam beberapa kali tahapan sendiri bertujuan menjaga sel baterai agar tak “muak” dengan pengisian.

Artikel lain: Inilah 5 Cara untuk Mengenali Ciri Smartphone Android Palsu

Teknik charge atau pengisian daya seperti ini sendiri akan sama baiknya seperti saat Anda melakukan aktivitas lari dimana akan lebih baik berlari sprint dalam beberapa sesi daripada lari marathon dalam satu sesi.

2. Hindari Baterai Benar-Benar Kosong

Dari pengamatan yang saya lihat, umumnya pengguna smartphone juga melakukan pengisian daya ketika baterai dalam keadaan kosong. Ini tentu saja merupakan kesalahan besar. Jangan biarkan baterai dalam keadaan benar-benar kosong ketika akan melakukan pengisian daya. Usahakan ada tersisa sedikit daya agar baterai tetap sehat dan berada dalam kondisi yang baik.

Mengapa melakukan charge tidak dianjurkan saat keadaan daya baterai kosong? Sebab ternyata pengisian daya dari kosong hingga penuh dalam waktu lama memang tidak baik untuk ketahanan baterai. Tak ayal bila Anda sering melakukannya maka bisa berakibat fatal pada ketahanan baterai yang akan perlahan mengalami penurunan.

3. Ingat! Kondisi Baterai Paling Baik Saat 40%

Ternyata fakta menunjukkan bahwa persentase kondisi baterai yang bagus dan seimbang adalah pada posisi 40 persen. Nah ketika baterai smartphone Anda pada posisi ini sebaiknya tidak melakukan pengisian baterai. Tunggulah beberapa saat dulu hingga persentase baterai menurun dari angka 40 persen baru lakukan pengisian daya. Tapi ingat jangan sampai menunggu daya ponsel kosong. Ini tentu akan membuat ketahanan baterai jadi terganggu.




4. Jaga Suhu Lingkungan

Pada suhu normal saja yaitu 25 derajat, dari sebuah riset didapat fakta bahwa ketahanan baterai tiap tahunnya akan berkurang secara alamiah sebanyak 20 persen. Apalagi jika Anda menempatkan baterai pada kondisi dibawah atau diatas temperatur normal 25 derajat tersebut. Tentu saja tingkat ketahanan baterainya akan makin menurun.

Sebuah riset juga menyatakan bahwa baterai smartphone yang di letakkan pada suhu atau temperatur 60 derajat selama setahun akan langsung membuat ketahanan baterai hilang 80 persen. Maka dari itu bila Anda ingin menyimpan baterai, pastikan bahwa suhunya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Dari sini Anda pastinya harus menghindari beberapa tempat seperti kulkas dan perapian.

Baca juga: [TIPS] Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat / Lemot

5. Jangan Biarkan Baterai Kosong Dalam Waktu Lama

Terakhir, tips untuk lakukan charge atau pengisian daya pada baterai smartphone yaitu dengan tidak membiarkan baterai kosong dalam waktu yang lama. Bukan hanya akan membuat ketahanan baterai menurun, namun membiarkan daya baterai  kosong dalam waktu lama akan membuat baterai bakal kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian. Hal ini dikarenakan sel baterai yang tidur dalam kondisi kosong bisa benar-benar mati dan tak bangun lagi jika tak cepat-cepat “dibangunkan” dengan pengisian daya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. yah emang bener sih,,,sering lupa kayak gitu, batrenya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud