Prospek Bisnis Burung Berkicau, Masih Potensialkah?

bisnis burung kicau

Membahas bisnis burung berkicau memang sangat menarik dan tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi bagi pehobi atau kicau mania, tentu suatu hal yang sangat menggoda. Saya sendiri sering ngobrol dengan beberapa teman baik dari kalangan murni pengusaha burung kicau atau hanya sekedar penikmat kicauan burung saja. Dari pembicaraan santai tersebut terkadang banyak informasi yang sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis burung berkicau.

Untuk saat ini, bisnis burung berkicau dipandang mengalami trend penurunan semenjak merebaknya bisnis batu akik. Namun demikian, penurunan yang terjadi tidak pada semua jenis burung. Menurut beberapa pelaku bisnis burung berkicau, hanya pada beberapa jenis burung saja yang mengalami trend penurunan, terutama pada burung pada kelas harga menengah ke bawah.

Patut dimengerti karena pada kelas-kelas ini ketika booming bisnis burung, ada banyak sekali pemula yang hanya mengikuti trend saja. Namun untuk jenis burung tertentu, harga dan permintaan pasar masih bisa dikatakan stabil.

Artikel lain: 6 Peluang Bisnis Seputar Burung Kicauan

Lalu bagaimana bisnis burung berkicau ini ke depan, apakah masih prospektif seperti saat ini, atau hanya akan menjadi bisnis musiman seperti bisnis musiman yang lain. Mari kita pelajari bersama beberapa faktor di bawah ini untuk kita simpulkan nantinya.




1. Faktor Penggemar atau Kolektor Burung Kicau

Faktor ini tampaknya yang paling mempengaruhi tingginya permintaan burung kicau di pasar. Mungkin beberapa waktu yang lalu, hampir semua burung yang berkicau laku dijual. Namun lambat laun, seiring penurunan trend pada burung kicau kelas menengah ke bawah, pasar burung pada kelas ini juga mengalami penurunan. Namun demikian keadaan ini tidak berlaku terhadap bisnis burung berkicau dengan kelas yang lebih tinggi.

Bisnis burung berkicau tertentu dengan harga yang lebih mahal masih tetap bisa bertahan dengan pangsa pasar yang spesifik. Penggemar dan kolektor burung kicau yang high class masih tetap ada. Kebanyakan, penikmat atau penggemar burung pada kelas ini adalah mereka yang benar-benar murni sebagai penikmat burung berkicau. Nah, dari faktor hobi dan kesukaan itulah yang membuat burung jenis tertentu tetap memiliki harga yang mahal.

2. Faktor Kontes Burung Kicau

Faktor ini, menurut hemat saya juga menjadi pengaruh besar terhadap keberadaan bisnis burung berkicau. Saat ini, melihat banyaknya penggemar burung kicau yang benar-benar menginginkan kualitas kicau yang mumpuni, banyak yang mendapatkan burung dari sebuah event kontes. Jadi hal ini adalah suatu hubungan keterkaitan yang erat antara, pehobi murni dan juga peternak sekaligus penjual burung.

Semakin sering diadakan kontes, layaknya suatu produk yang mendapatkan promosi dengan bagus. Dari sebuah kontes biasanya bisa dihasilkan juara sehingga bisa mengatrol harga burung menjadi sangat tinggi.

Karena tentu akan banyak pehobi burung kicau yang meminatinya, dan biasanya untuk kolektor tidak lagi memikirkan harga mahal yang ditawarkan. Mereka hanya melihat kualitas dari burung kicau, ketika burung tersebut benar-benar memiliki kualitas kicau yang mumpuni, maka harga berapapun akan disanggupi.




3. Faktor Kesulitan Dalam Melatih Burung

Faktor teknis ini sering menjadi kendala bagi sebagian orang yang gemar dengan burung kicau hingga para pelaku bisnis burung berkicau. Kesulitan melatih atau menjadikan burung kicau handal dan bisa memenangkan sebuah kontes bukanlah perkara yang mudah. Hal ini menjadi celah bagi beberapa peternak atau penangkar burung ocehan.

Biasanya dalam dunia bisnis burung berkicau, penggemar pemula tidak mau susah-susah melatih burung kicaunya. Mereka cenderung lebih suka mendapatkan burung yang sudah siap untuk kontes maupun untuk dinikmati sendiri. Atau kalau tidak, mereka cenderung menyukai burung yang setengah jadi, sehingga tidak memulai dari nol lagi.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Penangkaran Burung Kicau

Karena juga percuma harga burung sudah mahal namun tidak mampu berkicau dengan maksimal karena kurangnya pemeliharaan. Nah, dari sinilah kemudian menjadikan harga burung bisa tetap survive dan bahkan mungkin saja bisa lebih mahal. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kicau burung, apa lagi jika burung tersebut diperlukan untuk sebuah lomba.

Nah, jika dilihat dari beberapa faktor di atas, bisnis burung berkicau ke depan saya pikir masih sangat potensial. Meskipun mungkin untuk saat ini terjadi penurunan pada jenis burung tertentu. Namun untuk jenis burung kategori mahal masih tetap bisa bertahan dengan pangsa pasar yang spesifik juga.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud