Project Fi ~ Proyek Baru Google yang Sukses Membuat Operator Seluler Ketar-Ketir

project fi

Hal apa sih yang paling diimpikan oleh para pengguna teknologi?

Bisa menggunakan #gadget yang berteknologi canggih, praktis dan ramah di kantong sudah pasti jadi impian kita semua. Tidak dipungkiri kalau kita sering kesal dengan tarif operator seluler yang semakin mahal dan tidak memberikan kepuasan pelayanan yang sebanding.

Jeli melihat peluang emas ini, Google meluncurkan proyek baru yang dikenal dengan nama Project Fi. Proyek baru besutan Google ini konon membuat banyak operator seluler jadi takut tersingkir karena #teknologi baru yang dihasilkan oleh Google.

Seperti Apakah Konsep Project Fi?

Project Fi dari Google memungkinkan kita untuk mendapatkan koneksi wi-fi berkualitas dengan akses yang cepat di berbagai tempat. Bila dijelaskan secara sederhana, biasanya smartphone hanya terhubung dengan 1 menara sinyal saja untuk bisa melakukan komunikasi dengan #smartphone lainnya.

Nah, melalui Project Fi smartphone bisa memperoleh sinyal 4G yang berkualitas dan kuat karena bisa terhubung dengan banyak sinyal. Sehingga kendala sinyal dan kecepatan koneksi #internet yang lambat tidak akan mengurangi kenyamanan penggunaan smartphone. Project Fi akan membantu smartphone kita menemukan sinyal 4G terbaik dan melakukan perpindahan jaringan pada menara sinyal dengan sinyal terbaik tersebut.

Jadi, saat kita berjalan-jalan di tempat yang memiliki wi-fi hotspot, Project Fi pada smartphone kita akan mencari sinyal wi-fi terbaik secara otomatis sesuai dengan perpindahan lokasi yang sedang kita lakukan.

Artikel lain: Google Calico, Inovasi Google Menembus Batas Usia Manusia

Keunggulan yang Diusung Project Fi

Selama kita menggunakan Project Fi dan berada di daerah yang memiliki jaringan wi-fi, maka kita tidak perlu menggunakan kuota paket data dari operator seluler. Hal ini tentu membuat kita bisa menghemat pengeluaran untuk kuota paket data. Tidak cuma bisa mendapatkan kualitas sinyal terbaik, kita juga jadi bisa berhemat.

Apalagi sekarang hampir semua aplikasi chat memiliki fitur free call selama kita menggunakan jaringan wi-fi. Maka secara otomatis kita bisa melakukan kegiatan telepon, chat atau browsing secara mudah dengan Project Fi.

Perkembangan Terbaru Tentang Project Fi

Sudah tidak sabar untuk menggunakan Project Fi?




Tunggu dulu. Project Fi memang sudah bisa diperoleh melalui Google Play Store, namun hingga April 2015 rupanya Project Fi baru resmi dikembangkan untuk negara Amerika Serikat. Rencana Project Fi untuk berekspansi di lebih dari 120 negara lain termasuk Indonesia pasti mendapatkan tantangan dari operator seluler.

Salah satu operator seluler terbesar di Indonesia, XL Axiata juga sudah menyuarakan keberatan mengenai rencana ekspansi Project Fi di Indonesia pada tahun-tahun mendatang. XL Axiata menyarankan pemerintah untuk mengkaji ulang kebijakan mengenai Project Fi di Indonesia karena dianggap bisa mematikan perkembangan bisnis operator seluler.

Bukan hal yang mustahil kalau pengembangan fitur dan teknologi Project Fi yang semakin sempurna bisa membuat produk #Google ini berhasil menyingkirkan keberadaan operator seluler di Indonesia.

Baca  juga: Beberapa Inovasi Google yang Mencoba Mengubah Dunia

Solusi apa yang dibutuhkan operator seluler untuk menanggapi kedatangan Project Fi ke Indonesia?

Tentu saja operator seluler harus menetapkan tarif yang terjangkau dengan dukungan teknologi dan inovasi produk yang berkualitas. Sebab melakukan protes sambil bersikap pasif hanya akan menjadi tindakan bunuh diri perlahan-lahan. Harus ada upaya konkret yang dilakukan operator seluler untuk mempertahankan eksistensi di bidang komunikasi di Indonesia.

Sudahkah kita bersiap untuk mencoba menggunakan teknologi Project Fi yang canggih, hemat dan futuristik?




4 total comments on this postSubmit yours
  1. Ane dukung sepenuhnya biar cepet2 masuk ke Indonesia.. biar gak rugi bayar
    Google FI majuu! Terlanjur emosi gan hahaha, sudah saatnya indonesia jauh dari keterpurukan internet ngadat

  2. Cepet-cepet masuk indonesia deh :D

  3. kayaknya project fi ini akan menguntungkan para konsumen

  4. wah semoga dengan kehadiran fi projec ke indo bisa bikin seluruh operator menurunkan biaya penggunanya semurah mungkin hehehe :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud