Beranda Finansial Pinjaman Online Tunai Tanpa Survey Itu Menyesatkan? Ini Faktanya!

Pinjaman Online Tunai Tanpa Survey Itu Menyesatkan? Ini Faktanya!

Pinjaman Online
Pinjaman tunai cepat tanpa survey secara online

Pernah dengar tentang layanan pinjaman online? Belakangan banyak banget pemberitaan buruk tentang pinjaman online alias Pinjol. Orang-orang yang awalnya mau dapetin pinjaman tunai cepat tanpa survey, eh malah kecele. Bunganya ga wajar, ditagih secara ga manusiawi, sampe dipermalukan ke anggota keluarga sendiri kalau telat bayar.

Karena saya orangnya gampang penasaran, berita-berita kayak gini justru bikin saya semakin pengen cobain pinjaman online. Akhirnya saya coba lah pinjol yang namanya paling sering saya denger, Kredivo.

Sebelom Review, Ini Hasil Baca-Baca Tentang Kredivo

Sebelum menulis review, saya udah cari-cari informasi dulu seputar Kredivo. Jadi, cara kerja Kredivo ini ga kayak pinjol pinjol lainnya. Kalo sepemahaman saya, pinjaman online itu ibarat kita pinjem KTA di bank. Kita pinjem duit sekian, trus nanti tiap bulan kita bayar cicilan beserta bunganya.

Kalau Kredivo, konsep mereka lebih mirip kartu kredit. Mereka kasih limit gitu (paling tinggi Rp 30 juta). Nanti limit yang kita dapetin bisa dipake belanja online di e-commerce yang kerja sama dengan Kredivo, atau ditarik tunai. Persis CC (credit card) kan? Ya emang mereka ngeklaim dirinya sebagai kartu kredit digital sih, jadi no wonder cara kerjanya persis CC. Bedanya kalau Kredivo lewat aplikasi.

Terus, Kredivo ini ternyata udah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini salah satu faktor yang bikin saya lebih yakin buat transaksi di Kredivo. FYI nih ya mentemen, kebanyakan keluhan yang ada di berita itu, datangnya dari nasabah pinjol abal-abal yang ga terdaftar di OJK.

Darimana saya tau? Dari datanya YLKI, gih coba cek aja di internet. Keamanan mereka belom teruji sama OJK, baik dari segi bunga, sistem, sampe cara penagihan. Makanya mereka bisa semena-mena, wong ga ada lembaga resmi yang ngawasi kok.

Beda sama pinjol yang udah diawasi OJK. Mereka ga akan matok bunga ga wajar, sistemnya juga terjamin aman, cara penagihannya pun manusiawi.

Coba deh cek suara konsumen, di situ banyak banget keluhan nasabah pinjaman online. Tapi yang ngeluh soal Kredivo jarang banget. Kalau ada juga langsung dibales sama Kredivo-nya. Kecepatan mereka nanggepin keluhan konsumen ini jadi poin plus buat saya.

Akhirnya, Saya Download dan Coba Pinjaman Online Kredivo

Nah, setelah baca-baca dan yakin buat cobain Kredivo, akhirnya saya download deh aplikasinya lewat Play Store. Waktu buka App-nya, muncul daftar persyaratannya. Kira-kira kayak gini:

  • Punya KTP
  • Penghasilan minimal Rp3.000.000
  • Domisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon

Oke, saya udah menuhin semua persyaratannya. Setelah itu, masuk ke bagian Apply for Kredivo. Ada dua pilihan di situ: Basic Account, sama Premium Account. Apa bedanya?

  • Basic account -> Tenor 30 hari, limit maksimal Rp3.000.000
  • Premium account -> Tenor 30 hari sampe 12 bulan, bisa cicilan, limit maksimal Rp30.000.000, bisa buat pinjaman tunai

Saya pilih yang Premium Account, soalnya kayak paket lengkap gitu, dengan mendaftar Premium Account, kamu bisa dapet layanan yang didapet di Basic Account juga.

Di Premium Account, kamu juga bisa milih daftar dengan cara Express atau Reguler. Kalau Express, kamu tinggal sambungin akun digital, mulai dari akun e-commerce yang pernah dipake transaksi, sampe internet banking. Kalau yang Reguler, kamu harus foto bukti alamat sama bukti penghasilan, dan upload dokumennya. Saya pilih yang Express karena mager cari dokumen-dokumen itu wkwkwk.

Next, proses pengajuan selesai. Saya tinggal tidur dah tuh, soalnya apply pas malem-malem, sekitar jam 11an lah. Besok paginya, ternyata pengajuan saya disetujuin. Udah yakin duluan sih kalo bakal disetujuin wkwkwk. Tapi saya ga nyangka bisa dapet limit gede. Dari maksimal limit 30 juta, saya dapet 28 juta! Rejeki anak (tak) soleh hahahaha.

Udah dapet limit kan nih. Karena awalnya cuma penasaran doang, saya bingung nih mau pake limitnya buat apa. Karena ga ada nawarin itu buat belanja ato minjem duit juga sih. Ya udah deh akhirnya saya coba belanja di Tokped, beli interkom Cardo Packtalk Bold buat helm saya.

Itu interkom emang rada mahal, harganya 3,4 juta. Udah lama banget ngiler sama interkom satu ini, tapi duitnya ga kekumpul juga :’) Mumpung ada Kredivo, ya udah dimanfaatin aja.

Setelah saya masukin keranjang, saya pilih metode pembayaran Kredivo. Karena lebih dari 3 juta, jadi saya ga bisa pilih tenor 30 hari, cuma bisa pake cicilan. Yang saya seneng, di halaman check out, ada simulasi cicilannya. Kayak gini nih penampakannya:

Pinjaman Online di Kredivo

Langsung kebayang tuh berapa yang harus dibayar tiap bulannya, mantep kan? Pas saya klik ‘Bayar’, makin lengkap simulasinya. Kayak gini kurang lebih:

Pinjaman Online Kredivo

Di situ lebih detail lagi, cicilan yang harus dibayar tiap bulan, dan total dana yang dikeluarin sampe cicilannya lunas. Bunga yang dikenain Kredivo itu 2,95% per bulan. Kalau dari simulasi di atas, kira-kira 500 ribuan lah. Lumayan gede sih emang, tapi daripada saya langsung ngeluarin duit 3,4 juta, saya ngerasa lebih ringan pas bayar.

Akhirnya, selesai lah transaksi itu. 3 hari kemudian interkom sampe dengan selamat di rumah, dan sekarang cicilan saya udah masuk di bulan kedua.

Untungnya saya tipe orang yang ga pernah telat kalo bayar utang haha, jadi syukurlah sejauh ini mah lancar-lancar aja. Malah saya explore lagi, dan baru nyobain layanan pinjaman tunai cepat tanpa survey dari Kredivo. Sisa limit saya kan masih banyak tuh, dan kebetulan kemaren lagi butuh duit buat nambah-nambahin biaya adek masuk kuliah.

Emang ini ga terencana banget sih, orang tua yakin banget kalo adek bakal masuk negeri, kayak kakaknya yang cantik dan pintar ini (anjay). Sayangnya belom rejeki adek saya, dia gagal masuk negeri dan harus masuk kampus swasta yang uang gedungnya ga sedikit. Karena kedua orang tua ga siapin duit, yaudah akhirnya saya kasih tambahan.

Di sinilah saya baru ngerasain manfaat Kredivo yang sebenernya. Kalau sebelomnya saya pake Kredivo buat kebutuhan konsumtif, sekarang bener-bener buat dana darurat jadi kerasa banget gunanya :’) Apalagi, pinjaman tunai cepat tanpa survey Kredivo bukan slogan doang. Emang beneran cepet banget lebih cepet dari masak mi instan dah.

Saya ngajuin jam 5, jam 5.05 udah masuk ke rekening saya. Ajaib kan? Coba aja dah kalo ga percaya mah. Bunganya juga sama kayak cicilan interkom saya, 2,95% per bulan. Tapi bedanya yang pinjaman tunai ini ada biaya adminnya. Ya ga papa deh kalo pencairannya secepat kilat kek Kredivo mah.

Akhir Kata, Saya Ga Mau Banyak Omong

Panjang juga yak ni tulisan. Buat kalian yang baca ampe sini, hebat dah, makasi banyak! Intinya hasil dari review ini adalah ga semua pinjol itu menyesatkan.

Asal kamu pinter-pinter pilih yang terjamin aman, yang reviewnya bagus, dan dari diri sendiri juga bener ngelola utang, ya justru kehadiran pinjol-pinjol itu ngebantu banget.

Semua balik lagi ke diri sendiri, kalo dari nawaitu kamu udah ga bener, misalnya pake pinjaman online buat nutupin utang yang lain, yau dah wassalam, selamat terlilit utang.

Baca juga: Berhutang Membuat Kita Bangkrut dan Miskin, Benarkah?

Tinggalkan Balasan