Ingin Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadhan? Coba Gunakan 5 Aplikasi Lokal...

Ingin Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadhan? Coba Gunakan 5 Aplikasi Lokal Ini

aplikasi mobile kesehatan
Image dari Ergentus.com

Puasa merupakan ibadah khusus di bulan Ramadhan yang wajib dijalani setiap muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Saat menjalankan ibadah puasa sendiri tentunya kita akan mengalami banyak perubahan pada tubuh. Asupan makanan dan energi memang berkurang, tapi hal ini seharusnya tidak lantas membuat kita malas-malasan. Jangan sampai membuat kedok bahwa puasa membuat tubuh kita sehat karena kurang berenergi.

Namun justru sesungguhnya dengan puasa Anda akan membuat tubuh Anda menjadi sehat. Tapi kalau metabolisme tubuh jadi berubah itu memang bisa jadi terjadi. Tapi jangan kuatir biasanya hal ini hanya terjadi di awal-awal bulan puasa. Maka jika tubuh Anda mengalami perubahan metabolisme dalam menjalankan puasa bulan Ramadhan ini maka Anda bisa mencoba 5 #aplikasi berikut ini agar tubuh tetap sehat. Berikut ulasannya.

1. Aplikasi Mediku

Aplikasi pertama yang bisa membuat Anda tetap sehat saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan adalah Mediku. Dengan mengunduh dan menginstall aplikasi ini maka Anda akan bisa mempergunakannya untuk mengenali penyakit yang sedang Anda alami di bulan Ramadhan ini. Jadi semisal Anda merasa mual dan pusing-pusing, maka dengan mengisi data diri dan juga menuliskan apa yang Anda rasakan itu aplikasi akan menampilkan beberapa hasil diagnosa penyakit dan juga probabilitas Anda terkena penyakit tersebut.

Selain mampu menampilkan hasil diagnosa penyakit, dengan aplikasi ini maka Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pengingat ketika Anda harus mengonsumsi obat. Dengan adanya fitur reminder obat dari aplikasi Mediku ini maka Anda akan bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Artikel lain: Chat Doctor ~ Aplikasi Mobile Fasilitasi Keluhan Kesehatan Kian Mudah Dan Praktis

2. Konsula

Berikutnya aplikasi yang bisa membantu Anda tetap sehat saat berpuasa di bulan Ramadhan adalah Konsula. Dengan aplikasi dari #Android ini maka Anda bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter via chat. Beberapa hal yang Anda keluhkan mengenai kondisi kesehatan Anda bisa Anda konsultasikan dengan dokter via aplikasi Konsula tanpa harus datang ke rumah sakit atau klinik.

Dan jika Anda merasa belum puas, maka dengan aplikasi ini pula Anda bisa membuat janji pertemuan dengan dokter. Dari sinilah Anda akan bisa lebih baik dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadhan.

3. AloDokter

Konsultasi mengenai keluhan kesehatan ke dokter juga bisa Anda lakukan dengan aplikasi AloDokter. Namun aplikasi ini juga tidak hanya menawarkan layanan konsultasi tapi juga beragam informasi mengenai beragam jenis penyakit, gejala beserta obatnya.

Dan hal lain yang bisa Anda peroleh dengan aplikasi ini adalah informasi tentang kesehatan, kesejahteraan, keluarga dan beragam tips lain yang bermanfaat. Aplikasi berbasis Android ini sendiri sangat cocok untuk Anda yang ingin selalu membutuhkan informasi terbaru sebab AloDokter memang selalu memperbaharui kontennya setiap hari.

4. KlikDokter.com

Selanjutnya aplikasi yang bisa membuat kita tetap sehat saat berpuasa di bulan Ramadhan adalah KlikDokter.com. Aplikasi yang dapat Anda unduh di Playstore dan App Store ini sendiri memiliki beberapa jenis fitur seperti fitur live chat yang bisa dimanfaatkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

Fitur kedua adalah health tool  yang merupakan fitur untuk menampilkan beberapa informasi dan tips seputar kesehatan, kalender kehamilan, P3K, indeks massa tubuh dan pengecekan kalori. Terakhir ada fitur tanya jawab yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan pertanyaan terkait keluhan kesehatan Anda. Selain itu semua fitur ini bisa juga memberikan kepada Anda rekomendasi obat terhadap penyakit tertentu.

Baca juga: Tetap Nyaman Meski Harus Menatap Layar Smartphone di Malam Hari? Gunakan 5 Aplikasi Berikut Ini

5. Medcare

Terakhir, aplikasi smartphone yang bisa membuat Anda tetap sehat dalam puasa di bulan Ramadhan adalah Medcare. Aplikasi ini sendiri tidak sama dengan aplikasi sebelumnya, karena tidak menyediakan fitur konsultasi dengan dokter. Tapi aplikasi ini akan membantu Anda menjalani pola hidup sehat. Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi Medcare sendiri adalah fitur daily activity dimana Anda akan dituntun untuk mampu merencanakan pola makan sehat dan juga pengaturan frekuensi makan serta menentukan menu makan sehat.

Selain itu ada daily activity yang akan mampu mengatur frekuensi minum air putih Anda dalam sehari. Lalu ada juga fitur medication yang akan membantu Anda mengingatkan untuk minum obat. Dan terakhir ada fitur medical control yang akan mampu mengingatkan Anda waktu untuk melakukan cek kesehatan secara rutin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan