Pictalogi ~ Bisnis Kreatif Cetak Foto Dari Media Online

Pictalogi

Image dari Pictalogi.com

Semakin berkembangnya ranah media sosial disadari atau tidak ikut juga memunculkan banyak peluang lain yang sebelumnya belum pernah kita bayangkan. Namun di sisi lain terkadang perkembangan ini juga “memakan korban”. Untuk beberapa jenis usaha yang bersifat konvensional ada yang harus menerima kenyataan tergusur akibat makin gencarnya penggunaan media sosial.

Salah satunya yakni bisnis cetak foto. Banyak orang yang merasa bahwa dengan adanya perkembangan penggunaan media sosial yang dapat mengakomodir baik proses pengambilan hingga sharing foto, membuat bisnis percetakan foto menjadi tidak lagi diperlukan. Namun apakah benar seperti itu?

Inilah yang menjadi sebuah tantangan bagi beberapa jiwa muda yang merasa bahwa bisnis cetak foto tidak sepenuhnya mati akibat perkembangan #media sosial. Dari situ mereka berpikir bagaimana mengemas sebuah bisnis cetak foto yang lebih inovatif dan dapat berjalan beriringan dengan perkembangan media sosial. Hingga lahirlah Pictalogi, sebuah layanan cetak foto berbasis online yang dapat menjadi alternatif menarik bagi para penggunanya yang ingin mencetak foto dari akun media sosial ke dalam bentuk fisik yang unik dan menarik.

Lebih lengkap tentang awal mula serta perkembangan startup Pictalogi, berikut ulasannya.

Awal Perkembangan Startup Pictalogi

Sebelum dapat seperti saat ini, awal mulanya sang founder Muhammad Fauzil Haqqi bersama tim membuat sebuah layanan bernama instalogi. Mengusung konsep jasa cetak foto lewat akun #Instagram, potensi yang tercium dari ranah ini masih dapat dikembangkan lebih luas lagi. Hingga pada bulan Februari 2015, bernaung dibawah developer digital asal kota Malang, Mimicreative, layanan Pictalogi mulai mengudara.




Pada saat awal membuka layanan, tim Pictalogi sadar betul bahwa bisnis cetak foto berbasis online bukan lahan baru di Indonesia. Sebelumnya sudah ada beberapa startup lain yang menggarap bisnis serupa. Namun Haqqi bersama tim yakin bahwa Pictalogi mampu mengusung layanan yang lebih fresh dan menarik bagi konsumennya.

Artikel lain: Ingin Profile Picture Anda Nampak Mempesona? Terapkan 6 Trik Fotografi Sederhana Berikut Ini

Selain itu yang membuat keyakinan tim pictalogi terus meningkat adalah potensi perkembangan media online serta situs jejaring sosial di Indonesia yang masih cerah. Pertumbuhan angka pengguna media sosial juga dirangkul oleh perkembangan akses internet yang semakin mudah dan cepat, menjadikan potensi jasa cetak foto kreatif masih terus berkembang.

Layanan Startup Pictalogi

Berbicara tentang layanan yang ditawarkan oleh startup Pictalogi, secara umum yakni memberikan layanan bagi pengguna yang ingin mencetak foto dari akun media sosial Instagram dan #Facebook ke dalam bentuk foto fisik beragam bentuk.

Mengenai jenis konsep yang ditawarkan terdapat tak kurang dari 8 bentuk foto yakni seperti jenis Polaroid, Mini Book, Square Photo, Mini Sticker, R Size, Big Poster, Photo Strip serta Square poster. Mengenai harga, cukup beragam sesuai dengan konsep cetak foto serta ukuran yang dipilih. Namun secara umum layanan pictalogi mematok harga Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Lebih lengkap bisa rekan-rekan simak pada situs resminya Pictalogi.com.




Kelebihan Layanan Pictalogi

Untuk menarik minat konsumen, tim Pictalogi berusaha untuk fokus terhadap kualitas hasil cetak serta layanan pelanggan yang memuaskan. Mengenai proses pencetakan semua foto yang masuk dicetak menggunakan perangkat teknologi tinggi sehingga menghasilkan output foto fisik yang prima. Tidak hanya itu untuk mendukung tampilan hasil akhir yang ciamik, tim kreatif pictalogi juga senantiasa mengembangkan konsep baru sesuai dengan trend atau pesanan konsumen.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh pictalogi adalah adanya fitur di mana pelanggan bisa mengirimkan foto yang ingin dicetak melalui perangkat komputer pribadi. Dengan begitu masalah privasi foto akan lebih terjaga ketimbang pengguna harus mengunggah fotonya pada akun Instagram atau Facebook pribadi. Untuk masalah pengiriman, terdapat juga layanan free ongkir alias gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Menyongsong Tahun Baru, Inilah Beberapa Resolusi Positif Dalam Media Sosial yang Patut Anda Terapkan

Promosi Dan Marketing Pictalogi

Saat ini Pictalogi mengambil jalur online sebagai media promosi utamanya. Lewat layanan online advertisement seperti #Google Adwords dan Facebook Ads, rasa telah cukup mumpuni untuk memperkenalkan dan menarik minat calon pelanggan baru.

Namun selain itu, Pictalogi juga sedang mengembangkan alternatif pemasaran offline. Salah satunya yakni dengan cara menggaet partner yang ada di Jakarta dengan menawarkan layanan pictalogi lewat pameran produk kreatif atau event yang berhubungan dengan teknologi dan anak muda lainnya.

Apa yang telah dijalankan oleh #startup pictalogi di atas adalah sebuah upaya dan bentuk kreativitas menangkap peluang usaha dari perkembangan yang sudah ada. Kejelian mengembangkan inovasi dipadu dengan skill kreative, memungkinkan terciptanya lebih banyak peluang usaha baru utamanya yang bisa dikerjakan oleh generasi muda.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud