PicsArt Mendapatkan Pendanaan Untuk Pengembangan Komunitas

PicsArt

Anda suka foto selfie atau narsis? Atau Anda suka mengedit hasil jepretan kamera ponsel Anda? Jika jawabannya ya, Anda pasti sudah tidak asing dengan #aplikasi ini, namanya PicsArt. Sangat ramah ditelinga bukan? Untuk Anda yang mungkin belum mengenal PicsArt, silahkan simak penjelasan singkat ini. PicsArt adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan photo-sharing selain itu PicsArt juga menyediakan fitur edit foto untuk setiap hasil foto kamera ponsel Anda.

Besarnya Potensi Komunitas PicsArt

Seperti yang sudah disebutkan di paragraf sebelumnya, PicsArt adalah aplikasi yang memberikan pelayanan photo-sharing atau berbagi gambar yang tentu saja pada akhirnya akan membentuk sebuah komunitas khusus walaupun secara tidak langsung. Hal ini tentu menjadi kesempatan yang tidak akan dilewatkan oleh para pendiri PicsArt.

Melihat banyaknya peminat aplikasi PicsArt yakni pengguna yang mencapai jumlah kurang lebih 65 juta orang. Dengan jumlah pengguna sebesar itu #komunitas yang terbangun secara sendiri nya ini menjadi komunitas yang cukup besar bukan? Komunitas yang khusus terbangun oleh orang – orang kreatif yang hobi menyalurkan kreatifitas mereka melalui photo editing. Komunitas semacam ini akan menjadi komunitas yang terus berkembang dan mungkin bisa juga menghasilkan keuntungan tersendiri bagi PicsArt.

Artikel lain: Startup Ralali Dapatkan Pendanaan Sebesar $2.5 Juta

PicsArt Mulai Ingin Memperoleh Keuntungan?

Karena faktor tersebut diatas akhirnya PicsArt menyadari nilai keuntungan yang mereka bisa raih melalui komunitas tersebut. Akhirnya para pendiri PicsArt mulai mencari investor yang mau menyimpan uang mereka untuk investasi pada aplikasi PicsArt ini. Berikut pemaparan singkat menurut kepala pengembangan bisnis dari PicsArt, Wilson Kriegel.




“Kami menyuguhkan berbagai keuntungan dalam satu aplikasi, kami mendukung semua bentuk kreatifitas dengan cara yang sangat sederhana. Dibandingkan dengan memberikan fungsi aplikasi yang hanya satu titik fokus saja, seperti misalnya hanya mengedit foto atau gambar, kami menawarkan seperangkat alat guna atau alat bantu sekaligus dengan pengguna di dalam aplikasi kami ini.”

PicsArt kini merasa percaya diri karena menurut mereka, aplikasi ini memiliki kemampuan yang mampu menghasilkan banyak pengguna dan para penggunanya juga akan terikat pada aplikasi ini melalui ponsel pintar mereka. Fokus Kriegel saat ini adalah bagaimana caranya memonetisasi #startup ini dan mengatur komunitas di dalamnya.

Menurut Kriegel untuk saat ini ada satu cara agar startup ini dapat menghasilkan uang dengan instan. Bagaimana? Yaitu dengan membuat merek dagang dan juga mencari orang kreatif untuk membuat kontes – kontes photo editing dengan tema tertentu yang mewajibkan pesertanya menggunakan tools tertentu yang dapat mendatangkan pendapatan sekunder jika mereka memerlukan penggunaan tools yang tidak tersedia secara gratis melainkan harus dibeli seperti di app-purchase.

Sampai dengan saat ini, PicsArt dilaporkan telah berhasil mencapai nominal $15 juta dengan kontribusi dari Insight Venture Partners dan Sequoia Capital untuk usaha mereka membangun komunitas photo editing dan photo sharing. Nominal ini tentu saja menjadi nilai yang cukup besar, mengingat komunitas nya sendiri sebetulnya sudah terbentuk dan PicsArt hanya perlu melakukan optimasi serta pengaturan di beberapa poin saja.

Nilai Lebih PicsArt

Didirikan di Armenia oleh Hovhannes Avoyan, Picsart dirintis sendiri selama dua tahun pertama. Seperti #Facebook yang memiliki aplikasi berbagi foto Instagram, pengguna dapat mengambil gambar dari ponsel mereka dan membaginya. Tapi Picsart melampaui filter Instagram karena memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dan mengedit gambar bersama-sama. Ini lebih seperti persilangan antara Instagram dan Adobe Photoshop.




Selain itu pakan utama PicsArt juga bertindak sebagai discovery engine yang memiliki system tag-based (mesin pencari PicsArt dilakukan menggunakan system labeling seperti halnya twitter dan facebook yang menggunakan hashtag) sehingga aplikasi ini cukup matang jika dijadikan tempat untuk menginstal iklan dan juga disponsori beberapa merek dagang.

Baca juga: Diguyur Dana Segar Investor, SociaBuzz Siap Tingkatkan Fitur Dan Layanan

PicsArt awalnya diluncurkan pada #Android, dan 80% dari 65 juta pengguna aktifnya masih pada sistem operasi Google. Tapi Kriegel mengatakan startup ini bisa jadi investasi dalam pertumbuhannya pada iOS, PicsArt memiliki sekitar 100 orang karyawan di perusahaan pada bagian R & D, backend dan product engineering roles.

Leena Rao, penulis di media Fortune melaporkan bahwa PicsArt mungkin saja mampu mengumpulkan dana lebih dari dana yang dikumpulkan saat ini karena PicsArt tengah naik daun dengan total unduhan sebesar 250 juta unduhan pada iOS dan Android. Mampukah startup ini mengalahkan Instagram? begitu lah kutipan Leena Rao. Kita lihat saja kiprah aplikasi visual editing yang satu ini.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud