Pia Emakku ~ Kesuksesan Bisnis Kuliner Kue Rumahan Manfaatkan Marketing Online

Pia Emakku ~ Kesuksesan Bisnis Kuliner Kue Rumahan Manfaatkan Marketing Online

Bisnis Kuliner Pia Emakku

Kesuksesan sebuah bisnis terkadang memang bisa datang dengan bantuan siapa saja. Demikian juga dengan apa yang dialami pengusaha kue pia basah bernama Imelda. Wanita yang awalnya hanya iseng membuat olahan kue pia tersebut kini bahkan bisa mengantongi omzet usaha hingga Rp 30 Juta setiap bulannya.

Yang menarik adalah ternyatanya semua usaha Imelda ia kerjakan dari rumah, bahkan entrepreneur wanita yang satu ini pun mengaku belum mempunyai kios khusus untuk menjajakan dagangannya. Lalu bagaimana bisa bisnis kue pia dengan brand Pia Emakku tersebut bisa berkembang sebesar itu meski baru dijalankan dalam waktu singkat? Ingin tahu rahasianya? Berikut ulasan lengkapnya.

Bermula Dari Keahlian Internet Marketing Sang Suami

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Imelda memang memulai usaha kuliner kue pia ini dengan modal seadaanya untuk menambah pemasukan keluarga. Namun alangkah beruntungnya ia karena ia mempunyai suami yang tidak hanya mendukung namun juga ikut membantu usaha sang istri.

Suami Imelda pada dasarnya memang mempunyai kemampuan dalam bidang #internet marketing. Hal tersebut sudah ditekuni dalam waktu yang cukup lama. Dan kini sembari memanfaatkan peluang, ilmu tersebut diwujudkan dalam bentuk usaha nyata.

Artikel lain: Jogja Leker (Joker) ~ Peluang Bisnis Kuliner Leker Khas Aneka Rasa

Dari situ, Imelda mendapatkan “tantangan” dari sang suami untuk membuat produk kue pia aneka rasa yang tidak hanya nikmat namun juga menarik untuk dijual. Sedangkan masalah pemasaran, sang suami sudah siap pasang badan untuk membantu.

Mulai Mengembangan Pia Emakku

Jika bicara tentang kuliner kue pia, salah satu tempat populer yang terbayang tentu saja kota Jogjakarta. Kota pelajar tersebut  memang sudah lama dikenal sebagai biangnya kue pia yang nikmat. Namun bagi Imelda yang asli ibukota, mengembangkan #bisnis kuliner dari kota lain justru menjadi tantangan dan peluang yang menjanjikan.

Jadilah ibu muda tersebut mulai mengembangkan resep kue pia. Pada awal masa pembuatan memang tidak mudah, ia harus mencoba berkali kali untuk mendapatkan resep dan takaran yang sempurna. Dan hal tersebut berbuah hasil. Ia akhirnya dapat mengkreasikan jajanan manis legit tersebut dengan selera khas Jakarta dengan nama brand Pia Emakku.

Pemilihan nama Pia Emakku tentunya juga disesuaikan dan untuk membangun citra brand yang unik. Emak yang artinya ibu menjadi simbol utama produk tersebut, terlihat dari logo Pia Emakku yakni seorang nenek yang sedang membawa nampan berisi pia hangat.

Mengenai proses marketing, Imelda menceritakan bahwa awalnya ia memasang foto produk pia miliknya sebagai DP Blackberry Messenger miliknya. Lama kelamaan foto tersebut mulai menarik minat kerabat serta rekan Imelda. Kemudian sang suami juga menjalankan strategi marketing online lewat #media sosial serta sebuah website. Dari situ pesanan yang datang semakin meningkat bahkan hingga membuat ia kelabakan.

Baca juga: Putuholic, Bisnis Waralaba Kudapan Tradisional Khas Indonesia

Kelebihan Produk Pia Emakku

Dengan tagline, “Oleh oleh Baru Khas Jakarta”, Pia Emakku yang dikembangkan oleh Imelda dan suami mempunyai beberapa kelebihan yakni diantaranya yang pertama dibuat dari bahan terbaik. Pemilihan bahan terbaik memang menjadi fokus Imelda saat membuat Pia Emakku. Dengan bahan yang baik, tentu hasil akhir produk juga akan sempurna dan tidak mengecewakan pelanggan.

Selanjutnya terkait produk Pia Emakku, Imelda membuat tiga varian rasa berbeda untuk memberikan pilihan bagi pelanggan yang mungkin ingin merasakan rasa pia lainnnya. Tiga rasa tersebut adalah rasa pia original yakni kacang hijau, kemudian ada rasa coklat dan yang terakhir adala rasa keju. Ketiganya dibuat dengan bahan terbaik sehingga menghasilkan rasa pia yang lembut, legit dan tahan lama tentunya.

Saat ini produk Pia Emakku sudah dijual di beberapa daerah dan tentu saja memanfaatkan fasilitas #internet sebagai media pemasaran. Ini bisa menjadi satu motivasi bagi rekan-rekan lain yang mungkin ingin mengembangkan bisnis lewat ranah online, bahwa internet memang sangat menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Semangat berbisnis!

1 KOMENTAR

  1. 30 juta mungkin untuk jenis usaha lain omset yang biasa saja, tapi kalau makanan ringan spt Pia Emakku ini pasti angka yang cukup besar. Sukses terus ya usahanya, amin. :)

Tinggalkan Balasan