PhotoMath ~ Aplikasi Canggih Untuk Selesaikan Soal Matematika

photomath

Bagi sebagian besar pelajar, matematika masih menjadi bidang studi yang dianggap menakutkan. Sebagian dari lainnya bahkan menganggap matematika ini sebagai mata pelajaran yang tidak disukai. Bagaimana tidak, rumitnya soal dan pengerjaannya membuat banyak siswa merasa tak kuasa dan tak berdaya untuk menghadapinya.

Namun dengan semakin berkembangnya #teknologi, kini para pelajar bisa terbantu untuk mengerjakan soal-soal yang rumit dari mata pelajaran yang identik dengan ilmu berhitung ini. Sebuah aplikasi bernama PhotoMath dari pengembang MicroBlink akan membantu siapapun tak perlu pusing-pusing mengerjakan soal matematika yang rumit.

Dengan kecanggihan yang dimilikinya, PhotoMath dengan mudah dapat menjawab soal matematika dengan baik dan lengkap berserta penjelasannya. Lalu seperti apakah aplikasi yang canggih ini? Berikut ulasannya.

Pengembangan PhotoMath

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa aplikasi PhotoMath ini dikembangkan oleh MicroBlink yang merupakan developer asal dari Kroasia. Aplikasi yang sebenarnya telah dikembangkan sejak tahun 2011 ini mempunyai teknologi pembaca teks yang canggih untuk memindai soal-soal matematika yang diunggah penggunanya.

Pengalaman MicroBlink dalam mengembangkan #aplikasi berbasis pemindaian foto memang tak bisa diragukan lagi. Sebelumnya MicroBlink telah sukses meluncurkan aplikasi PhotoPay yaitu sebuah aplikasi untuk memudahkan melakukan pembayaran dengan memotret tagihan menggunakan kamera smartphone.




Aplikasi yang telah dilisensi oleh 14 bank di Eropa ini nantinya akan menarik uang dari rekening Anda untuk membayar tagihan yang telah Anda foto. Aplikasi PhotoMath sendiri kini telah hadir pada semua platform #smartphone, dari iOS, Windows Phone hingga Android secara gratis. Untuk mendapatkannya, rekan-rekan bisa mengunjungi situs resminya yakni Photomath.net.

Artikel lain: Canggihnya Belajar Bahasa Asing dengan Aplikasi Duolingo

Fitur dan Teknologi PhotoMath

Menurut CEO PhotoMath, Damir Sabol, aplikasi yang telah dikembangkan dengan matang ini memiliki fitur yang memudahkan siapapun dari penggunanya untuk memecahkan rumitnya soal metematika. Dengan fitur PhotoMath, pengguna tidak hanya mendapatkan jawaban dari soal matematika yang diunggahnya, namun mereka juga akan memperoleh pembahasan atau langkah-langkah dalam menyelesaikan soal tersebut dengan lengkap dan tepat.

PhotoMath sendiri sampai saat ini telah mampu mendeteksi dan menyelesaikan soal-soal matematika seperti topik desimal, pecahan, aritmatika, akar, dan persamaan liner sederhana. Kemampuan PhotoMath untuk memecahkan soal matematika ini memang tak lepas dari teknologi yang dimilikinya seperti pengenalan karakter untuk membaca soal matematika.

Dari sudut pandang teknologi sendiri, fitur dari aplikasi yang diciptakan untuk membantu mereka yang kurang pandai matematika ini merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan modern. Hal ini disebabkan PhotoMath bisa menjadi sebuah referensi dan rujukan bagi siapapun yang ingin memahami dan mengerti teknik pengerjaan soal matematika dengan mudah dan cepat.




Cara Penggunaan PhotoMath

Untuk menjalankan aplikasi PhotoMath ini caranya cukup mudah dan sederhana. Pengguna cukup menyiapkan soal dan mengarahkan kamera smartphone miliknya ke soal matematika tersebut berdasarkan frame yang telah disediakan. Untuk soal yang panjang, pengguna harus menyesuaikannya dengan ukuran frame dari PhotoMath.

Setelah soal difoto, soal akan dipindai dalam beberapa saat. Tak lama setelah itu Anda akan segera memperoleh jawaban dari soal matematika yang telah Anda foto tersebut di layar dengan warna merah. Untuk mengetahui pembahasan atau langkah-langkah dari jawaban yang ada, Anda cukup menekan tombol Steps pada aplikasi PhotoMath dan proses pemecahan soal matematika akan ditampilkan.

Baca juga: ATUN ~ Siapkan Diri Dengan Aplikasi Tryout Ujian Nasional 2015

Kelebihan dan Kekurangan PhotoMath

Dari segala pengembangan yang telah dilakukan oleh MicroBlink, PhotoMath memang memiliki banyak kelebihan seperti sistem PhotoMath yang bekerja secara real-time. Dengan sistem ini pengguna akan memperoleh respon cepat dan instan untuk jawaban soal matematika Anda sesaat setelah Anda selesai memindai soal matematika dengan smartphone.

Namun dibalik segala kecanggihannya, ternyata aplikasi PhotoMath masih menyimpan sebuah kekurangan. Kelemahan dari aplikasi ini adalah pada saat proses pemindaian, pengguna haruslah melakukannya dengan baik dan benar. Karena jika tidak, PhotoMath tidak akan berjalan sempurna. Akibatnya, mungkin saja jawaban yang muncul tidak akurat.

Hal ini terjadi karena akan ada angka atau simbol yang tak tertangkap kamera smartphone. Alhasil, jawabannya pun bukan tidak mungkin akan berbeda atau salah dari yang seharusnya. Mengetahui akan kekurangan ini, MicroBlink masih terus berupaya meningkatkan level keakuratannya untuk mampu memindai soal dari beragam media dan teknik penulisan.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud