pHin ~ Teknologi Monitor Kualitas Air Modern

pHin

Di zaman canggih seperti sekarang ini, #teknologi di bidang kesehatan semakin berkembang cepat. Salah satunya adalah alat yang satu ini. Kita semua pasti suka berenang di kolam yang bersih, sehat dan menyegarkan. Namun sayang pada umumnya kebanyakan kolam renang mengandung terlalu banyak kaporit dan penuh bakteri sehingga merusak kesehatan kita. Kini ada sebuah alat terbaru  untuk memeriksa kadar kimia yang ada di dalam air kolam renang Anda yaitu pHin.

Awal Mula Terciptanya pHin

Co-founder pHin, Justin Miller, yang pernah bekerja untuk Comcast memiliki ide untuk membuat sebuah alat yang mampu memonitor kadar bahan kimia dalam air saat musim panas tahun lalu. Ia terpikir untuk membuat sebuah alat yang terkoneksi ke ponsel sehingga Anda bisa dengan mudah memeriksa kadar kimia dalam kolam renang Anda.

“Saat itu saya sedang berada di kolam renang dan tiba-tiba terpikirkan oleh saya untuk menerapkan teknologi #Internet of Things untuk kolam renang saya. Saya terpikir hal seperti itu karena terpengaruh pada apa yang saya kerjakan selama saya bekerja untuk Comcast Xfinity Home,” ucap Miller.

“Pemilik kolam renang, atau kolam air panas biasanya menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan contoh air mereka, uji coba jumlah kimia dalam air, memeriksa warna air, sampai menghitung jumlah bahan kimia untuk air mereka. Ini merupakan proses yang sangat rumit. Saya akhirnya menyadari bahwa saya mungkin bisa menghilangkan segala proses rumit tersebut dengan menciptakan perangkat yang terhubung ke kolam renang.”

Mark Janes, yang menjadi mitra kerja Miller merupakan tetangganya sendiri. Keduanya mulai mendirikan ConnectedYard, sebuah #startup yang berujung untuk menciptakan perangkat yang terhubung dengan bluetooth untuk memonitor segala hal yang ada di halaman belakang rumah Anda, dimulai dari kolam renangnya.

Mendapat pendanaan awal sebesar $200,000 dari Tandem Capital, pHin merupakan produk pertama dari startup ConnectedYard ini. Di Amerika Serikat ada lebih dari 21 juta orang yang memiliki kolam renang dan kolam air panas di belakang rumah mereka, dan sekitar 75% dari mereka mengurus kolam mereka sendiri.

Artikel lain: Apa Itu Li-Fi, Teknologi Yang Digadang-gadang Menggantikan Wifi

Cara Kerja pHin

Bagaimana cara pHin bekerja? Alat ini akan secara terus menerus memonitor  jumlah kimia dalam air melalui sensor yang dihubungkan ke ponsel pintar Anda melalui bluetooth. Selanjutnya ponsel Anda akan memberitahu Anda apakah air kolam renang tersebut baik untuk kesehatan atau tidak  Cukup masukan alat pHin ke dalam air lalu masukan pods paket yang larut dalam air (sejenis serbuk yang diberikan pada Anda bersamaan dengan alat pHin) sesuai kebutuhan air Anda.

Fitur yang Disuguhkan pHin

  • Confidence in your Pool, Anda tidak perlu repot atau pusing memikirkan kadar PH, Klorin, Alkalin dll. Dengan pHin Anda bisa memonitornya kapanpun dan di manapun.
  • Accurate Sensors, sensor yang sudah teruji di lab khusus. Setiap bagian dari perangkat ini juga didesain khusus sehingga tidak mudah rusak.
  • Everything You Need, Harga langganan sudah termasuk monitor, aplikasi mobile dan bahan kimia dasar seperti Klorin, pH increaser dan pH reducer semua hanya dalam satu harga. Bayar satu kali untuk semua kebutuhan.
  • Easy Care, langganan bulanan pHin selalu ada untuk Anda termasuk untuk melakukan perawatan kolam renang pHin juga akan mengirimkan Anda upgrade hardware otomatis tanpa biaya tambahan.
  • Specialty Chemicals, Jika kolam atau bak mandi air panas Anda memiliki kebutuhan bahan kimia khusus seperti algaecide, pHin akan mengirimkan Anda apa yang Anda butuhkan dengan harga diskon.
  • Service on Demand, dapatkan bantuan ahli ketika Anda membutuhkannya. Tidak perlu membayar seseorang sepanjang tahun jika Anda hanya perlu membersihkan kolam renang atau memperbaiki pompa.

Baca juga: Teknologi Ini Bantu Mereka yang Berkebutuhan Khusus

Kelebihan pHin

Tentu masih ada banyak alat lain yang sejenis dengan pHin, namun rata – rata alat tersebut dibandrol dengan harga cukup mahal yaitu sekitar $500 – $1,200.  Sedangkan pHin hadir untuk Anda dengan sistem layanan berlangganan yang dibandrol seharga $149 untuk 3 bulan masa langganan.




Alat ini mempermudah pekerjaan Anda, karena Anda tidak perlu secara langsung mengecek kolam Anda. Cukup pasang aplikasi di ponsel pintar Anda untuk mengecek suhu kolam, PH, Klorin, Alkalin, dan lainnya. pHin juga menawarkan jasa pembersih kolam dan perbaikan pompa yang akan menjaga kolam renang atau kolam air panas Anda secara gratis.

Sampai saat ini, pHin baru bisa dipesan melalui #website resmi dan tidak akan di luncurkan ke publik luas sampai dengan tahun 2016. Walaupun Miller tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dengan beberapa pemilik kolam renang atau pemandian air panas yang mungkin saja melakukan jual – beli dalam waktu dekat.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud