Memasuki 2016, Inilah Pesan Billy Boen Untuk Entrepreneur Indonesia

Billy Boen

Image dari Sindonews.net

Sebagai salah satu pebisnis muda dan motivator terbaik di Indonesia, nama Billy Boen tentunya sudah tidak asing lagi di telinga khalayak ramai. Terutama bagi yang bergerak di dunia bisnis, bahkan mungkin tak sedikit yang sudah pernah mendengar alunan motivasi dan inspirasi dari Billy Boen secara langsung.

Yang bisa kita cermati dari sosok Billy Boen adalah, bagaimana panjangnya perjalanan dan pengalaman yang telah ia jalani hingga mampu meraih kesuksesan. Dari berbagai pengalamannya tersebut, iya yang dianugerahi kemampuan untuk menyampaikan sesuatu dengan nada motivatif, akhirnya berhasil menjadi salah satu motivator dan penasehat bisnis yang disegani saat ini.

Memasuki tahun 2016, Billy Boen juga telah menyampaikan beberapa pesan dan bisnis yang bisa digunakan sebagai arahan untuk berkembang lebih baik di tahun ini. Mengambil fokus pemanfaatan strategi bisnis yang melibatkan perkembangan teknologi, beberapa tips bisnis berikut ini nampaknya tidak bisa dilewatkan bagi rekan-rekan yang memang bergelut di bidang perniagaan.



1. Perluas Wawasan Dan Jaringan

Sudah beberapa kali dibahas dalam situs ini tentang pentingnya menggali lebih dalam wawasan dan jaringan ketika akan terjun dalam dunia bisnis. Hal ini kembali ditekankan oleh Billy Boen yang meyakini bahwa tahun 2016 masih sangat tepat untuk terus mengembangkan kedua aspek bisnis tersebut.

Terlebih di era digital yang sudah lekat dengan pesatnya perkembangan #internet, nampaknya baik wawasan maupun jaringan bisnis bisa lebih dikembangkan tak sesulit di tahun-tahun sebelumnya. Banyak media digital yang kini bisa menjadi sumber rujukan maupun media komunikasi seperti forum online, #media sosial hingga blog pribadi.

Artikel lain: Tips Sukses Jalankan Bisnis UKM Dari Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo

“Miliki wawasan yang luas, network yang luas. Terus belajar dari membaca banyak buku, mencari informasi seluas-luasnya, entah itu via gnews app, social news reader bisa menjadi salah satu solusinya,” jelas Billy.

2. Keterbatasan Modal Bukan Menjadi Alasan Lagi

Pesan bisnis kedua dari Billy Boen menyambut tahun 2016 ini adalah, jangan sampai kita sebagai pengusaha menjadikan alasan keterbatasan modal untuk menunda atau bahkan takut memulai berbisnis. Ketika niat dan konsep bisnis sudah kita susun dengan matang, bagi yang merasa tidak mempunyai modal yang cukup bisa mencari beberapa alternatif.

Billy menyampaikan bahwa saat ini berbisnis bukanlah ajang di mana kita bisa mengedepankan egoisme ataupun sifat intrusive. Saat ini berbisnis bisa diartikan sebagai kerjasama dari banyak pihak. Bukan jamannya lagi kita mengembangkan bisnis secara personal, melainkan selalu butuh orang lain baik itu sebagai partner kerja, pemodal atau bahkan hanya teman tukar pikiran.

“Kalau tidak punya modal, cari mitra bisnis yang punya modal. Sudah tidak zaman untuk melakukan semuanya sendirian. Mitra bisnis kita perlukan untuk saling menyemangati ketika sedang down, bisa untuk teman tukar pikiran, dan lain-lain,” ujar pria 37 tahun ini.

3. Gali Terus Potensi Media Online

Selain 2 poin di atas, yang tidak kalah penting bahkan memegang peranan yang krusial dalam persaingan bisnis dewasa ini adalah pemanfaatan media online. Penggunaan media online sebagai sarana berbisnis tentunya semakin lama akan terus meningkat dan mengalami perkembangan.

Bahkan bisa dibilang tren penggunaan media online sebagai alternatif jual beli perlahan telah menggeser dominasi gaya jual beli tradisional. Meskipun tidak bisa terpisah sepenuhnya, namun transaksi bisnis via internet nampaknya akan lebih banyak dilirik dalam beberapa tahun mendatang. Bagi kita yang bisa memanfaatkan peluang ini sesegera mungkin, tentu akan lebih mudah berada di “jajaran atas” persaingan bisnis nantinya.

Baca juga: Mau Sukses Seperti Tony Fernandes? Berikut 4 Tips Bisnis dari Bos Air Asia Tersebut

Sebagai contoh bagi mereka yang menjalankan bisnis produksi barang, kini sudah terdapat berbagai fasilitas media online seperti blog hingga mall berkonsep online yang bisa digunakan untuk memajang produk-produk kita. Utamanya bagi pelaku bisnis UKM, perkembangan ini tentu membawa angin segar dalam hal marketing produk untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Sebuah UKM yang menggunakan #teknologi bisa berkembang pesat, mereka tidak lagi terbatas dengan lokasi geografis, produknya kini bisa menjangkau seluruh nusantara dan bahkan dunia,” tutup Billy.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud