10 Perusahaan Teknologi Informasi (TI) Terbesar yang Ada di Dunia

Perusahaan Teknologi Informasi

Image dari Ihnsulinnation.com

Perusahaan Teknologi Informasi – Sektor teknologi informasi sangat penting dan berpengaruh, kalau TI berkembang, maka sektor lain juga akan berkembang dengan sendirinya. Malah mayoritas bisnis lebih mengandalkan TI agar prosesnya lebih mudah dan efisien.

Terlebih lagi zaman memang sudah serba canggih dan modern, manusia sudah begitu akrab bahkan sangat mengandalkan peranan TI dalam kehidupan sehari-harinya. Perusahaan TI pun lebih terfokus pada sistem komputerisasi, mobillity serta aplikasi-aplikasi yang terus mengalami pembaharuan.

Seperti yang kita ketahui bersama TI menyatukan komputasi juga komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari teknologi informasi bukan hanya berupa #komputer pribadi, tetapi juga seperti telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik hingga peranti genggam modern.



Nah semua produk tersebut tentunya tidak akan bisa kita nikmati tanpa adanya beberapa perusahaan di bidang teknologi yang senantiasa mengembangkan temuan termutakhirnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, akan dibahas 10 perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia.

Semoga informasi berikut bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1. Perusahaan Teknologi Informasi Microsoft Corporation

Image dari Winbeta.org

Image dari Winbeta.org

#Microsoft corporation merupakan perusahaan teknologi informasi multinasional yang berpusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Penghasilan perusahaan yang di dapat mencapai 93.27 Milyar dollar atau jika dirupiahkan Rp1305.78 Triliun. Sementara kapitalisasi pasarnya menyentuh pada angka 340.8 Milyar dollar atau setara Rp4771.2 Triliun. Pendapatan yang fantastis bukan bagi kalangan umum seperti kita.

Perusahaan ini menawarkan software komputer, elektronik konsumen, PC dan juga jasa. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, perusahaan yang satu ini terkenal dengan produk softwarenya. Contohnya saja Microsoft Windows dalam sistem operasinya, lalu serangkai Microsoft Office nya, browser web Internet Explorer, dan juga Skype yang telah mereka akuisisi sahamnya.

Artikel lain: Menilik Eksistensi 5 Perusahaan Teknologi Paling Bersinar di Tahun 2015

Pada 4 April 1975, Bill Gates dan juga Paul Allen mendirikan Microsoft. Sampai di pertengahan tahun 1980, perusahaan yang mereka dirikan mampu mendominasi pasar sistem operasi PC dengan MS-DOS, lalu disusul dengan adanya Microsoft Windows. Kinerja perusahaan yang kian mengalami peningkatan, kemudian sedikit mengubah fokus.

Tidak hanya dalam pasar sistem operasi saja, melainkan juga banyak melakukan akuisisi. Pada bulan Mei 2011 lalu, mereka mengakuisisi Skype sebesar 8.5 Milyar dollar atau Rp119 Triliun, tidak hanya sampai di situ saja Microsoft mengakuisisi saham milik vendor smartphone yang diberi nama Lumia. Semenjak diambil alih oleh perusahaan Microsoft berubah nama menjadi Microsoft Lumia, dan menjadikan akuisisi terbesar pada saat itu.

2. Perusahaan Teknologi Informasi IBM  

Image dari Indileak.com

Image dari Indileak.com

IBM merupakan singkatan dari International Business Machine, adalah perusahaan di bidang IT yang sudah terkemuka di dunia. Penghasilan perusahaan mencapai 93.4 Milyar dollar atau setara Rp1307.6 Triliun. Sementara kapitalisasi pasar yang dimilikinya mencapai angka 160.2 Milyar dollar atau Rp2242.8 Triliun. Perusahaan IBM mengukuhkan eksistensinya di lebih 170 negara, dengan memiliki pegawai sekitar 370 ribu orang yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Pada tahun 1911 IBM didirikan, dengan demikian, sudah sekitar 105 tahun perusahaan ini berdiri. Sudah banyak juga pengaruh yang dihasilkan oleh IBM, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Produk dari IBM meliputi pasar hardware komputer, middleware, dan juga software, serta tawaran jasa dalam hal hosting, infrastruktur dan juga layanan konsultasi mulai dari komputer mainframe dan juga nanoteknologi.

3. Perusahaan Teknologi Oracle Corporation

Image dari Newsfactor.com

Image dari Newsfactor.com

The Oracle Corporation merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berpusat di Redwoood City, California, Amerika Serikat. Pendapatan perusahaan mencapai 38.84 Milyar rupiah atau Rp2626.4 Triliun. Larry Ellison, Ed Oates dan juga Bob Miner mendirikan perusahaan ini pada tahun 1977. Waktu itu namanya adalah SDL atau Software Development Laboratories.

Pada 27 Januari 2010, perusahaan ini mengumumkan telah mengakuisisi saham milik Sun Microsystems nilainya mencapai 7 Milyar dollar atau sekitar Rp98 Triliun. Hasil yang didapatkan tersebut membuat Oracle bertransformasi menjadi perusahaan software sekaligus hardware. Salah satu yang mengukuhkan perusahaan ini adalah pelanggan mereka yang loyal, serta ketersediaan cabang perusahaan di 145 negara.

4. Perusahaan Teknologi Accenture

Image dari Der-deutsche-innovationspreis.de

Image dari Der-deutsche-innovationspreis.de

Accenture merupakan perusahaan teknologi global yang berpusat di kota Dublin, Irlandia. Perusahaan ini beroperasi di 200 kota yang berada di 120 negara, ada lebih dari 330 ribu karyawan yang bekerja di perusahaan ini. Penghasilan yang didapatkan sendiri sebesar 32.8 Milyar dollar atau sekitar Rp459.2 Triliun. Kapitalisasi pasar yang dimilikinya mencapai 63.5 Milyar dollar atau Rp889 Triliun. bisa disimpulkan kalau Accenture merupakan salah satu perusahaan raksasa di dunia, bahkan namanya telah terdaftar di New York Exchange.

Baca juga: Inilah 7 CEO Perusahaan Teknologi dengan Gaji Tertinggi

5. Perusahaan Teknologi SAP SE

Image dari Bizjournals.com

Image dari Bizjournals.com

SAP SE merupakan perusahaan #software multinasional yang berpusat di Waldorf, Baden Wurttemberg, Jerman. Perusahaan teknologi software ini menjadi pengatur hubungan pelanggan dan operasi bisnis. Penghasilan yang didapatkan menyentuh angka 23.29 Milyar dollar sedangkan kapitalisasi pasarnya mencapai 90.2 Milyar dollar

Pada bulan Juni 1972, Dietmar Hopp, Hasso Plattner, Klaus Tshcira, Hans Werner Hector dan Claus Wellenreuther, mendirikan SAP atau Systemanalyse und Programmentwicklung. Dalam bahasa Inggrisnya berarti System Analyst and Program Development. Pada tahun 2014 lalu, perusahaan ini berganti nama menjadi SE atau Societas Europaea yang berarti European Company atau Perusahaan Eropa. Tak hanya di Jerman saja, secara keseluruhan sudah begitu terkemuka dalam hal pelayanan software.

6. Tata Consultancy Services (TCS) Limited

Image dari Glassdoor.com

Image dari Glassdoor.com

Tata Consultancy Services Ltd (TCS) adalah perusahaan multinasional TI yang berpusat di Mumbai, India. Penghasilan perusahaan mencapai 15.07 Milyar dollar atau Rp210.98 Triliun, untuk kapitalisasi pasarnya sendiri sebesar 80.3 Milyar dollar atau setara Rp1124.2 Triliun.

Tata Sons Limited mendirikan perusahaan ini pada tahun 1968. Berdasarkan kapitalisasi pasar yang dimilikinya jelas TCS menjadi salah satu perusahaan terkemuka di India, berdasarkan dari jumlah pendapatan yang mereka dapatkan. Bahkan di bulan Januari 2015 lalu, TCS bisa mengungguli Reliance India Limited sebagai perusahaan paling menguntungkan di India. Perusahaan ini mengoperasikan layanan TI, solusi bisnis dan juga konsultasi perusahaan.

7. Cognizant Technology Solution

Image dari Fortune.com

Image dari Fortune.com

Cognizant adalah perusahaan yang berpusat di Teaneck, New Jersey, Amerika Serikat. Perusahaan ini lebih memfokuskan pada inovasi teknologi. Kepuasan para klien, industri dan juga pakar di bidang proses bisnis. Penghasilan dari perusahaan mencapai 10.26 Milyar dollar atau sekitar Rp143.64 Triliun, dan kapitalisasi pasarnya mencapai 38.1 Milyar dollar atau Rp533.4 Triliun.

Perusahaan ini juga menjadi anggota dari S&P 500, NASDAQ-100 dan Fortune 500. Cognizant Solution Aka CTS ini jadi salah satu yang kinerja dan pertumbuhannya begitu meningkat di dunia. Wijeyraj Kumar Mahadeva dan Fransisco D’Souza adalah pendiri dari perusahaan ini di tahun 1994 silam, Mereka mendirikannya sebagai unit teknologi Dun & Bradstreet.

8. Perusahaan Teknologi Informasi Infosys

Image dari Americanbazaaronline.com

Image dari Americanbazaaronline.com

Infosys merupakan perusahaan teknologi, konsultasi dan outsourcing asal India. K. Dinesh, Nanda M. Nilekani, Narayan Murthy, Pandit Shrikant, S Gopalakhrisnan dan S.D Shibulai mendirikannya pada 2 juli 1981. Pendapatan perusahaan sebesar 8.65 Milyar dollar atau sekitar Rp121.1 Triliun. Sementara kapitalisasi pasarnya mencapai 40.2 Milyar dollar  atau sekitar Rp562.8 Triliun.

Perusahaan ini berpusat di Banglore, India. Mereka menyediakan solusi berbisnis bagi para kliennya yang tersebar di seluruh dunia. Mereka menawarkan jasa bisnis TI, manajemen infrastruktur, jasa konsultasi, solusi bisnis dan produk, juga sistem integrasi.

9. Capgemini

Image dari Tiekinetix.com

Image dari Tiekinetix.com

Capgenini SA adalah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang konsultasi manajemen multinasional. Pusatnya ada di Paris, Prancis, penghasilan perusahaan mencapai 14.03 Milyar dollar atau setara Rp196.42 Triliun. Sementara kapitalisasi pasarnya mencapai 13.8 Milyar dollar atau Rp193.2 Triliun.

Pada tahun 1967, Serge Kampf mendirikan perusahaan ini, awalnya hanya perusahaan manajemen dan pemrosesan data. Tahun 2015 lalu Capgemini mendapatkan penghargaan SAP North America Partner Excelent Award, untuk kategori Solusi Platform SAP.

Baca juga: Sepanjang Tahun 2015, Inilah Beberapa Kejadian Mengejutkan di Ranah Teknologi Dunia

10. Vmware Inc.

Image dari Glassdoor.com

Image dari Glassdoor.com

Vmware Inc. adalah perusahaan software asal Amerika Serikat. Mereka bergerak di bidang virtualisasi dan juga jasa software. Vmware Inc. memiliki penghasilan sebesar 6.04 Milyar dollar atau sama dengan Rp84.56 Triliun. sementara kapitalisasi pasarnya mencapai 35.7 Milyar dollar atau Rp499.8 Triliun.

Dianne Greene, Mndel Rosenblum, Scott Devine, Edouard Bugnionin dan juga Edward Wang mendirikan Vmware di tahun 1998. Perusahaan teknologi  ini berpusat di Pallo Alto, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini menawarkan platform virtualisasi yang paling tersohor dan juga terpercaya, pusat data serta aplikasi-aplikasi.





2 total comments on this postSubmit yours
  1. Google kok gak masuk kategori ya?

  2. Ternyata Google dan yahoo belum termasuk…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud