5 Perusahaan Raksasa Dunia yang Dibangun dengan Ide Gila

5 Perusahaan Raksasa Dunia yang Dibangun dengan Ide Gila

Perusahaan Raksasa Dunia

Keberhasilan perusahaan raksasa dunia saat ini tak terlepas dari peran pendirinya yang membuat ide usaha yang tak lazim bahkan dianggap gila oleh banyak orang. Namun ternyata dari ide gila tersebut, pencapaian-pencapaian luar biasa bisa diraih baik secara financial maupun kebermanfaatan bagi orang lain.

Berikut ulasan mengenai 5 Perusahaan Raksasa Dunia yang Dibangun dengan Ide Gila. Semoga bisa menginspirasi.

  1. Dropbox (Situs Penyimpan Data Berbasis Cloud)

Jika kamu pernah menyimpan file data secara online pasti tidak melewatkan Dropbox. Perusahaan raksasa dunia ini berhasil menjadi web penyedia layanan File-Sharing terbesar yang memungkinkan pemakaian di berbagai skala.

DropBox berhasil Media penyimpan (storage) menawarkan ruang penyimpanan sebesar 2 GB secara gratis. Tidak seperti file hosting lain, kelebihan DropBox adalah ia dapat tersinkronisasi secara langsung pada komputer yang kita gunakan (PC atau Mac), sehingga kita dapat mengakses file yang kita simpan dimanapun kita berada sekalipun dalam kondisi offline.

Pendiri Dropbox, Drew Houston memperoleh ide mengenai Dropbox setelah USB Drive miliknya beberapa kali tertinggal ketika ia menjadi murid di MIT. Gagasan yang dimiliki oleh Drew Houston pada saat itu merupakan ide yang inovatif namun sulit untuk diterapkan. Tapi berkat kerja kerasnya, akhirnya hal yang diimpikannya itu menjadi kenyataan.

  1. Facebook (Situs Media Sosial)

Saat ini siapa yang tak mengenal Facebook. Hampir semua orang dari tua sampai muda menggunakan Jejaring Sosial yang tak lepas dari inovasi. Perusahaan raksasa dunia yang memberikan layanan jejaring sosial ini mencatatkan diri sebagai perusahaan kedua setelah google yang memiliki pendapatan tertinggi.

Namun dibalik kesuksesan Facebook, ide penemuannya bisa dibilang tidak lazim. Mark Zuckerberg dan teman-temannya memulai Facebook dengan harapan Facebook harus menjadi pusat perhatian di industri internet.

Ide gila Facebook ini dari nama buku tahunan beberapa universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Artikel terkait: Cara Membuat Akun Facebook dengan Mudah

  1. PayPal (Perusahaan Raksasa Dunia untuk Transaksi Online)

Paypal bisa dibilang sebagai pelopor transaksi online. Paypal dapat di gunakan dalam berbagai transaksi seperti untuk bisnis online, jual beli barang, membeli software atau aplikasi, menerima pembayaran dari pihak lain secara online. Paypal jauh lebih cepat dari pada cek atau money order.

Lebih dari 99 juta pengguna internet lebih memilih PayPal untuk mengirim dan menerima uang. PayPal telah mendapatkan kepercayaan dan kenyamanan untuk transfer uang online, hampir 95% pembayaran eBay menggunakan PayPal. eBay sendiri menggunakan PayPal sebagai perantara pembayaran lelang online mereka.

Pada saat itu pembayaran atas transaksi yang dilakukan secara online sama sekali tidak terpikirkan. Mark Elon, Peter Thiel dan Max Levchin berhasil menjadi yang pertama memikirkan dan merealisasikannya.

  1. Amazon (Situs Toko Online Terbesar di Dunia)

Amazon, Situs jual beli online terbesar di Dunia ini memulai bisnisnya dengan ide yang dianggap mustahil sebelumnya, yaitu menjual buku secara online. Seiring berkembangnya waktu, Amazon berhasil menjadi salah satu perusahaan dengan jumlah transaksi terbanyak di dunia.

Menurut Wikipedia, Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini (dengan nama Cadabra) pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995. Perusahaan ini diberi nama sesuai Sungai Amazon, salah satu sungai terbesar di dunia, yang juga diberi nama setelah Amazon, bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani. Amazon.com berawal sebagai toko buku daring, lalu menjadi penjual DVD, CD, MP3, perangkat lunak, permainan video, barang elektronik, perlengkapan, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.

Berkat kerja keras yang konsisten Jeff dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Amerika sekaligus dunia dengan kekayaan US$ 40 miliar.

  1. LinkedIn (Situs Media Sosial Bagi Para Profesional)

LinkedIn adalah salah satu jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya, namun Linked In tampil sedikit berbeda dengan jejaring sosial kebanyakan. Jejaring sosial yang satu ini (LinkedIn) lebih diperuntukkan bagi kalangan profesional. Alhasil, mengoptimalkan LinkedIn untuk ‘menjual diri‘ secara online pun lebih memungkinkan.

Para eksekutif dari semua perusahaan Fortune 500 ada di dalamnya, dan banyak bahkan menggunakan LinkedIn untuk merekrut karyawan untuk dipekerjakan diperusahaan mereka

Ide awal dari Linkedin ada karena Reid Hoffman ingin menghubungkan orang berdasarkan status pekerjaan atau profesionalitasnya. Dan terbukti Linkedin pun berhasil menjadi perusahaan yang banyak digemari kalangan profesional yang ingin berbagi pengalaman dan bertukar informasi lowongan pekerjaan secara online.

Di atas tadi adalah beberapa perusahaan raksasa dunia yang awalnya dimulai dari ide gila para pendirinya. Ide yang dulu dianggap gila ternyata pada jaman sekarang menjadi sebuah bisnis yang sangat masuk akal dan membantu banyak orang. Apakah Anda punya ide gila yang ingin dikembangkan menjadi sebuah bisnis di masa depan?

Artikel terkait:

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan