Persiapkan 5 Hal Ini Untuk Sukses Bersaing di Pasar Bebas ASEAN 2015

Image dari Bisnisukm.com

Image dari Bisnisukm.com

Tahun 2015 memang bukan tahun yang biasa bagi masyarakat di regional Asia Tenggara. Tahun yang menjadikan seluruh masyarakat Asia Tenggara menjadi satu kesatuan dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini akan menciptakan sesuatu yang tak biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dengan terwujudnya MEA ini maka itu artinya pasar bebas Asia Tenggara yang merupakan perwujudan dari AFTA (ASEAN Free Trade Area) ini telah dimulai. Dari dibukanya zona perdagangan pasar bebas ASEAN ini maka negara-negara di ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Singapura, serta negara lainnya bebas untuk memasarkan produknya langsung ke negara Indonesia atau sebaliknya.

Dari sini maka mau tak mau akan muncul persaingan yang semakin sengit di sektor bisnis dan industri. Persaingan yang kini tidak hanya terjadi antar pebisnis pribumi namun juga antar pengusaha dari luar negeri. Maka jika Anda adalah salah seorang pengusaha yang menjalankan bisnis, maka Anda harus segara menyiapkan diri baik secara pribadi maupun dalam konteks bisnis agar tidak tersingkir dari persaingan. Lalu hal-hal apa saja yang harus disiapkan untuk menghadapi pasar bebas ASEAN 2015 ini? Berikut ulasannya.

1. Mentalitas

Hal pertama yang perlu disiapkan dalam menghadapi pasar bebas ASEAN 2015 adalah mentalias. Pasar bebas ASEAN memang akan membuat banyak perubahan dan yang pasti #persaingan bisnis yang semakin sengit.

Dari sini mental yang kuat dan tangguh sangat dibutuhkan para pebisnis untuk mampu menghadapi persaingan tersebut. Jika mental yang dimiliki pebisnis setengah-setengah, maka mereka akan mengalami banyak kesulitan untuk bisa mengatasi tantangan yang ada dan tak lama kemudian bisnisnya bisa goncang dan akhirnya jatuh.




Artikel lain: Inilah 5 Poin Pentingnya Diferensiasi Produk Dalam Ketatnya Persaingan Pasar

2. Kompetensi

Setelah mental sudah beres, hal berikutnya yang perlu Anda siapkan untuk menghadapi pasar bebas ASEAN 2015 adalah kompetensi. Kompetensi yang dimaksud di sini adalah kemampuan dan keahlian. Pasar ASEAN yang sangat luas, kompetitif dan berkonsep multi-bahasa, tentu harus membuat pebisnis jauh lebih ahli dalam kecakapan berbisnis dan berkomunikasi.

Terlebih dari sisi komunikasi, Anda akan dituntut untuk bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Kompetensi lain yang perlu pebisnis lebih kuasai dalam pasar bebas Asia Tenggara ini adalah profesionalitas. Karena ini adalah pasar mancanegara, maka Anda akan dituntut lebih untuk lebih #profesional dari sebelumnya.

3. Kolaborasi

Dalam menghadapi pasar yang sangat kompetitif ini, Anda tak bisa bekerja dengan tim yang kecil Anda. Anda harus meluaskan hubungan dan kerjasama Anda lebih luas dan lebih intens lagi. Dengan relasi dan kolaborasi yang makin kuat dan profesional ini bisnis Anda akan jauh lebih kokoh dan handal.

Kekuatan relasi dalam kolaborasi ini memang sangat penting dalam dunia bisnis. Semakin kuat dan luas jaringan relasi Anda, maka semakin besar pula sebuah bisnis akan mencapai kesuksesan. Dalam kasus pasar bebas ASEAN ini, Anda tak bisa lagi mengandalkan jaringan yang Anda miliki sekarang. Anda harus meluaskan lagi relasi dan kolaborasi bisnis Anda hingga mencapai jaringan mancanegara.




4. Kapasitas

Dengan pasar yang semakin luas, Anda sebagai pebisnis tentu tak bisa hanya berkutat pada pasar yang sekarang Anda miliki. Anda harus mau tak mau harus memperluas pasar Anda sebelum orang lain yang akan meluaskan pasarnya.

Persaingan memang semakin sengit dan saling mengancam, namun sebagai pebisnis Anda tak bisa hanya duduk diam saja, Anda harus bergerak cepat untuk merebut pasar sebelum kompetitor merebutnya. Jika Anda hanya diam dan hanya mengandalkan pasar yang ada saja, maka Anda bisa saja terimpit dan semakin tersisih dari persaingan pasar.

Baca juga: Tak Harus Menunggu Mapan untuk Merintis Bisnis, Baca Tips Ini

5. Evaluasi

Terakhir, hal yang perlu disiapkan dalam menghadapi pasar bebas ASEAN 2015 adalah evaluasi. Cepatlah untuk melakukan evaluasi yang rutin dari bisnis yang selama ini Anda jalankan. Memang sebelum melangkah ke pasar yang lebih menantang ini, Anda tak bisa terlalu lain pada manajemen bisnis yang Anda jalankan sekarang.

Meskipun Anda sudah membuktikan kesuksesan dengan #manajemen bisnis itu, namun pasar bebas Asia Tenggara ini akan membuat banyak perubahan yang menuntut psbisnis untuk beradaptasi menyesuaikan diri.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud