Perhatikan 5 Hal Penting Ini Saat Mengunggah Konten Gambar ke Media Sosial

Mengunggah-Konten-Gambar-ke-Media-Sosial

Seru sekali ya mengamati perkembangan #media sosial dari ke hari! Berbagai aktivitas penting seperti komunikasi, mengungkapkan mood atau suasana hati, berbagi kabar dengan para kerabat hingga pamer sesuatu sudah menjadi bagian penting dalam perkembangan penggunaan media sosial di Indonesia.

Orang Indonesia memang gemar mengobrol. Hal ini dipahami betul oleh para pengembang media sosial yang mempelajari kebiasaan tersebut dan berusaha menghadikan fitu-fitur yang bermanfaat untuk kepentingan kaum mayoritas pengguna media sosial. Salah satu hal konkret yang sangat digemari adalah mengunggah konten berformat visual. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa 6 dari 10 konten yang diunggah ke media sosial adalah konten berformat visual.

Ya, konten berformat visual memang lebih eye catching dan menarik perhatian daripada konten informasi yang berbentuk kalimat. Agar kita lebih populer di media sosial, maka kita harus mengunggah konten visual yang relevan dan sesuai dengan minat para pengguna media sosial lainnya. Sebelum kita mengunggah konten visual, alangkah baiknya bila kita menyimak 5 hal berikut ini:

Artikel lain: Pemasaran Melalui Media Sosial Jadi Lebih Efektif dengan Trik Ini

1. Buatlah Konten yang Interaktif

Konten yang unik dan interaktif akan membuat para pengguna media sosial lainnya tergelitik untuk menanggapi, mengomentari, me-retweet atau melakukan share terhadap konten yang kita unggah. Betapa konten visual yang unik dan sesuai dengan pengalaman pribadi banyak orang begitu menarik perhatian bahkan bisa menjadi tren di media sosial.

Sebagai contoh nyata, beberapa akun #Twitter dan Instagram yang sering menyajikan lelucon seputar kehidupan mahasiswa ternyata banyak digemari dan di follow oleh kalangan mahasiswa dan pelajar. Selain kalangan mahasiswa dan pelajar, ada pula kalangan usia produktif yang ingin bernostalgia dengan kenangan masa lalu melalui konten visual yang diunggah oleh akun tersebut.

2. Sisipkan Konten Visual Pada Setiap Posting

Saat ini banyak sekali media sosial yang dikembangkan dengan orientasi berbasis konten visual. Jadi bila kita memiliki suatu bisnis yang ingin dipopulerkan melalui media sosial, tentu bukanlah hal yang menarik bila kita hanya mengunggah logo bisnis kita. Sebagai gantinya, cobalah berinovasi untuk mengunggah konten-konten visual yang menarik dan masih berkaitan dengan bisnis yang ingin kita perkenalkan.



3. Mulailah Memperhatikan Sistem Mobile

Saat ini banyak sekali pengguna media sosial yang terbiasa mengakses media sosial melalui gadget atau smartphone setiap hari. Mungkin para pengguna media sosial yang menggunakan desktop untuk mengakses fasilitas media sosial sudah agak jarang. Oleh sebab itu, kita harus berfokus membuat konten visual yang nyaman disaksikan secara mobile.

Salah satu kriteria konten visual yang mobile-friendly adalah ringan, ukurannya pas dan bebas lack. Sehingga orang-orang yang tertarik melihat atau meng-klik konten visual yang kita buat tak akan mengurungkan niatnya hanya karena alasan konten yang terlalu berat atau sukar diakses secara mobile.

4. Cobalah Membuat Konten GIF dan Video

Konten GIF dan video berdurasi pendek adalah salah satu kekuatan yang menginspirasi media sosial yang tengah populer, seperti Instagram dan Vine. Tampaknya para pengguna media sosial akan merasa lebih tertarik untuk menyaksikan suatu konten GIF atau video berdurasi pendek karena dianggap sebagai bagian dari inovasi yang unik. Tak sedikit pula para pebisnis online yang memanfaatkan konten berformat GIF dan video berdurasi pendek untuk membangun popularitas dan branding melalui media sosial.

5. Lakukan Real-time Action

Tren dan mobilitas di media sosial bergerak sangat cepat sekali setiap hari. Setiap ada berita atau tren terbaru, para pengguna media sosial dengan cepatnya membahas tren tersebut sebelum membahas tren baru lainnya. Nah, bila kita ingin merebut hati para pengguna media sosial, kita pun harus up to date dalam mengikuti perkembangan dan tren tersebut.

Baca juga: Belajar Konsep 3C – Sukses Berbisnis via Sosial Media

Pengguna media sosial tentu gemar mengikuti konten visual, GIF atau infografik yang berhubungan dengan tren yang sedang menjadi topik hangat yang banyak dibicarakan. Ternyata, mencapai popularitas di media sosial tidak terlalu sulit bila kita memahami cara dan triknya secara cermat.




4 total comments on this postSubmit yours
  1. Apakah kalau banyak gambar memperlambat loading?

  2. Om Max tolong info bagaimana supaya fanpage kita bisa muncul di Google??

    Ditunggu ya om jawabannya.

    Terima kasih

  3. Nomor 2 tuh gan, di setiap postingan blog saya pasti selalu disertakan dengan gambar, kalau teks semua orang juga males bacanya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud