Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Warnet

 

bisnis warnet

Internet kini telah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini tentu akan selalu menjadikan bisnis warnet (warung internet) memiliki peluang yang besar. Meski memiliki harapan cerah, bisnis ini tetap masih membutuhkan beberapa pertimbangan, perencanaan dan strategi untuk menjalankannya supaya bisa sukses.

Prasayarat utama yang wajib dimiliki para pelaku bisnis warnet ini tentu adalah pengetahuan yang cukup tentang dunia #teknologi perangkat komputer dan internet. Dunia komputer dan internet yang selalu berkembang harus diupdate agar bisnis warnetnya tak ketinggalan jaman serta tetap menjadi pilihan pelanggan.

Tantangan Bisnis Warnet

Kendala yang seringkali dialami para pelaku bisnis warnet adalah hadirnya ponsel-ponsel terjangkau dengan fasilitas internet yang kini banyak dimiliki masyarakat. Internet yang semakin mudah dan murah untuk diakses dari perangkat ponsel ini tentu membuat para pelaku bisnis warnet ketar-ketir.

Namun Anda tak perlu khawatir berlebihan. Sekali lagi pertumbuhan internet yang begitu dahsyat saat ini akan menjadikan bisnis yang berkaitan dengannya tak akan pernah sepi asal Anda memahami beberapa hal dan pertimbangan yang benar untuk memulai dan menjalankannya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan memulai bisnis warnet.




Artikel lain: Belajar Menentukan Jenis Bisnis Online yang Cocok untuk Kita Jalankan

1. Pilih Kategori Warnet

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam membuka bisnis warnet adalah tentang pemilihan kategori warnet. Bisnis warnet yang mempunyai dua jenis kategori yaitu warnet games dan non-games. Hal ini menuntut Anda untuk terjun langsung ke lapangan mencari informasi mengenai jenis warnet tersebut.

Banyak kasus kegagalan bisnis warnet yang terjadi karena salah memilih kategori warnet yang tidak mendukung dengan lingkungan tempat warnet tersebut.

Seperti misalnya jenis warnet games dimana akan ada keriuhan di dalamnya, tentu jenis warnet ini tidak tepat untuk dibuka di daerah perkampungan, karena akan memunculkan pertentangan dengan warga. Maka warnet jenis games ini harusnya dibuka di lokasi ruko atau, kios atau pinggir jalan besar.

2. Pertimbangkan Pasar Disekitarnya

Trik dan pertimbangan berikutnya adalah memastikan keadaan lokasi dan potensi pasar di tempat yang akan Anda jadikan bisnis warnet tersebut. Pastikan bahwa lokasi bisnis warnet Anda berada di kawasan yang masih jarang ada usaha sejenis dan memiliki kebutuhan akan internet yang memang cukup tinggi. Lokasi yang memiliki potensi besar dengan kebutuhan internet yang tinggi misalnya perkantoran, sekolah dan kampus.




3. Spesifikasi Komputer

Karena ini adalah bisnis yang berkaitan dengan perangkat #komputer, maka sebelum memulai usaha, Anda harus mempertimbangkan komputer yang akan digunakan. Perangkat komputer yang cocok untuk bisnis warnet adalah komputer yang memiliki spesifikasi mumpuni.

Mumpuni disini tidak berarti harus yang paling canggih, tapi juga usahakan jangan juga terlalu ketinggalan jaman. Meski Anda memilih jenis bisnis warnet non-game, namun spesifikasi komputer yang ada akan berpengaruh pada tingkat performa internet yang ada.

4. Kebutuhan Daya listrik  dan Internet

Komponen lain yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam bisnis warnet adalah kebutuhan daya listrik dan #internet. Warnet yang terdiri dari beberapa perangkat komputer ini tentunya akan membutuhkan daya listrik yang tinggi, minimal sekitar 2.500 watt (8-10 komputer).

Carilah informasi ke PLN tentang prosedur dan harga untuk penambahan daya. Selain daya listrik, jaringan internet juga merupakan komponen penting lainnya yang harus dipenuhi. Usahakan untuk memasang jaringan internet yang stabil dan tidak lelet.

Jaringan Internet merupakan pertaruhan Anda dalam bisnis ini, maka dari itu jangan kecewakan konsumen Anda dengan jaringan internet yang labil dan lambat.

Baca juga: Seberapa Besar Peluang Bisnis Bimbingan Belajar Online?

5. Fasilitas dan Pelayanan

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan dalam bisnis warnet ini adalah fasilitas dan layanan. Warnet yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti printer, scanner, minuman dingin, snack, toilet dan mushola tentu akan memiliki nilai yang lebih daripada warnet yang hanya menyediakan jasa akses internet saja.

Satu hal lagi faktor layanan yang harus diperhatikan yaitu operator warnet. Cobalah untuk mencari operator yang berpengalaman atau paling tidak memiliki pengetahuan tentang komputer dan sudah terbiasa menggunakan komputer dan internet. Dengan operator yang berpengalaman akan mempermudah dan membantu Anda dalam perawatan dan penanganan, jika suatu saat terjadi masalah pada warnet Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud