People You May Know, Fitur Terbaru Facebook Untuk Tambahkan Teman Dari Instagram

People-You-May-Know-Fitur-Terbaru-Facebook-01

Sosial media milik Mark Zuckerberg (Facebook) rupanya terus berusaha menumbuhkan perusahaannya demi kejayaan di masa depan. Beragam fitur dan layanan telah dibuat oleh #Facebook guna memanjakan penggunanya. Selain fitur, Facebook juga telah mengakuisisi beberapa startup dan jejaring sosial untuk melebarkan dan meluaskan kerajaan bisnisnya. Salah satu jejaring sosial yang telah diakusisi Facebook pada tahun 2012 yang lalu adalah #Instagram. Pengambilalihan kepemilikan Instagram yang memiliki nilai fantastis sebesar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 9 triliun oleh Facebook ini ternyata telah memecahkan rekor sebagai nilai terbesar dalam akuisisi di industri aplikasi mobile.

Kini Instagram pun telah menjadi salah satu dari keluarga besar Facebook. Dengan kepemilikan penuh ini tentunya akan membuat facebook memiliki kendali terhadap jejaring berbasis foto ini. Seiring berjalannya waktu, kendali facebook atas Instagram ini telah mulai diwujudkan. Sekarang media sosial yang bermarkas di Menlo Park, California ini telah  menambahkan fitur baru berkaitan dengan integrasi Facebook dan Instagram. Dengan fitur ini pengguna Facebook bisa menambahkan pertemanan dari Instagram dan sebaliknya.

Patut diketahui bahwa sebenarnya sebelumnya penambahan teman Instagram bisa dilakukan pula via Facebook. Namun, baru kali ini teman Facebook bisa ditambahkan dari Instagram. Lalu seperti apakah fitur penambahan teman dari Instagram yang kemudian dinamakan “People You may Know” tersebut? Berikut ulasannya.

Artikel lain: 7 Fakta Unik Instagram yang Perlu Diketahui oleh Internet Marketer

Sudah Ada Sejak Dulu

“People You May Know” memang diciptakan Facebook sebagai fitur saran menambah teman yang untuk mengeksplorasi teman baru yang mungkin dikenal penggunanya. “People You May Know” sendiri diracik dari sejumlah “sumber” entah itu kontak, temannya teman, atau yang terkini dari Instagram. Maka dari itu sebenarnya fitur ini telah ada sejak dulu, bedanya dahulu pengguna Facebook yang bisa menambahkan teman Instagram-nya, namun sekarang sebaliknya pengguna Instagram bisa menambah teman Facebook-nya.

Dengan hadirnya “People You May Know” dari Instagram sepertinya Facebook sudah mulai memanfaatkan sumber daya Instagram untuk mendukung keperluan situsnya. Jika pengguna menambahkannya bisa jadi teman Instagram akan sama dengan teman FB. Dari adanya fitur “People You May Know” ini maka saat ini sejumlah pengguna pun telah menjumpai notifikasi pop up tertulis di Instagram. Dalam notifikasinya tertulis sebuah saran yang memberikan daftar teman di Instagram yang memiliki akun Facebook namun belum menjadi teman di Facebook.

Dalam proses sinkronisasi dua media sosial ini, Facebook menggunakan algoritma Instagram untuk merekomendasikan teman. Pada saat menjelang peluncurannya, Facebook mengonfirmasi bahwa bahwa pihaknya mulai menarik data dari Instagram berdasar siapa yang di-follow.

Upaya Menjaring Lebih Banyak Pengguna Remaja

Dengan keberadaan Fitur saran pertemanan “People You may Know” saat ini memang akan membuat Facebook berada pada posisi yang lebih kuat. Seperti diketahui Facebook yang telah mulai ditinggalkan oleh beberapa penggunanya memang dinilai tidak memiliki gengsi yang besar dibanding media sosial seperti #Twitter, Instagram, Path, dan lainnya.

Di Instagram sendiri penggunanya yang lebih cenderung mengikuti selebriti, seniman, musisi, fotografer, dan sebagainya memiliki nilai yang lebih daripada Facebook yang hanya bisa menjalin pertemanan sesama lingkungan terdekat seperti keluarga, sahabat dan rekan kerja. Dari sinilah latar belakang Facebook meluncurkan fitur People You May Know.

Selain itu peluncuran fitur ini juga merupakan salah satu bentuk usaha Facebook untuk bisa lebih banyak menjaring pengguna dari kalangan remaja. Menurut studi dari firma Pew Internet, Facebook memang merupakan jejaring sosial yang mulai ditinggalkan oleh kaum remaja, karena munculnya beragam media sosial lain yang menawarkan layanan yang lebih bergengsi.

Baca juga: People You May Know, Fitur Terbaru Facebook




Kelebihan dan Kekurangan

Secara sekilas fitur “People You May Know” ini akan memberikan kegunaan bagi penggunanya yaitu kemudahan untuk saling terhubung di antara kedua sosial media tersebut. Jika mereka dulu hanya kenal di Instagram, namun dengan fitur ini mereka juga bisa berjumpa di Facebook. Namun di balik kegunaan tersebut, ternyata fitur ini memiliki kekurangan atau dampak negatif terutama bagi mereka yang menginginkan privasi.

Beberapa kasus seperti munculnya orang-orang yang secara acak mengikuti Anda di Instagram akan mulai menjelajahi profil Anda tanpa sepengetahuan Anda. Hal ini bisa saja terjadi menimpa Anda yang menyetujui fitur ini. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, ftur “People You May Know” ini telah menjadi sebuah progres bagi perkembangan dunia media sosial.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud