Penjualan Windows Phone Anjlok Hingga di”Anak Tiri”kan, Masih Minat Beli?

penjualan Windows Phone

Image dari Ndtv.com

Memiliki sebuah ponsel pintar (smartphone) memang akan sangat menyenangkan. Namun bila Anda salah memilih jenis ponsel pintar, tentu saja akan membuat rasa kecewa. Banyaknya jenis smartphone yang ada di pasaran saat ini memang membuat konsumen, termasuk kita harus bisa selektif dan berhati-hati dalam memilih ponsel pintar. Tidak hanya brand atau merek dari vendor, namun jenis sistem operasi yang ditanamkan pada perangkat juga haruslah diperhatikan.

Saya sendiri punya pengalaman pahit saat membeli #smartphone. Kala itu saat Nokia X meluncurkan perangkat terbarunya yang berbasis Operating System (OS) Android, membuat saya tertarik untuk membelinya. Sayangnya setelah saya beli ternyata baru saya tahu bahwa OS Android yang ada di Nokia X tidaklah bersifat penuh. Hal inilah yang kemudian membuat saya kecewa karena saya tidak bisa mengunduh aplikasi via Google Play. Akhirnya saya pun langsung menjual Nokia X tersebut untuk saya belikan lagi smartphone yang versi Android full version.

Artikel lain: Waspada! Celah Keamanan Ini Bisa Mengancam Jutaan Smartphone Samsung Galaxy

Dari sini maka Anda yang akan membeli ponsel pintar, haruslah bisa jeli memilih smartphone yang akan digunakan. Salah satu jenis smartphone yang perlu diwasapadai saat akan membeli saat ini adalah Windows Phone. Mengapa Windows Phone? Sebab smartphone berbasis OS #Windows ini ternyata sudah dianak tirikan oleh vendor-nya sendiri.

Penjualan Windows Phone yang Turun 57 Persen

Operating System (OS) yang diluncurkan sejak bulan Oktober 2010 ini sekarang memang tertatih-tatih. Hal ini sendiri dikarenakan angka penjualan yang terus menurun. Hal ini juga menyebabkan vendor yang mengadopsi sistem operasi Windows pada perangkatnya makin mengecil jumlahnya. Dan hal ini makin diperparah dengan tak berkutiknya usaha Microsoft untuk membuat #gadget sendiri. Pada laporan terbaru dari beberapa sumber dinyatakan memang Windows Phone hanya berhasil terjual 4,5 juta ponsel Lumia.




Catatan ini pada akhirnya membuat penjualan Windows Phone mengalami penurunan tajam sebesar 57 persen bila dibandingkan tahun lalu yang mencapai penjualan 10,5 juta unit. Meskipun kemudian perusahaan raksasa ini meluncurkan Lumia 950 dan 950 XL beberapa waktu lalu, namun sayangnya kedua ponsel itu gagal membuat pasar bergerak positif padanya.

Windows Phone yang Jadi Anak Tiri

Dengan keadaan diatas ini Microsoft kemudian menyatakan bahwa Windows Phone saat ini sudah tak lagi menjadi fokus utama perusahaan. Dalam arti lain platform mobile Microsoft ini harus terima dijadikan “anak tiri” tahun ini.

Penganak tirian Windows Phone ini memang terlihat pada saat konferensi tahunan Build di San Francisco minggu ini dimana Microsoft hanya menampilkan demo Windows Phone yang menjalankan OS Windows 10 hanya dalam beberapa detik saja. Waktu yang lebih banyak sendiri diberikan pada Windows 10 dan tool developer tools di acara pidato pembuka di atas panggung.

Wakil Presiden Microsoft Windows, Terry Myerson pun dengan gamblang menyatakan bahwa ponsel 4 inci Windows Phone yang belum bisa menarik minat pengembang akan alihkan pada perangkat lainnya. Perangkat lain yang lebih difokuskan Microsoft daripada Windows Phone sendiri adalah produk dengan ukuran layar 9 hingga 30 inci.

Pengurangan Produksi Windows Phone

Namun meski dianak tirikan, bukan berarti Microsoft kemudian akan meninggalkan platform mobile Windows Phone. Namun menurut Terry Myerson, Microsoft hanya akan mengurangi produksi Windows Phone dan juga tidak berfokus pada pengembangan fiturnya.




Tidak dijadikannya Windows Phone sebagai prioritas oleh Microsoft ini sendiri kemudian membuat fokus Microsoft beralih ke gadget-gadget yang lebih menarik banyak orang, atau bisa juga beralih ke perangkat selain ponsel yang bersifat realistis. #Microsoft sendiri sejak dulu memang telah dikenal memiliki keunggulan dalam penguasaan pasar PC.

Baca juga: 5 Produsen Smartphone Lokal yg Siap Bersaing dengan Apple dan Samsung

Tunda Dulu Membeli Windows Phone

Pada akhirnya bagi Anda yang ingin membeli Windows Phone saat ini Anda perlu berhati-hati dan lebih baik lagi jika menundanya. Pasalnya saat ini muncul rumor yang menyebutkan Microsoft sedang menyiapkan Surface Phone.

Bahkan lebih ekstrim lagi terdengar bahwa akibat menurunnya jumlah penjualan Windows Phone membuat Microsoft berencana untuk tak lagi memproduksi gadget dalam jumlah besar. Dan Bahkan bila kondisi pasar Windows Phone terus-terusan memburuk, bisa jadi Microsoft akan menghentikan total produksi ponsel pintar berbasis OS Windows ini.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Kalau begitu.
    Pilih yang pasti pasti aja, Android untuk Kalangan Menengah / Bawah dan Iphone untuk Kalangan Atas

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud