Penggunaan Fitur Chat Di Toko Online, Perlu Nggak Sih?

Image dari Shoplivechat.com

Image dari Shoplivechat.com

Toko online yang makin marak muncul di dunia maya, tentu akan sangat berdampak pada perkembangan bisnis online itu sendiri. Di Indonesia saya mengamati toko online telah banyak muncul dan menyemarakkan dunia #e-commerce. Meskipun belum seramai dan secemerlang e-commerce China dan Amerika, pertumbuhan #toko online di indonesia patut diapresiasi sebagai pertanda antusiasme masyarakat pada bisnis online.

Dalam kisah pengembangan toko online sendiri, banyak pelaku bisnis yang kemudian merasa binggung dan tak sedikit juga yang terjebak dengan konsep fitur yang ditampilkannya. Mereka menganggap bahwa toko online dengan fitur yang lengkap dan canggih akan membawa pada kesuksesan. Anggapan ini tentu saja kurang bijak dan tidak benar. Dalam menentukan fitur ini, pebisnis seharusnya mampu mengerti dan memahami kebutuhan dan kemampuannya.

Salah satu fitur yang sering seringkali disalah artikan pebisnis adalah fitur chat online. Secara sekilas, fitur ini memang sangat mewah dan menarik. Namun sebagai pebisnis seharusnya Anda tidak terjebak pada pemahaman yang singkat dan instan ini.

Artikel lain: Toko Online Anda Menawarkan Free Ongkir, Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini

Anda sekali lagi harus mampu memahami kebutuhan toko online dan kemampuan yang bisa Anda berikan untuk konsumen. Lalu seperti apakah penggunaan fitur chat online yang efektif untuk diterapkan pada toko online ini? Berikut ulasanya.

Problematika Fitur Chat Online

Ketika Anda memang berhasrat untuk menggunakan fitur chat online, hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah berapa waktu standby yang bisa Anda berikan untuk chat online ini. Apakah 24 penuh atau hanya 12 jam dan beberapa jam saja? Hal ini sangat penting untuk Anda pahami karena fitur chat akan menghubungkan Anda langsung dengan konsumen. Ini artinya Anda tak bisa main-main dan sembarangan jika berhubungan dengan konsumen.

Saat ini memang banyak toko online yang memasang fitur chat online pada toko onlinenya. Namun sayangnya, fitur ini justru menjebak pebisnis karena ia tak bisa melayani konsumen dengan baik. Fitur chat online seperti Yahoo Messenger (YM) yang sering digunakan memang mewajibkan Anda online terus sesuai waktu yang telah Anda tentukan. Jika Anda teledor dan tidak ada ditempat saat waktu online yang ditentukan, maka pengunjung toko online yang notabene akan membeli produk Anda akan kecewa.

Tentukan Fungsi Chat Online Anda

Banyak pebisnis online yang tidak memahami fungsi sebenarnya dari chat online. Banyak pebisnis yang masih menanggap fitur ini hanya untuk membuat toko onlinennya semakin lengkap dan menarik. Inilah yang kemudian membuat mereka kemudian terpeleset dan akhirnya membuat konsumen kecewa. Fitur chat online seharusnya difungsikan untuk mempermudah pelanggan berkomunikasi kepada Anda sebagai pemilik toko online. Dan satu hal yang perlu dipahami, keberadaan fitur ini butuh pengorbanan Anda untuk selalu standby setiap saat.

Membutuhkan Konsisten Toko Online

Dari problematika dan fungsi sebenarnya dari fitur chat online ini, maka sekali lagi Anda harus mau meluangkan waktu yang lebih untuk melayani percakapan dengan konsumen Anda. Dari sini, konsistensi menjadi kunci penjual online sukses dengan fitur chat online yang diterapkannya.

Semakin konsisten Anda dengan waktu chat online dengan para pengujung, maka akan semakin sukses pula toko online Anda. Hal ini dikarenakan konsistensi Anda pada fitur ini akan membuat pengunjung toko online Anda puas dan akan mempercayai toko online Anda sebagai tempat membeli mereka.




Solusi Untuk Anda yang Sibuk

Bagi Anda yang sibuk, fitur chat online yang membutuhkan konsistensi ini bisa diakali dengan beberapa cara. Pertama Anda bisa merekrut admin khusus yang bertugas sebagai layaknya Customer Service (CS) yang akan melayani para pengunjung dimasa-masa waktu online.

Dengan pelayanan dan komunikasi yang real time dan tepat waktu ini maka pengunjung pun akan puas dengan toko online Anda. Solusi lain untuk Anda yang sibuk namun tak punya dana untuk merekrut CS adalah dengan mengkoneksikan fitur chat online tersebut dengan media sosial yang Anda miliki. Tentu saja dengan media sosial yang mudah diakses dari #smartphone, Anda dan pengunjung bisa saling dimudahkan untuk bertukar kirim pesan.

Baca juga: Fitur Sederhana ini Harus Ada Pada Blog e-Commerce

Akhirnya, fitur chat online yang membutuhkan pengorbanan waktu dan biaya ini umumnya berlaku dan sesuai dengan mereka pebisnis online yang sudah eksis dan besar. Bagi pebisnis online yang masih pemula, banyak pakar e-commerce yang tidak menganjurkan Anda memasang fitur chat real time terlebih dahulu. Ini dikarenakan Anda bisa saja terjebak dan malah menjadi bumerang yang akan membuat bisnis Anda malah jadi amburadul karena tak kuasanya Anda untuk konsisten dan profesional.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Antara perlu dan gak perlu menurutku, :D
    Terkdang orang banyak tanya tapi gak beli, :D
    Adapula yang tnpa banyak tanya tapi beli :)

  2. Rasanya perlu gan untuk mempermudah user kita dan membuat user bedah berlama -lama

  3. Dari beberapa kali menggunakan fitur chat di online store selalu berakhir kurang menyenangkan. Rata-rata balas chat nya lama, atau status online tapi nggak ada operatornya.

    Kalau saya lebih suka beli via email. Ada ringkasan historynya.

  4. Betul sekali,, fitur chat untuk toko online pemula dan kecil sepertinya tidak perlu, berbeda dengan toko online besar seperti laza**, Zal***, dkk nya butuh sekali fitur chat untut mempermudah layanan customernya,,,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud