Pentingnya Pengetahuan Hukum Bagi Seorang Pengusaha

Image dari Businessinsider.com

Image dari Businessinsider.com

Banyak hal yang melatarbelakangi seseorang untuk terjun ke dunia wirausaha. Ada yang sekedar meneruskan bisnis turunan keluarga, ada yang “terpaksa” memulai usaha karena tak kunjung mendapat pekerjaan, ada pula yang memang bercita-cita menjadi pengusaha dan berusaha mewujudkannya.

Hal apapun yang mendorong seseorang untuk terjun ke dunia wirausaha, hendaknya setiap wirausaha menjadi individu yang “melek hukum”. Melek hukum yang dimaksud adalah pengetahuan mengenai kepengurusan usaha secara legal, sistem perhitungan pajak, bentuk-bentuk badan usaha serta hal lainnya.

Pasalnya dalam atmosfir dunia bisnis dewasa ini semakin banyak saja bahaya usaha yang bisa saja dialami siapa saja yang tak faham tentang hukum. Hal-hal kecil seperti perjanjian kerja hingga pengurusan hak milik usaha menjadi faktor penentu yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Pengetahuan hukum yang memadahi bahkan kini dibutuhkan hampir seluruh ranah usaha, yang bersifat penjualan barang dan jasa, offline hingga yang bergerak via media bisnis online.



Mempelajari pengetahuan hukum sebaiknya dilaksanakan sejak dini saat baru memulai suatu bisnis. Sehingga seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan bisnis dapat sejalan dengan meningkatnya pengetahuan si pengusaha akan berbagai peraturan hukum serta perizinan bisnis yang berlaku. Berikut ini adalah beberapa poin penting mengenai pengetahuan-pengetahuan hukum yang harus dipelajari dan dipahami oleh seorang pengusaha:

Artikel lain: Peluang Bisnis dengan Modal Kecil 

Mengenal Beragam Bentuk Badan Hukum Yang Legal

Bentuk badan hukum yang sah biasanya digunakan untuk menjalin kolaborasi resmi dengan usaha lain, mengikuti beragam tender swasta maupun pemerintah serta sebagai pondasi untuk mengajukan bentuk-bentuk perizinan usaha lainnya.

Dalam hal ini, anda sebagai pengusaha dapat melakukan konsultasi dengan notaris atau konsultan hukum untuk menentukan manakah badan hukum yang paling tepat untuk usaha anda. Beberapa bentuk badan hukum yang umum dipergunakan adalah perseorangan, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan terbatas (PT).

Mengatasi Persoalan Bisnis Secara Global

Pengetahuan hukum juga penting untuk mengurus tantangan hukum yang dihadapi oleh suatu usaha. Beberapa persoalan penting yang biasanya dihadapi suatu usaha misalnya dalam hal pengurusan pajak, pendaftaran merek dagang, recruitment karyawan hingga negosiasi transaksi bisnis.

Pengetahuan bisnis yang dimiliki seorang pengusaha akan membantu pengusaha tersebut untuk terhindar dari tindak pelanggaran serta mengelola risiko hukum dan risiko keuangan perusahaan.

Pengaturan dan Penempatan SDM Secara Optimal

Keoptimalan kinerja SDM dalam suatu usaha emang sangat penting. Namun jangan sampai usaha untuk mengoptimalkan kinerja tersebut malah membuat si karyawan merasa dirugikan oleh perusahaan. Sebagai pengusaha, anda harus ingat bahwa ada peraturan tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban seorang karyawan. Jagalah hubungan baik dengan para karyawan yang menjadi penopang usaha anda.

Jangan sampai para karyawan tersebut merasa dirugikan dan akhirnya mengadukan anda ke lembaga-lembaga perlindungan hukum. Pelajari pula hal-hal lainnya yang mencakup waktu lembur, perhitungan upah, pemberhentian masa kerja dan aturan mengenai kondisi cuti.

Artikel lain: 4 Penyebab Bisnis Online Anda Sulit berkembang

Pendaftaran dan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Yang dimaksud dengan hak atas kekayaan intelektual atau yang dikenal dengan istilah HAKI adalah peraturan hukum yang mengatur tentang merek dagang, hak paten, hak cipta dan varietas tanaman.

Anda harus melakukan pendaftaran dan perlindungan tentang hak kekayaan intelektual agar tidak terjadi salah paham dan sengketa mengenai aset perusahaan di kemudian hari.

Memahami persyaratan hukum lingkungan

Saat ini Indonesia menerapkan aturan baru yang memperketat izin suatu usaha, ditinjau dari dampak perusahaan tersebut terhadap lingkungan. Negara tak akan memberikan legalitas terhadap suatu usaha yang dapat mencemari atau membahayakan lingkungan sekitarnya.

Oleh sebab itu perizinan lingkungan merupakan salah satu hal yang menjadi syarat wajib untuk mengajukan perizinan dasar suatu usaha.

Memahami Akses Untuk Mengajukan Pinjaman

Badan usaha yang berbentuk badan hukum legal akan mendapatkan kemudahan untuk mengajukan pinjaman dana ke bank. Konsultasikan dengan pihak konsultan hukum anda ketika akan mengajukan pinjaman ke bank. Hal yang harus dikonsultasikan yakni mengenai pengisian formulir dan identitas usaha, syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman serta tahapan negosiasi untuk mencairkan pinjaman.

Syarat dan ketentuan yang jelas akan membantu seorang pengusaha untuk mengajukan pinjaman dan melakukan angsuran pembayaran secara mudah.

Demikian beberapa pengetahuan hukum yang harus diketahui dan dipahami oleh seorang pengusaha. Untuk memperoleh pengetahuan tersebut, seorang pengusaha dapat melanjutkan studi mengenai hukum-hukum perusahaan atau berkonsultasi langsung kepada konsultan hukum maupun notaris. Pengetahuan hukum yang baik akan menjadi modal besar untuk memajukan suatu usaha secara legal.

Baca juga: Tips Sederhana Berbisnis Bersama dengan Pasangan

Berikut ini sebuah video tentang pentingnya pengetahuan hukum akan hak cipta usaha yang semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi Anda.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud