Pengertian Entrepreneur (Pengusaha) Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Kelebihannya

Pengertian Entrepreneur

Apa pengertian Entrepreneur atau pengusaha? Entrepreneur atau pengusaha adalah orang yang melakukan kegiatan wirausaha dimana biasanya orang tersebut memiliki bakat dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, membuat standar operasional, memasarkan produk, dan bisa mengatur modal untuk operasional.

Untuk bisa menjadi seorang entrepreneur, seseorang harus punya kemampuan berfikir yang kreatif dan imajinatif saat melihat sebuah peluang usaha. Selain itu, Seorang entrepreneur biasanya memberikan manfaat kepada orang lain di sekitarnya melalui usaha yang dibangunnya.

Seperti yang ditulis oleh Chandra Liang dalam thread pembuka di sub-forum Kaskus yang berjudul Welcome to Entrepreneur Corner ada benarnya juga, bahwa selama ini kebanyakan orang salah presepsi antara pengertian entrepreneur dan pedagang.

Seperti yang kita tahu, belakangan gampang sekali orang melabeli dirinya dengan sebutan entrepreneur saat hadir sebagai peserta di seminar-seminar, bincang bisnis dan sebagainya. Kalau di tanya, “Kerja apa?” jawabnya singkat, “Entrepreneur”. Terus, apakah salah kalau melabeli diri dengan sebutan itu? Tentu tidak kalau mengikuti beberapa kriteria.

Jadi Pengertian Entrepreneur Itu Apa Ya?

Merujuk kembali pengertian entrepreneur yang ditulis oleh Adi Putra Widjaya dan Aries Wiranata dalam bukunya GarudaPreneur, ternyata artinya, “Entrepreneurship is living a few years of your life like most people won’t, so that you can spend the rest of your life like most people can’t”

Sama seperti yang dituliskan oleh Chandra Liang, CEO Esprecialo Group yang mengatakan menjadi entrepreneur itu berbeda dengan berdagang. Dalam entrepreneur pasti ada aktifitas jual beli (berdagang), sedangkan berdagang ya cuma ada barang, diberi margin lalu dijual. Tanpa konsep, tanpa target dan tanpa “bla-bla” yang lainnya.




Seorang entrepreneur akan mengubah barang biasa menjadi barang yang luar biasa. Produknya selalu diingat oleh customer dan ia memiliki menejemen bisnis yang sangat rapi.

Tentunya dengan melalui berbagai proses yang berdarah-darah yang jelas jarang diikuti pedagang biasa. Orang-orang seperti ini juga selalu update dengan perkembangan jaman dan selalu belajar tanpa mengkambing hitamkan keadaan, karyawan, pasar, apa lagi pemerintah.

Artikel lain: Melihat Peluang Wirausaha Skala Besar/ Kecil di Sekitar Kita

Apa Ciri-Ciri Seorang Entrepreneur?

1. Memiliki Mindset Positive

Benar! Pikiran kita mungkin akan langsung tertuju pada bisnis MLM. Kalau kita diprospek oleh rekan, kita pasti akan dijejali dengan kata “mindset”. Apa yang kita pikirkan, itulah yang akan terjadi. Dan sebagian besar orang mencibirnya karena sok-soak ala motivator. Saya sendiri juga termasuk salah satu diantaran yang pernah mencibir.

Tapi pada kenyataannya memang benar. Mindset itu sangat mempengaruhi perkembangan bisnis kita. Menjadi entreprenur tidak sekedar berhubungan dengan hal-hal teknis seperti meng-handle karyawan, klien, dan produksi, tapi juga bagaimana kita mengatur mindset.

Billy Boen dalam buku Young on Top juga mengatakan hal yang sama, “Kalau dari awal kita sudah bilang nggak mungkin atau susah, kemungkinan besar ketika mencobanya kita akan gagal atau merasa hal itu susah banget.”




Candra Liang juga berulang kali menulis hal yang sama diartikelnya yang ia bagi di berbagai forum online, bahwa bisnis itu dimulai dari 3 hal; Mindset, Passion dan Action. Semua orang besar memiliki tiga aspek ini. Jadi, kalau dari awal saja kita tidak yakin, mana mungkin kita punya semangat untuk memperjuangkannya?

2. Memiliki Rancangan Bisnis

Bedanya seorang pedagang dengan pebisnis, para pebisnis selalu punya rancangan bisnis. Kalau berdagang kita biasanya hanya berpikir tentang modal usaha, keuntungan yang diambil berapa dan beberapa resiko yang akan terjadi.

Namun seorang entrepreneur melakukan hal lebih dari sekedar perhitungan ini. Ia akan membuat konsep, menentukan brand, visinya, menganalisa pasar, proyeksi kenaikan harga, dan melihat peluang lain yang mungkin bisa dikembangkan dalam produknya sehingga memiliki ciri khas.

Ia akan “Go for the extra mile”, tidak sekedar berjualan dan untung. Seorang entrepreneur tidak mudah puas dan stuck di satu level saja. Ia mau keluar dari zona nyamannya.

3. Pantang Menyerah

Satu hal kecil yang kita pelajari dari seorang entrepreneur sukses adalah “tidak pernah menyerah”. Seorang entrepreneur sejati tidak akan menyerah pada satu keadaan.

Kalau kata Billy Boen, ia adalah orang dengan kategori “Bring solutions, not problems”. Entrepreneur sejati tidak pernah mengeluh dan bertanya kesana-kemari sambil panik harus bagaimana dan melakukan apa. Sebelum ia mengajak sharing orang lain, ia akan mengumpulkan solusi yang bisa dilakukan dan melihat resikonya.

Setelah itu, ia akan mencoba berdiskusi dan mencari mentor kemudian memutuskan keputusan dengan resiko terkecil sehingga tidak merugikan orang banyak. Tidak menyerah di sini bukan berarti melakukan hal yang sama dengan kegagalan yang sama, tapi ia aktif mencari solusi agar masalahnya terpecahkan.

Kelebihan Menjadi Seorang Entrepreneur

Tidak cukup hanya sekedar mengetahui pengertian entrepreneur, kita juga harus tahu bahwa menjadi seorang entrepreneur/ pengusaha selalu ada resiko tersendiri. Namun, resiko tersebut juga dibarengi dengan peluang dan berbagai kelebihan lain. Kelebihan menjadi seorang entrepreneur yang paling mudah kita lihat dari seseorang adalah keunggulan mereka dalam cara pandang terhadap lingkungannya.

Ketika orang biasa menganggap sebuah masalah adalah kesulitan hidup, orang yang berjiwa entrepreneurship melihat sebuah masalah sebagai peluang usaha. Mereka akan menciptakan sebuah solusi yang bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut dan menciptakan sebuah bisnis yang menguntungkan.

Berikut ini beberapa kelebihan menjadi seorang entrepreneur:

  • Mereka punya kesempatan untuk mewujudkan impian pribadi
  • Punya kesempatan untuk menciptakan perubahan pada diri sendiri dan lingkungannya
  • Mereka dapat memaksimalkan potensi diri
  • Mendapatkan keuntungan baik secara finansial maupun kualitas hidup
  • Mereka bisa memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungannya
  • Bisa melakukan banyak hal yang disukai dan memanfaatkannya untuk hal-hal baik

Di atas tadi adalah penjelasan tentang pengertian entrepreneur atau pengusaha, ciri-ciri seorang entrepreneur, dan kelebihan menjadi seorang entrepreneur. Semoga bermanfaat.



1 comment on this postSubmit yours
  1. semoga dapat terus menginspirasi dengan artikel2 nya. saya jadi semakin bersemangat untuk bisa menjadi seorang enterpreneur.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud