Beranda Blogging Pengaruh Update Postingan Blog Pada Peringkat Google & Alexa

Pengaruh Update Postingan Blog Pada Peringkat Google & Alexa

Peringkat-Google-dan-Alexa-1

Kita setuju bahwa Search Engine Google sangat menyukai blog yang melakukan update konten secara berkala, tapi apakah update konten tersebut akan otomatis mempengaruhi ranking blog tersebut di mesin pencari Google secara keseluruhan? Sampai sekarang belum ada yang bisa mengambil kesimpulan yang pasti mengenai hal ini karena selain konten yang up to date, algoritma Google juga sangat memperhatikan kualitas konten untuk menentukan peringkat sebuah blog di mesin pencari.

Peringkat Google dan Alexa seringkali dijadikan acuan para webmaster untuk menentukan kualitas sebuah blog/ website. Nah pada artikel ini Maxmanroe.com ingin mengulas sedikit tentang pengaruh update postingan sebuah blog pada peringkat Google dan Alexa.

1. Pengaruh Update Blog Pada SERP Google

Banyak anggapan dari kalangan blogger yang mengatakan bahwa blog yang posting setiap hari akan mendapatkan porsi lebih baik di SERP Google. Ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar lho. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Matt Cuts (Head of the webspam team at Google), Google lebih mengutamakan blog dengan konten yang berkualitas pada hasil pencarian search engine mereka.

Pada sebuah video YouTube Matt Cuts mengatakan bahwa akan lebih baik bila pemilik blog fokus pada persiapan konten yang baik, dan bermanfaat bagi pembaca, walaupun membutuhkan lebih banyak waktu, daripada berusaha untuk mengupdate blog mereka dengan konten yang buruk atau ‘apa adanya’. Hal ini tentu tidak berlaku jika blog tersebut tidak diperuntukkan untuk bisnis. Bila Anda ingin blog yang dibangun menjadi sesuatu yang bisa menjadi bisnis yang menghasilkan, maka memperhatikan kualitas konten adalah sebuah keharusan. Blog dengan konten yang memberikan value kepada pembacanya akan sangat mudah mendapatkan rangking yang baik di search engine Google.

Artikel lain: Cara Mengoptimasi Blog Untuk SEO dan User Anda

Lalu apakah kita hanya fokus pada kualitas konten? Tentu saja tidak. Jumlah artikel yang semakin banyak dengan beragam kata kunci tentunya akan membuka peluang bagi blogger untuk mendapatkan lebih banyak visitor. Jadi, seorang blogger profesional pasti akan memperhatikan up date dan juga kualitas konten yang diposting karena kedua hal tersebut saling berkaitan.

Tonton video berikut ini.

[spoiler][/spoiler]

2. Pengaruh Update Blog Pada Ranking Alexa.com

Ranking Alexa berbeda dengan ranking website di search engine Google. Alexa menilai ranking sebuah website berdasarkan beberapa faktor, seperti up date konten, jumlah visitor, page view, aktivitas visitor pada website, dan lain-lain. Walaupun beberapa webmaster bisa mengakali sistem penilaian ranking Alexa tersebut, penilaian dari Alexa pada sebuah website masih dianggap penting.

Alexa memperhitungkan update konten sebuah blog dalam meranking sebuah website, semakin sering Anda update konten maka ranking Alexa nya cenderung akan semakin baik. Jadi, jika ingin ranking Alexa website Anda lebih ‘ramping’ maka disarankan untuk sering-sering mengupdate blog Anda.

Sebaiknya tidak usah terlalu pusing tentang ranking Alexa blog Anda, dan tidak perlu juga sampai memanipulasi ranking Alexa seperti yang dilakukan sebagian blogger. Sebaiknya fokus saja membangun konten yang baik secara berkala, mempromosikan konten Anda dengan teratur, meningkatkan jumlah visitor unik, dengan begitu ranking Alexa blog Anda akan membaik dengan sendirinya.

3. Pengaruh Update Blog Pada Audiens

Blog yang sudah cukup terkenal dan punya pengunjung setia, tentunya melakukan update konten secara berkala menjadi sesuatu yang sangat penting. Bayangkan jika blog Anda tidak ada up date terbaru selama seminggu atau sebulan, padahal pengunjung setia Anda setiap hari membuka blog tersebut. Tentu audiens Anda akan bosan dan kecewa ya, kemungkinan besar mereka akan beralih pada blog lain. Meskipun pengunjung blog Anda banyak berasal dari mesin pencari, konten yang baru dan up to date tetap dibutuhkan. Apalagi jika visitor blog Anda kebanyakan berasal dari referring site atau dari direct visitor.

Selain itu, blog yang memiliki topik tertentu memang wajib selalu up to date, misalnya blog yang membahas tentang topik bisnis, media sosial, blogging, lowongan kerja, selebritis, game, dan lain-lain. Namun ada juga blog yang memang tidak perlu banyak up date, misalnya blog dengan topik pelajaran sekolah yang memang tidak banyak berubah.

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Blog?

Kesimpulan:

Menurut Maxmanroe.com, update konten itu sangat penting. Namun yang lebih penting lagi adalah membangun konten yang berkualitas dan memberikan value pada pembaca Anda. Konten seperti ini biasanya lebih mudah masuk halaman utama hasil pencarian Google dan lebih tahan lama. Dengan membangun konten yang berkualitas secara konsisten, Anda sudah berpeluang lebih besar mendapatkan ranking yang lebih baik di Google dan Alexa.

70 KOMENTAR

  1. Begitu ya.

    Pada intinya selalu ada kemungkinan bisa masuk page one ya pak, cuman membutuhkan waktu yang lama, jika keyword yang di bidik, bersaing dengan kompetitor yang lebih senior.
    ini yang perlu saya terapkan di blog saya
    “banyakin artikel lain terkait dekorasi ruangan, dan berikan internal link dari artikel tersebut ke artikel utama”

    tanya lagi pak,,, model artikel utama itu seperti apa pak? kasih contoh sekaligus link nya, biar saya baca baca.

  2. Terima kasih atas penjelasan nya pak dan mudah saya mengerti.

    Terlepas dari peringkat alexa mau besar ataupun kecil,
    Apakah bisa artike kita masuk dalam page one search engine pak, contoh keyword dekorasi ruang tamu minimalis
    secara konten kita sudah berkualitas namun secara kekuatan kalah senior istilahnya (karena kompetitor lebih kuat dari backlink, DA dan PA)
    yang bisa mempengaruhi selain 3 aspek itu (backlink,DA & PA), hal apa aja ya pak?

    • Kemungkinan selalu ada, tapi harus realistis juga ya. Perhatikan siapa pesaing di halaman #1 untuk kata kunci yang dibidik, kalau berasal dari situs-situs authority di bidang dekorasi ruang tamu maka prosesnya bisa lebih lama. Selain backlink, DA, PA, hal lain yang bisa mempengaruhi ranking yaitu internal linking. Coba banyakin artikel lain terkait dekorasi ruangan, dan berikan internal link dari artikel tersebut ke artikel utama.

  3. Untuk algoritma google yang sekarang, peringkat Alexa apakah masih berpengaruh ya?
    pada dasarnya konten up to date tetap dibutuhkan.
    pertanyaan selanjutnya, seandainya updatenya nggak tiap hari kan ga papa ya bos, contoh updatanya 3 hari sekali.. lagian cari ide untuk artikel, tidak semudah ferguso membongkar kenangan indah bersama marimar… hahaha…
    tolong di jawab ya boss admin

    • 1. Setahu saya, Alexa Rank tidak ada hubungannya dengan algoritma Google karena pada dasarnya keduanya berbeda. Algoritma Google berpengaruh pada peringkat situs di SERP Google, kalau Alexa Rank itu sistem peringkat website berdasarkan popularitas website di Internet sesuai dengan jumlah trafik, konten, dan lainnya.

      2. Update konten ngga harus tiap hari mas, karena yang paling penting itu bobot dari konten itu sendiri.

  4. Saya sendiri selalu update konten artikel (100% lolos copyscape) utk menjaga posisi halaman pertama dengan kata kunci yang ditarget di SERP, yang pertama memang kualitas namun setelah itu baru kuantitas ditingkatkan. Maksih Om Max informasinya, referensi yang bagus dan update

  5. kalau informasi tanggal pada postingan itu ada pengaruh di SEO tidak ?

    • Pada dasarnya tidak berpengaruh ya, tapi untuk artikel informasi atau evergreen content lebih baik ngga usah diberi tanggal. Kecuali artikel situs-situs berita, ya harus ada tanggalnya biar tahu artikel kapan.

  6. Makasih infonya om max, bermanfaat sekali bagi saya. akan saya coba saranya, semoga lebih baik lagi blog saya kedepannya. tambah lagi om kopinya:) sukses terus

  7. Saya sendiri seperti kejar-kejaran dengan google untuk menjaga ranking tetap stabil di serp. Mungkin ada rekan-rekan webmaster yang paham supaya rangking ajeg di google gimana triknya.

  8. Wahhh…. Sangat bermanfaat gan. Terima kasih banyak. Tp sebelumnya saya mau tanya, ada beberapa kali saya mengganti template apa pengaruh sama blog saya?

  9. Mau tanya ya…, saya rencana mau transfer domain agar jadi satu dengan houstingnya, namun prosesnya 7-10 hari. apakah itu akan berpengaruh pada rangking? mana yang lebih baik utk rangking, domain & housting yang terpisah atau yang satu tempat? Terima kasih.

  10. Mau tanya mas, saya sering memperbaiki postingan blog. Apakah memperbaiki atau perbaharui artikel bagus untuk blog atau tidak ?
    Dan bagaimana cara yang benar untuk memperbaharui postingan ?
    Terimakasih atas jawabannya

    • untuk memperbaharui posting carilah refernsi terbaru baik itu digoogle atau refernsi lainnya… kemudian perbaiki pula bahasa artikel yang lalu karena biasanya kita memakai bahasa yang belum begitu baik ketika dulu kita membuat artikel… memperbaiki bisa diawal artikel atau ditengah bisa juga di akhir sesuai dengan perkembangan artikel terbaru

  11. Seputat Banjarmasin

    Hmmm .. betul juga, lebih baik update konten tiap hari walaupun cuma 1 tp isinya harus berbobot .. toh lama kelamaan juga naik.

  12. Saya sudah membuktikannya, update postingan terbaru setiap hari betul-betul bisa meningkatkan ranking alexa. Saya membuat artikel baru maksimal 5 artikel per harinya, membuat ranking alexa blog saya meningkat dengan cepat. 1 minggu yang lalu masih dibawah 5 juta, sekarang sudah dibawah 2 juta.

  13. Kalo dilihat dari rank alexa, Pr, Pa, Da dan lainya, mana yang lebih berpengaruh dalam blog berkualitas gan?

  14. betul banget bang max, semakin rutin update samkin ramping alexa-nya, siap2 aja tekor inet bulanan :)

  15. Betul bos, contohnya blog saya yg hanya ngulas teka teki. Jika sampai telat update, pelanggan setia bakal kabur wkwk

  16. terima kasih gan, klo alexa sama page rank, lebih penting mana gan?

  17. Dalam memposisikan sebagai seorang blogger, saya mendapat banyak hal dari maxmanroe. Dari beberapa artikle di blog ini, membuat saya terus ingin berkunjung. Mungkin karena konten artikle nya yang bagus dan berkualitas. Sehingga menarik perhatian untuk di baca. Mantap deh.

  18. kalo saya ini toko online gimana gan apa ada saran ? toko online kalo tidak ada product baru kan tidak akan membuat post baru gan .

  19. Hmm ane jg lg nyoba sarannya om max ini..

  20. Tulisannya bagus sekali, biarlah lama mempersiapkan postingan yang berkualitas ketimbang postng tiap hari namun dgn kualitas yang apa adanya..

    thumb up!

  21. Saya , malah gk paham maksudnya backlink. apa itu link back? ohlalalaaa… :3

  22. Oke, pada dasarnya sih saya setuju dengan pernyataan dan ulasan diatas terutama soal update posting dan kualitasnya. Jika bisa mengupdate posting berkualitas dan memberi manfaat dan value kepada pembaca setiap hari pasti jauh lebih penting juga ya bang.

    O Iya, sebenarnya alexa itu bisa makin gemuk jika jarang ada pengunjung yang komen. Dulu saya masih ingat waktu rajin BW, alexa cepat ramping dan 6 bulan terakhir saya hanya mengandalkan visitor dari google dan alexa makin gemuk, tapi visitor saya meningkat.

    Saya lebh fokus pada peningkatan kualitas konten aja bang, dan makasih atas ulasan dan videonya

  23. www.laporpolisi.com

    Yang paling utama untuk meraih simpati Google dan alexa ialah dengan terlebih dahulu menarik simpati Visitor.Bila visitor suka berlama-lama di website kita,maka Robot Google dan Alexa juga betah berlama-lama diwebsite kita,dan tentu kedua mesin pencari tersebut akan melahap habis setiap jengkal artikel yang kita hidangkan.Dan hasilnya,setiap kata yang dicari di search google yang mana kata tersebut terdapat di website kita,maka website kita jualah yang paling utama akan di munculkan.

  24. konten adalah raja . .. . . . isi konten adalah bapaknya raja….
    tapi itu yg bikin rpot, membuat isi konten yang berkualitas .. . . .

  25. DwiKhasbullahHuda

    Super sekali artikelnya, memang benar menurut saya juga seperti itu jika kita sering update postingan maka akan mendapatkan kesempatan yang lebih untuk peringkat di google, tapi musti di tunjang dengan artikel yg berkualitas pula.

  26. Aplikasi Android

    Sehari satu kali masih belum kuat :)

  27. Artikel berkualitas datang dari penulis yang berkualitas juga tentunya, tapi apakah skill dari beberapa penulis di blog maxmanroe ini sama seperti skill menulis anda mas max ?
    soalnya mereka selalu update dan artikelnya juga berkualitas menurut saya.

  28. Terimakasih om sharingnya, manfaat banget, krn sy juga lagi berupaya mempelajari secara autodidak utk meningkatkan kualitas web saya.

  29. guruilmuan.blogspot.com

    Benar sekali om, artikel yg berkualitas dan rutin diupdate tiap hari akan berpengaruh dalam kecepatan indeks google. Saya sudah mencobanya.. Terimakasih artikel di atas semakin menambah pengetahuan saya…

  30. saya setuju dengan yang dituangka penulis dalam artikel ini, saya hanya menambahkan untuk peringkat google adakalanya backlink itu berpengaruh juga, ataupun sosmed. pokoknya banyak deh. hehehe

  31. Membuat konten yg berkualitas emang gampang2 susah….seperti mata pisau, semakin sering diasah semakin tajam lha…

  32. Jika kita rajin update konten yang mampu menyelesaikan masalah bagi visitor secara berkala, maka ranking yang kita maksud akan tercapai dengan sendirinya. Utamakan dulu visitor dari pada SERP dan Ranking. Bukan kah begitu ya min..?
    Salam…..

  33. Setuju, semoga blog saya juga bisa makin berkembang, seperti blog maxmanroe

  34. iya saya setuju sekali, kalau update rutin bisa mendongkrak popularitas sebuah blog, karena semakin kaya blog akan konten maka akan semakin banyak keyword yang tersaring di search engine.

    nice post

  35. LOMAK SAHARY GURNING

    tapi harus berapa lama kita menunggu hasilnya jika sudah menjalankan artikel diatas? saya sudah pernah coba sebagian diatas,, namun belum kelihatan hasilnya boss. mohon sarannya.

  36. Sebelumnya saya memang berpikir jika update artikel terus tiap hari bisa dilirik om google tapi tetap harus memperhatikan kualitas artikel juga ya… akan saya coba… terima kasih infonya… :)

  37. dikira ika rangking alexa nya kecil itu akan sabanding dengan serp di google, ternyat gak juga. nice info gan thk

  38. Infonya cukup membantu, terimakasih dan sukses selalu.

  39. Informasi ini sangat memotifasi kami untuk menulis yang baik. terimakasih banyak atas ilmunya

  40. Jadi kita harus terus update content article setiap hari donk ?
    Apa domain dan judul artickle harus sama gan ??
    Terima kasih infonya gan..

  41. wow, jadi paham sekarang, konten perlu, update juga perlu, dan kualitas apalagi ya, nice share Gan

  42. Kalau menurut pendapat saya, blog yang di update secara berkala pasti lebih disukai oleh pengunjung

  43. Lagian kalau nulis tiap hari, kayaknya gak sanggup kalau sendirian, harus ada teamnya.

  44. Menulislah untuk memuaskan dirimu, bukan untuk memuaskan orang lain. CEO kakbayu.web.id

  45. Biar tahan lama saya setuju banget tuh….buat para pemula yg masih mencari2 trik naikin reting.

  46. kalau menurut saya sih blog yg update berkala pasti lebih disukai oleh pengunjung karena pengunjung pasti merasa betah dan gak bosan kemungkinan pasti bakal jadi pengunjung “langganan”. kalau masalah update artikel yg tidak berpengaruh dengan peringkat blog yg bersangkutan saya rasa bukan terlalu masalah karena target kita juga kan buat pengunjung merasa fun membaca blog kita. mungkin mau mampir ke blog saya maxkul.com hehe :)

  47. Sepertinya yang terakir penjurian situs adalah audiens

  48. hhihi… emang untuk jadi blogger itu gak gampang buat pemula, apalagi semangatnya naik turun menulis artikel :D

  49. Makasih atas informasinya gan,lagi nayri artikel kaya gini ni buat nambah wawasan ngeblog

  50. Inject SSH Gratis

    saya juga lagi belajar update konten nee mas, tapi konten mengenai SSH dan inject nya,
    mudah mudahan bisa konsisten karena nafasnya blog adalah artikel itu sendiri,, hehe,,

    Salam kenal om..

  51. bener bangets.. terutama poin pertama, kontennya harus bermanfaat bagi pembaca.. harus berkualitas.
    Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

  52. sangat setuju sekali jika ingin blog yang bertraffic tinggi tentu saja bukan diam saja,,,, hehehehe

  53. memang menurut saya kualitas dr artikelnya, untuk blog personal sehari update 1 artikel udah cukup bagus. kalau udah konsisten tgl lihat hasilnya.

  54. tips Bisnis Online

    saya juga lagi belajar update konten nee mas,,mudah mudahan bisa konsisten karena nafasnya blog adalah artikel itu sendiri,, hehe,,

  55. Setuju … Artikel pada sebuah blog yang baik akan memiliki pengunjung setia..

  56. Belajar Internet Marketing

    Betul nih gan, update posting memang sangat berpengaruh pada serp dan alexa, dan update posting yang rutin juga bisa mendapatkan pengunjung yang setia :)

  57. mulai skrng gk perlu update terus2an :D

  58. posting berkala yang tepat berapa kali dalam satu bulan ya???

  59. saya sering update bang,,, tapi pengunjungnya gitu2 aja,,,hehehe,,,, apakah pengaruh umur blog juga sulit untuk tampil di page pertama bang ??? lalu cara mengatasinya bagaimana ya,,,

    • Perhatikan juga topik blog nya mas, apakah topik yang ditulis dalam blognya punya banyak peminat atau tidak. Memiliih kata kunci juga berpengaruh pada SEO dan juga trafik sebuah blog.

  60. Mudah-mudah bisa update konten terus, fokus nya itu yang susah. mungkin bro maxmanroe mau berbagi tips nya bagaimana biar bisa konsisten update konten? :)

  61. Gunawan Eka Saputra

    Stuju Mas, kualitas artikel lbih pnting daripada kuantitasnya, tpi lbih baiknya seimbang kali ya… hehe :D

    • setuju sama atas saya, harus seimbang intinya

Tinggalkan Balasan