Pemkot Semarang Bangun SmartCity Lewat Fasilitas Keuangan Digital

Pemkot Semarang Bangun SmartCity

Image dari Solopos.com

Hingga saat ini penetrasi teknologi di Indonesia memang sudah cukup maju. Bahkan untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia masuk dalam jajaran atas negara yang sudah menerapkan #teknologi dalam berbagai bidang.

Salah satu wujud penerapan teknologi yang ada di Indonesia adalah munculnya kota cerdas berbasis teknologi atau yang umum disebut dengan smart city. Smart city menjadi salah satu agenda besar setiap daerah baik perkotaan maupun lingkungan luas di seluruh nusantara.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang yang belum lama ini menjalin kerjasama dengan sejumlah bank besar untuk mewujudkan konsep smart city. Lewat adanya fasilitas keuangan digital yang diberi nama Kartu Semarang Hebat, pemkot Semarang berharap nantinya teknologi terapan ini bisa memberikan manfaat lebih bagi masyarakat asli kota lumpia tersebut.




Tentang Kartu Semarang Hebat

Jika ditilik kembali, Semarang memang bukan satu-satunya kota di Indonesia yang sudah mulai menerapkan konsep smart city. Sebelumnya sudah ada kota lain yang bahkan telah selangkah lebih maju dalam upaya mencapai tatanan kota pintar.

Namun tentunya, usaha pemkot Semarang lewat adanya Kartu Semarang Hebat tetap patut diapresiasi. Kartu Semarang Hebat ini merupakan program terbaru dari pemerintah setempat utamanya memiliki fungsi sebagai fasilitas transaksi keuangan.

Artikel lain: Lapor Sleman ~ Aplikasi Mobile Untuk Dukung Sleman Menuju Smart Regency

Namun yang menarik, kabarnya Kartu Semarang Hebat ini tidak hanya memiliki fungsi terbatas pada keperluan keuangan. Nantinya, Kartu Semarang Hebat juga bisa dimanfaatkan untuk beragam fungsi lain seperti kartu identitas, absensi bahkan keanggotaan untuk berbagai organisasi.

Kerjasama Dengan Perusahaan Perbankan

Untuk mewujudkan keinginan memiliki fasilitas keuangan berbasis digital tentu Pemerintah Kota Semarang memerlukan dukungan teknologi serta infrastruktur yang memadai. Untuk itu, kerjasama pun dijalin dengan 2 perusahaan perbankan besar yakni PT Bank Negara Indonesia atau BNI serta PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng.




Disampaikan langsung oleh Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI, Adi Sulistyowati, konsep Kartu Semarang Hebat yang sedang digagas merupakan konsep baru yang bahkan belum pernah diterapkan sebelumnya di kota lain. Mengenai wujud dari kartu tersebut, Adi menyatakan bahwa kartu ini akan berupa Kartu Semarang Hebat Co Branding Prepaid Tapcash Bank Jateng dengan issuing BNI.

Mengenai fungsi, Kartu Semarang Hebat secara umum dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai channel. Tidak hanya digunakan sebagai kartu debit, kartu Semarang Hebat juga mampu menjadi alat transaksi di berbagai merchant penjual yang telah bekerjasama. Untuk penarikan ATM, kartu ini juga bisa digunakan di seluruh ATM Bank BNI baik yang berada di Indonesia maupun di luar negeri.

Yang menarik, bagi pemegang Kartu Semarang Hebat yang berstatus sebagai pemilik usaha bisa lebih diuntungkan karena kartu ini juga terkoneksi langsung sebagai sarana transaksi pemasaran online e-commerce Semarang Creative Gallery. Tidak hanya itu, untuk pembayaran tagihan mulai dari tagihan air PDAM, Pajak Bumi dan Bangunan serta beberapa jenis pajak lain juga bisa di jalankan melalui kartu multifungsi ini.

Lebih luas lagi, Kartu Semarang Hebat ternyata dapat digunakan untuk pembayaran sewa rumah susun serta keperluan transportasi seperti pembayaran bus Trans Semarang, membayar tol, parkir dan lainnya.

Baca juga: ATCS Lalin Semarang ~ Aplikasi Mobile “Anti Macet” Bagi Warga Semarang

Rencana Pengembangan

Meskipun saat ini sudah memiliki konsep yang tertata dengan baik, namun tentunya baik dari pihak Pemkot Semarang maupun bank pendukung, terus berkeinginan untuk mengembangkan fungsi serta sinergi kegunaan Kartu Semarang Hebat. Oleh karena itu yang ingin diwujudkan adalah fasilitas transfer melalui ATM mau EDC untuk Bank BNI serta Bank JATENG, disamping juga melakukan program collection layanan publik.

Dengan adanya program semacam ini, diharapkan bisa semakin mendukung segera terwujudnya Cashless Society atau trend penggunaan uang digital di masyarakat.

“Kerja sama Kartu Semarang Hebat ini juga sebagai bentuk dukungan aktif terhadap program Pemerintah dalam membentuk Cashless Society di Kota Semarang,” jelas Adi Sulistyowati.

Mewujudkan konsep smart city di Indonesia tentu sangat bermanfaat tidak hanya bagi perkembangan sebuah kota namun juga peningkatan taraf hidup masyarakat. Adanya bantuan fasilitas teknologi yang lebih canggih tentu akan mempermudah masyarakat untuk lebih mengembangkan diri baik itu dalam sisi usaha maupun kreativitas personal.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Sangat bermanfaat tapi ada isu yang punya rekening akan di kenai pajak ? Apakah kartu ini yang bisa buat transaksi mewajibkan buka rekening bang max?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud