Peluncuran Layanan Musik Facebook, Seperti Apakah Perkembangannya Saat Ini?

Image dari Compusiciannews.com

Image dari Compusiciannews.com

Setelah merilis logo barunya, #media sosial Facebook dikabarkan akan meluncurkan layanan musik. Kabar ini makin menguat dan tak terbantahkan saat Facebook melakukan pembicaraan dengan setidaknya tiga label musik terkenal, yakni Sony Music Entertainment, Universal Music dan Warner Music Group.

Meski masih belum jelas konsep yang akan diusung, apakah akan berbentuk layanan streaming atau video musik, kabar ini tentu saja membuat para penggunanya penasaran dan ingin terus mengikuti perkembangannya.

Setelah #Apple resmi terjun ke bisnis streaming musik melalui Apple Music pada bulan lalu, Facebook yang saya ketahui selalu berambisi memperbesar bisnisnya pastinya tak akan ragu untuk merambah  bisnis layanan musik.

Lalu pertanyaan penting yang muncul dari kabar ini adalah seperti apakah wujud sebenarnya dari layanan musik facebook ini nantinya? Hal ini memang poin yang banyak membuat berita tersebut simpang siur. Jadi seperti apakah kabar perkembangan layanan musik facebook saat ini? Berikut ulasannya.

Perkembangan Layanan Musik 

Sebagai catatan, perkembangan di bidang layanan musik memang sudah sangat populer. Penyedia layanan musik asal Swedia, Spotify misalnya saat ini telah berhasil menghimpun 75 juta pengguna. Jika dikelola dengan baik, angka tersebut tentu saja akan sangat menjanjikan dari sisi komersial.




Beberapa perusahaan besar seperti Apple, #Google dan Microsoft pun telah ikut merambah layanan musik ini. Mereka menjajaki kerjasama dengan label rekaman besar agar nantinya tak tersandung soal hak cipta.

Artikel lain: Facebook Luncurkan Fitur Pengepul Berita “Instant Article”, Apa Sasarannya?

Layanan Video Musik Semakin Menguat

Dari banyak isu dan kabar berita yang bermunculan, sepertinya layanan musik yang akan diluncurkan facebok diprediski kuat akan mengarah pada layanan video musik. Meski sekali lagi hal ini belum bisa dipastikan seratus persen, namun fitur video musik ini hanya tinggal mencari formula terbaiknya.

Salah satu sumber lain membeberkan, fitur video akan berperan banyak di layanan musik milik #Facebook nantinya. Facebook dikatakan akan melakukan satu hal yang “unik” dengan video tersebut. Namun, masih belum jelas akan seperti apa nantinya implementasi dari video “unik” tersebut.

Tujuan Diluncurkannya Layanan Musik Facebook

Kabar peluncuran layanan musik Facebook ini diduga lantaran meningkatnya jumlah penonton video via Facebook. Tujuan Facebook dalam layanan musik ini sendiri menurut beberapa pengamat adalah keinginan Facebook untuk membuat penggunanya bertahan selama mungkin di situs jejaring sosial tersebut.




Di Amerika layanan musik memang telah membuat penggunanya menghabiskan waktunya rata-rata selama 40 menit dalam satu hari.  Dengan adanya fitur musik ini, facebook mengharapkan bahwa penggunanya akan bisa lebih “lengket” lagi dengan jejaring sosial kreasi Mark Zuckerberg tersebut. Dan terakhir, tentu saja iklan dari layanan ini akan menjadi incaran Facebook yang sangat menguntungkan.

Kesepakatan Dengan Pihak Label

Dalam menjalin kerjasama dengan pihak label rekaman, Facebook dikabarkan akan berbagi pendapatan dari iklan yang ada di video. Pembagian pendapatan ini pun dijanjikan oleh facebook akan lebih baik dari yang telah dilakukan YouTube.

Pihak perusahaanpun akan berusaha keras untuk mencegah konten-koten yang tidak sah tampil di layanan baru itu nanti. Rencana Facebook ini dinilai akan membuat persaingan dengan Google semakin ketat. Seperti diketahui Google telah meraup sukses dengan layanan video miliknya, #YouTube.

Baca juga: Facebook Payment, Fitur Pembayaran Inovatif via Facebook Messenger

Kabar yang Dibantah? Belum Tentu Juga

Saat kabar layanan musik oleh Facebook ini terasa sangat kental dan santer terdengar, tiba-tiba muncul berita bahwa pihak Facebook telah menyangkal kabar peluncuran layanan musik tersebut. Dalam kabar penyangkalan yang dikatakan oleh seorang juru bicara Facebook pada laman The Verge menyatakan bahwa pihaknya belum akan menyediakan layanan musik “streaming” dalam waktu dekat ini.

Mereka mengaku Facebook sendiri tengah disibukkan dengan rencana untuk menghadirkan hal lain yang lebih menarik dan unik bagi kalangan pengguna #aplikasi ini di seluruh dunia. Meski muncul kabar penyangkalan dari pihak facebook, namun banyak pengamat yang memprediksi bahwa hal ini hanya diundur dan menunggu waktu saja. Facebook yang selalu ingin memperluas ekspansi bisnisnya, tentu saja ditaksir akan masih tertarik dengan potensi besar yang akan didapat dari layanan musik ini.



1 comment on this postSubmit yours
  1. facebook memang makin maju terus..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud