Beranda Bisnis 15+ Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

15+ Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

peluang-usaha-sampingan

Peluang usaha sampingan – Seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, suatu saat mereka pasti ingin memiliki bisnis sendiri. Memang, menjadi seorang karyawan (apalagi kalau posisinya bagus dan bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang besar) adalah sebuah kebanggaan tersendiri karena dia memiliki penghasilan rutin setiap bulan, jadwal kerja yang teratur, jaminan kesehatan dari perusahaannya, dan juga memiliki nilai prestise yang tinggi.

Ini adalah impian dari sebagian besar orang yang bekerja di perusahaan orang lain. Namun, tentunya tidak semua orang akan memiliki peluang yang sama seperti yang di dapatkan oleh orang lain, bahkan terkadang ada faktor X yang membut karir seseorang terhambat walaupun dia telah bekerja keras dalam bekerja di sebuah perusahaan.

Bekerja di sebuah perusahaan memberikan keuntungan di satu sisi, yaitu adanya jaminan kesehatan dari perusahaan, gaji yang pasti setiap bulannya, jenjang karir, dan beberapa kelebihan lainnya. Namun di sisi lain, ada juga kekurangan menjadi seorang karyawan kantoran, seperti; peluang karir karyawan yang terbatas, adanya resiko dipecat bila tidak bekerja maksimal, merasa gaji tidak sesuai dengan beban kerja, waktu yang habis di kantor, dan mereka yang bekerja di kantoran sering merasa buntu dan jenuh dengan segala rutinitas mereka sebagai karyawan. Banyak dari antara mereka yang memutuskan untuk keluar dari zona nyaman mereka di kantor untuk memulai sesuatu yang baru dan penuh tantangan.

Nah, itulah yang menyebabkan banyak karyawan yang mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha sampingan yang ada di sekitarnya. Kebanyakan dari mereka bisa menjalankan usaha sampingan tersebut sambil tetap bekerja di kantor, tapi banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk menjadikan bisnis sampingan tadi menjadi sumber penghasilan utama mereka. Tidak jarang juga karyawan yang meninggalkan dunia kerja kantora demi untuk fokus pada bisnis mereka yang memang menunjukkan potensi yang sangat baik.

Ketika kita bicara tentang peluang usaha sampingan, maka akan ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kita manfaatkan yang ternyata ada di sekitar kita. Seringkali kita tidak menyadari peluang bisnis sampingan ini karena kita terlalu fokus pada pekerjaan di kantor. Bila Anda adalah seorang karyawan dan mencari peluang bisnis sampingan maka Anda perlu memperhatihkan peluang bisnis di bawah ini.

Artikel terkait: Peluang usaha dengan modal kecil

I. Memanfaatkan Hobby Sebagai Usaha Sampingan

Ada banyak sekali orang yang sukses menjalankan usaha yang dimulai dari hobby. Keuntungan yang di dapatkan dari usaha ini juga terbilang cukup besar. Apa saja jenis hobby yang bisa jadi peluang usaha sampingan?

1. Hobby Memancing

Sudah tidak heran lagi bahwa ada banyak sekali laki-laki yang suka memancing ikan, baik itu ikan tawar ataupun ikan laut.  Kalau Anda memiliki hobby memancing, kenapa tidak mencoba menjalankan usaha sampingan dengan memanfaatkan hobby Anda ini?

Seseorang yang memiliki hobby memancing – mungkin Anda – pasti memiliki pengetahuan yang cukup tentang tehnik dan cara memancing yang baik, dan juga mengetahui peralatan memancing yang dibutuhkan. Manfaatkan ini sebagai peluang usaha, bagaimana caranya?

Anda bisa menyediakan peralatan alat pancing dan memasarkannya pada teman-teman Anda yang memiliki hobby yang sama. Tapi tentunya ini akan membutuhkan modal. Kalau Anda tidak mempunyai modal yang cukup, Anda bisa menjual keahlian Anda dalam memancing pada peng-hobby pancing yang masih pemula. Berikan training cara memancing yang baik pada mereka dan saran-saran terbaik yang Anda miliki.

Tentu saja Anda harus memiliki keahlian khusus dalam memancing. Bila Anda ingin menjual kemampuan memancing Anda secara online, maka menjual eBook cara memancing adalah cara terbaik dan termurah. Media online dapat menjangkau banyak orang dan ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual produk eBook yang Anda buat.

2. Hobby Memasak

Biasanya ini dilakoni oleh para wanita, namun tidak menutup kemungkinan dijalankan juga oleh para pria karena banyak pria yang memiliki kemampuan dalam memasak. Memiliki hobby memasak adalah salah satu hobby yang menyenangkan karena berhubungan dan rasa makanan yang dibuat. Selain menyenangkan, hobby memasak juga bisa dijadikan peluang usaha sampingan bagi karyawan yang memiliki keahlian dalam memasak, bagaimana caranya?

Dengan kemampuan memasak yang Anda miliki, Anda bisa menjalankan usaha warung makan, katering, atau menjual kue-kue buatan Anda. Setahu saya, usaha makanan memiliki potensi bisnis yang sangat baik karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Untuk menjalankan usaha makanan ini tentunya Anda membutuhkan modal yang cukup agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan maksimal.

Nah, bila Anda tidak memiliki modal untuk membuat usaha makanan, Anda masih memiliki peluang usaha sampingan dari kemampuan Anda tersebut, yaitu dengan menjual eBook. Buatlah eBook tentang masakan atau kue-kue dengan resep khas dari Anda, dan proses penjualan secara online bisa dengan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, atau bisa juga melaui blog pribadi Anda.

Sebenarnya masih banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan hobby. Silahkan menjelajahi hobby Anda, perhatikan apakah Anda bisa memanfaatkannya menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

II. Memanfaatkan Keahlian atau Keterampilan Sebagai Usaha Sampingan

Masing-masing orang pasti mempunyai keahlian dan keterampilan yang berbeda-beda. Alangkah baiknya bila kita memanfaatkan keahlian dan keteramlilan kita itu menjadi peluang usaha sampingan. Selain kita bisa membantu orang lain yang ingin mempelajari keahlian yang kita miliki, kita juga bisa menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Apa saja keahlian dan keterampilan yang bisa dijual?

1. Keahlian Membuat Website/ Blog (web developer)

Ini adalah salah satu keahlian yang memiliki potensi bisnis yang sangat besar. Saat ini semakin banyak para pelaku bisnis ataupun perorangan yang ingin memiliki website atau blog tapi mereka tidak memiliki keahlian untuk membuatnya. Tentu saja ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber, harga jasa untuk membuat sebuah website/ blog sangat beragam, yaitu berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 100 juta per website. Untuk harganya, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan Anda dan desain website yang Anda kerjakan. Jika Anda tertarik menjadi web developer, silahkan baca artikel ini.

Artikel terkait: Peluang usaha rumahan

2. Keahlian Bermain Alat Musik

Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki kemampuan dalam bermain musik, bahkan mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk belajar musik dari orang lain. Salah satu orang yang memanfaatkan keahlian dalam bermain musik adalah saya. Saya sangat menyukai alat musik gitar dan cukup ahli dalam memainkannya. Waktu masih kuliah, saya pernah memberikan les private belajar bermain gitar pada mahasiswa lain dengan biaya yang menurut saya lumayan besar. Anda mungkin memiliki keahlian pada alat musik lain, misalnya seperti piano, terompet, drum, bass, dan lain-lain, manfaatkanlah keahlian Anda itu menjadi peluang usaha sampingan yang bisa memberikan keuntungan buat Anda.

Masih banyak jenis keahlian lain yang bisa kita manfaatkan. Namun sebelum kita menjalankan peluang usaha sampingan tersebut, pastikan bahwa Anda memang seorang yang cukup mahir dalam bidang tersebut.

III. Memanfaatkan Internet Untuk Pemasaran Bisnis

Sebaik apapun sebuah bisnis, tetap harus didukung oleh pemasaran yang baik. Internet adalah salah satu media pemasaran yang sangat efektif saat ini karena kita bisa memasarkan produk apapun melalui internet. Beberapa bisnis yang saat ini go online diantaranya:

1. Bisnis MLM Online

Dulu bisnis MLM banyak dijalankan secara offline. Saya juga pernah melakukannya, dan saya gagal. Namun, sejak bisnis MLM dijalankan secara online, proses pemasaran menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Dan kemudahan ini juga yang saya rasakan ketika berbisnis MLM online. Baca ulasan saya di artikel ini. Seorang karyawan atau bahkan seorang ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis MLM online tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya.

Baca juga: Ide bisnis untuk ibu rumah tangga

2. Pemasaran Bisnis Makanan Secara Online

Pemasaran via internet memang luar biasa, hal inilah yang disadari oleh para pengusaha makanan seperti Mie Ayam Grobakan, Tahu Jeletot Taisi, Angkringan Nasi Kucing 78, Radja Pizza, dan masih banyak usaha makanan lainnya. Sistem waralaba yang mereka tawarkan secara online ternyata cukup banyak peminatnya sehingga membuat bisnis mereka semakin berkembang.

Selain yang disebutkan di atas sebenarnya masih sangat banyak peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh seorang karyawan yang ingin memiliki usaha sendiri. Namun, perlu kita ingat bahwa ini adalah bisnis sampingan, sebaiknya jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai pekerja kantoran.

Bila Anda memang ingin fokus pada usaha Anda tersebut dan ingin meninggalkan pekerjaan lama Anda, maka Anda harus memperhitungkan semua kemungkinan yang bisa terjadi. Bisnis itu tidak selalu berjalan dengan mulus walaupun kita telah bekerja keras menjalankannya, jadi Anda harus mempersiapkan segalanya sebelum mengambil keputusan.

Demikianlah artikel tentang peluang usaha sampingan untuk karyawan, semoga bisa memberikan inspirasi bagi pembaca blog ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, salam sukses buat Anda :)

125 KOMENTAR

  1. Sy saat ini bekerja sebagai karyawan namun, memiliki usaha sampingan jual beli benih lele, bila ada rekan2 yg berminat membuat usaha pembesaran lele khususnya daerah Jabodetabek, sy bisa menjadi supplier benih lele anda.

    Semoga sukses,

  2. maya gustariaji

    saya juga punya kantor kedua selain kantor utama saya,yaitu bisnis sampingan hee..alhamdulilah hanya dengan bermodal kecil sekali & kerjanya ga ribet karna bisa online & offline,saya bisa dapat penghasilan tambahan bisa untuk keperluan si baby malah lebih.
    more info atau yang mau ikut dengan bisnis saya silahkan add pin saya 3279DD48 / 08888611172.trimakasih.

  3. sy cuman bis ngetik aja 10jeeeer, n service komputer. tp susah jadi uangnnya

  4. Pak,atau mas ,maff saya lg cari usaha sampingan,gak tau apa itu hobyy semua hampir suka,pelihara burung juga,apa mungkin ssya bisa dapat usaha sampingan ,tnlng infonya mks

  5. ARIF WITJAKSONO

    Usaha yang cocok untuk karyawan adalah usaha yang dijalankan di sela sela jam kerjaan atau di luar jam kerja. Namanya usaha sampingan .. jadi sifatnya tidak ada jam kantor. Bisa dikerjakan ssiang hari, malam, paadawaktu bangun tidur, waktu akan jam bwrangkat kantor dan lainnya..

    • Perkenalkan usaha seperti diatas sepertinya ada di trantiket.com.Peluang usaha sampingan tiekting baik tiket pasawat,kereta dan voucher hotel.Jk berminat bisa dipelajaridi web diatas terima kasih

  6. luar biasa dahsyat..klo kita berfikir positif pasti ada hasil y..

  7. Saya sudah coba usaha sampingan online. Memang tidak luar biasa untungnya tapi lumayanlah bisa nambahin gajian untuk beli susu si dedek. Trims ya infonya. Salam sukses!

  8. Seperti yg saya lakukan :) sy seneng bget berselancar didumay :D dan sekarang punya bisnis online sendiri dehh, kerjanya jg gampang banget lg, yg lg cari peluang bebisnis bs invite pin sy ya 53e0cacc. Thx

  9. Saya bisa bikin kue. Sp tau ada yg mau les. Atau belajar

  10. Mantapp.. secara garis besarnya ada 3 jenis dan masing2 jenis tersebut ada contohnya.. kereenn pembahasannya

  11. Usaha apapun diluar kerja pokok. Namanya sampingan.asal fokus dan serius bisa jadi mata air duit kita. Bisa offline/online sdh saya siapkan web nya gratis buat anda.halal.hub 7eacae1d

  12. Baru tau kalo hobi bisa dijadikan pekerjaan

  13. Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan

    Dari tahun ketahun selama berlangsung,mencari uang semakin hari semakin sulit.Banyak orang yang putus asa lalu prustasi karena tidak menemukan solusi yang bisa memecahkan masalah keuangnnya.Dari mulai melamar kerja selalu ditolak dengan berbagai alasan hingga membangun bisnis yang selalu jatuh bangun tanpa ada kejelasan.Itulah fenomena yang sering melanda kebanyakan masyarakat Indonesia.

    Usaha sampingan,apapun bentuknya seolah menjadi oase ditengah padang pasir yang tandus.

    Artikel Anda sangat menarik.Dan sangat penting untuk terapkan.
    Terima kasih.

  14. Terima Kasih Refrensinya cukup membatu saya dalam mencari usaha yang akan saya jalan kan nantinya..

  15. Mas,sya mau tanya?gimana ya caranya agar keahlian sya ini bisa dijadikan usaha sampingan (keahlian saya yaitu mengoperasikan forklift sesuai dgn SOP/K3 tentang forklift berbagai jenis forklift dan cara perawatannya.mungkin itu aja pertanyaan sya.trrimakasih mas mohon solusinya

    • Bekerja Dari Rumah

      Mas Giar, mungkin Anda bisa membuat panduan tentang cara mengendarai forklift sesuai SOP/K3, cara merawat forklift, dll

  16. assalamualaikum,.. saya menyediakan cara bisnis sampingan di internet dsana akn diajarkan dengan detail ,, hingga mendapatkankan hasil jutaan rupiah..
    kunjungi yahh

  17. usaha modal kecil

    Bisnis MLM sangat cocok untuk kerja sampingan, karena dengan modal yang kecil menghasilkan pasif income yang besar, apalagi sekarang pemasaran MLM bisa secara online, hanya saja perlu disiplin dalam menjalankannya, dan bisa membagi waktu dengan tugas pekerjaan di kantor.

  18. Saya mantan karyawan salah satu bank besar, demi usaha ternak lele yg sekarang saya tekuni itu alasan mengapa saya nekat keluar dari kerjaan, cuma masalahnya selain ternaknya ada ga sisi bisnis dari ikan lele?

    • Coba jual ikan lele asap mas..

  19. Pengalaman saya biasanya kalau ada kerjaan di luar jadwal itu yang bikin pusing, sementara karo kerjaan sampingan di tinggal juga susah, nah bagaimana menindaklanjuti hal tersebut ketika terjadi benturan waktu.

    • Yang past harus ada manajemen waktu yang baik mas, kalau ada modal bisa bayar karyawan. Tiap orang memang harus mengerti kelebihan dan kekurangan masing-masing, setelah itu baru bisa mengembil langkah yang tepat untuk usaha sampingannya :)

  20. Agesti Wulandari

    Mas max,, artikelnya sangat bermanfaat.. Saya pengen sekali mempunyai bisnis sampingan di lain saya sebagai karyawan.tapi masih bingung peluang bisnis yang mau d tekuni dalam bidang apa..

    • Bisnis online sepertinya cocok buat para karyawan, lebih fleksible dan biayanya lebih murah. Tinggal memilih bisnis online seperti apa yang mau dijalankan mba. Ada banyak tipe bisnis online; blogging for money, Toko online, MLM Online, dan lain-lain.

  21. terimakasih atas ilmu – ilmunya. Websitenya njenengan menjadi rujukan utama saya dalam menentukan keputusan dan tentunya ada banyak ilmu yang saya terapkan dari artikel saudara.

  22. Kalau saya mau bisnis online sambil kerja kayaknya nggak mungkin karena kerjaan utama saja udah nggak kepegang…….akhirnya saya resign buat fokus di online saja yang lebih menjanjikan…..

    • Kadang memang harus memilih antara kerjaan kantor atau bisnis, pengalaman saya sama dengan Anda :-) Sukses ya bisnis Souvenir lucu nya :)

  23. kerja sampingan

    terima kasih,artikelnya sangat menarik,saya akan coba salah satu idenya

Tinggalkan Balasan