Manfaatkan Peluang Usaha Kuliner di Bulan Ramadhan, Inilah Rekomendasi Menu Idaman

Peluang Usaha Kuliner di Bulan Ramadhan

Image dari Rockingmama.id

Peluang usaha kuliner di bulan Ramadhan ~ Memasuki akhir bulan Mei 2017, umat muslim di seluruh dunia secara serentak juga memasuki masa yang sangat dinanti yakni bulan Ramadhan. Di bulan ini, umat muslim menjalankan ibadah puasa serta beberapa kegiatan lain yang lekat hubungannya dengan bulan Ramadhan.

Membicarakan sisi lain dari bulan Ramadhan, tentu tidak sedikit orang yang kemudian tertarik untuk mengembangkan usaha yang potensial di bulan Ramadhan. Salah satunya dengan membuka usaha kuliner dadakan.

Bukan tanpa alasan, karena membuka #usaha kuliner utamanya untuk menu berbuka puasa memiliki potensi yang sangat besar terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan padat penduduk dan kota besar. Bagi rekan-rekan yang memiliki ketertarikan untuk membuka usaha menu berbuka puasa atau sedang mencari rekomendasi menu yang pas, berikut beberapa ide yang bisa Anda terapkan.

1. Menu Camilan Berbahan Kurma

Kurma adalah salah satu buah yang memiliki kandungan gizi tinggi dan sangat tepat untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang berpuasa. Selain itu, diakui atau tidak kurma menjadi salah satu bagian identik dari bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, seringkali orang mencari jajanan atau camilan dengan bahan kurma untuk menu berbuka puasa. Inilah yang bisa dimanfaatkan. Kita bisa menjual menu kurma baik dalam bentuk asli atau belum diolah maupun produk olahannya.

Artikel lain: Tips Cerdas Memilih Kemasan Makanan Yang Aman Untuk Bisnis Kuliner

Beberapa contoh produk olahan yang sedang populer antara lain es krim kurma, coklat kurma, hingga kue kering dengan taburan kurma. Anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat dan mulai mendapatkan keuntungan dari menu manis legit tersebut.

2. Minuman Kolak Segar

Pada daftar kedua, yang menjadi menu khas Ramadhan adalah kolak. Minuman pelepas dahaga yang satu ini, diminati karena beberapa alasan. Selain rasanya yang segar dan manis, isian kolak nyatanya juga sangat beragam serta bisa disesuaikan dengan keinginan.




Sebagai rekomendasi jika ingin menjual produk kolak, akan lebih baik jika kita mengkreasikan terlebih dahulu kolak tersebut agar lebih cantik dan menarik untuk dijual. Kita bisa menambahkan bahan isian lain, atau variasi rasa kuah kolak tersebut.

3. Jajanan Gorengan

Mungkin menu yang satu ini tidak hanya digemari di bulan Ramadhan, namun juga di bulan-bulan lainnya. Namun khusus untuk bulan puasa, semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli jajanan gorengan untuk menu berbuka atau kegiatan lain selepas berbuka.

Kelebihan dari membuka usaha jajanan gorengan adalah kita bisa menyesuaikan beragam bahan dasar dari gorengan tersebut. Namun umumnya, gorengan yang banyak dijual antara lain tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, tahu isi, dan beberapa menu lain.

Yang perlu diperhatikan adalah, kita juga tidak boleh mengesampingkan kualitas cari produk yang dijual. Terutama untuk penggunaan minyak, diakui atau tidak suka banyak penjual gorengan yang tidak memperhatikan kualitas minyak yang digunakan. Akan lebih baik jika kita, mengatur intensitas penggunaan minyak agar kualitas gorengan juga tetap terjaga dan sehat bagi konsumen.

4. Cilok Dan Bakso Bakar

Jika ingin membuka usaha yang tidak biasa, cilok dan bakso bakar bisa menjadi menu pilihan. Jika kebanyakan stand takjil berbuka puasa menjual produk seperti minuman atau lauk dan sayur, kita bisa menjual jajanan yang murah seperti cilok dan bakso bakar ini.

Bahkan, jika kita menargetkan konsumen anak-anak, menu tersebut secara umum jauh lebih digemari dan cepat untuk terjual habis. Kita bisa melakukan modifikasi dari cilok dan bakso bakar dengan tambahan saus ataupun bentuk dari produk tersebut.

5. Es Pisang Ijo

Setelah menahan haus dan lapar selama beberapa jam, mengkonsumsi sesuatu yang manis dan dingin tentu menjadi pelepas dahaga yang luar biasa nikmat. Oleh karena itu rekomendasi terakhir yang bisa diberikan adalah dengan menjual menu es pisang ijo.

Baca juga: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Kelebihan dari menu ini adalah, selain cukup mudah dalam proses pembuatan, es pisang ijo juga sudah dikenal oleh segala lapisan masyarakat. Dari situ, kita bisa lebih mudah untuk menjual produk tersebut mulai di kawasan perkotaan bahkan hingga pedesaan.

Itulah beberapa rekomendasi menu takjil berbuka puasa yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha kuliner di bulan Ramadhan. Selain potensial, kita juga bisa mengkombinasikan menu-menu tersebut untuk semakin meningkatkan potensi keuntungan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Puasa gini ngomongin makanan jadi pingin lapar… Btw, ide bisnis kulinernya boleh juga tuh dicoba. Jadi usaha sampingan di bulan ramadhan pasti laris. Kalau tak laku, setidaknya bisa dikonsumsi sendiri atau dikirim ke mushalla untuk hidangan penyegar berbuka puasa.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud