Pelajari 3 Hal Sebelum Melakukan Pemasaran untuk Generasi Z

Pelajari 3 Hal Sebelum Melakukan Pemasaran untuk Generasi Z

generasi z

Sudah kenalan dengan era generasi Z?

Saat ini perkembangan generasi ke generasi bisa dikelompokkan berdasarkan kebiasaan dan keberadaan #teknologi saat generasi tersebud dilahirkan. Generasi Z adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang lahir pada periode 1995 hingga 2010. Perlakuan yang dibutuhkan generasi Z tentu berbeda dengan generasi pendahulunya, termasuk dalam hal upaya pemasaran.

Ada beberapa hal mendasar yang harus kita perhatikan sebelum melakukan upaya pemasaran yang ditujukan pada generasi Z. Setidaknya 3 hal ini harus kita pelajari supaya proses pemasaran bagi generasi Z kian menarik dan tampak sempurna :

1. Penggunaan Media Sosial Secara Efektif

Generasi Z adalah generasi modern yang sangat cerdas secara teknologi. Penelitian yang dilakukan terhadap generasi Z menunjukkan kalau 93% dari generasi Z aktif mengakses Youtube setidaknya setiap 1 minggu sekali. Tidak cuma #Youtube, penggunaan media sosial lainnya seperti Twitter, Google+ dan Instagram juga tergolong tinggi. Sehingga hal ini menjadi suatu pedoman bagi kita untuk memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin didukung dengan konten-konten yang menarik dan belum pernah ada sebelumnya.

Sepertinya konten berformat audio visual adalah hal yang sangat menarik bagi generasi Z. Sehingga akses #media sosial secara mobile semakin meningkat seiring dengan keberadaan generasi Z. Salah satu contoh brand yang mampu memanfaatkan media sosial adalah retailer clothing dengan merek Supreme. Dengan menggunakan Snapchat, berbagai produk-produk limited edition bisa dipromosikan secara menarik sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Artikel lain: Siasat Cerdas Mengatasi Perilaku Generasi Millenial Di Lingkungan Kerja

2. Memberdayakan Generasi Z untuk Melakukan Sesuatu dengan Mandiri

Generasi Z bisa digambarkan sebagai kelompok generasi yang mandiri. Kemandirian inilah yang membuat generasi Z tertarik pada segala sesuatu yang bisa mereka lakukan sendiri tanpa harus bergantung pada pihak lain.

Misalnya saja, perkembangan komunitas online sebagai forum belajar kini kian marak dan diminati oleh generasi Z. Bukan hanya itu saja, penjualan #video-video tutorial juga menunjukkan kalau generasi Z bisa tumbuh secara mandiri dengan melakukan eksplorasi terhadap dirinya sendiri.

Generasi modern yang satu ini terbiasa untuk mengikuti passion dan berkeinginan untuk menghasilkan sesuatu dari hobinya. Sehingga mengasah sisi hobi dan minat dari generasi Z akan menjadi suatu strategi pemasaran yang sangat efektif.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan konsep #waralaba. Mereka yang merasa senang menjalankan bisnis secara mandiri tentu merasa lebih dilibatkan melalui implementasi konsep waralaba daripada harus menginvestasikan dana dan mendapatkan pemasukan secara pasif.

3. Menggunakan Metode Pemasaran Cross Platform

Kebiasaan generasi Z dalam melakukan penelusuran digital secara teliti membuat metode pemasaran bagi generasi ini juga harus segera disiapkan dengan baik. Brand tertentu yang sedang menjadi incaran generasi Z akan ditelusuri latar belakangnya secara detail sebelum generasi ini memutuskan untuk mempercayai brand tersebut dan membeli produknya.

Dengan demikian, teknik cross platform atau promosi lintas platform adalah langkah efektif untuk menarik minat generasi Z. Taktik yang digunakan untuk menarik minat pelanggan dari generasi ini mungkin berbeda, tapi informasi yang disampaikan harus tetap konsisten agar tampak meyakinkan.

Baca juga: Mengenal Manusia Generasi Y dan Cara Memaksimalkan Potensinya

Mengelola testimoni yang diberikan oleh para pelanggan lainnya juga bisa menjadi salah satu bukti yang meyakinkan sang generasi Z dalam mempercayai suatu brand. Karena kini opini yang terbentuk melalui media sosial punya peran yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan suatu bisnis. Kepuasan yang diperoleh oleh generasi Z tidak jarang membawa mereka untuk terlibat aktif dalam membantu perkembangan brand kita secara lebih luas lagi.

Beda generasi, tentu saja beda pula #startegi pemasaran bisnisnya. Generasi yang kini berkembang di tengah pesatnya kemajuan teknologi membuat kita lebih kreatif memanfaatkan teknologi. Dari kreativitas tersebut, meraih popularitas yang mengagumkan tentu tidak lagi jadi hal yang mustahil. Sekarang adalah waktu yang tepat bagi kita untuk mulai menyelami kepribadian sang generasi Z yang serba canggih.

1 KOMENTAR

  1. sangat canggih…,tak lupa para generasi kelahiran tahun 80-90 yg juga menerapkan pemasaran canggih ini hasilnya pasti bumi dan langit..,terjun ke pemasaran online dan media sosial saja..sudah menumbuh pesatkan sektor pemasaran produk kita..

Tinggalkan Balasan