Pelajar Axioo Class Program Wakili Indonesia Tebar Ilmu Coding Di Thailand

Pelajar Axioo Class Program Wakili Indonesia Tebar Ilmu Coding Di Thailand

Axioo Class Program
Image dari Sinyal.co.id

Sebuah prestasi yang membanggakan tentunya karena beberapa siswa SMK dari Axioo Class Program, belum lama ini telah mewakili Indonesia sebagai mentor dalam sebuah pelatihan ilmu coding di negeri Thailand. Lebih membanggakan lagi karena, ternyata peserta yang mengikuti pelatihan tersebut di Thailand tidak hanya para siswa namun juga guru di beberapa sekolah.

Para pelajar yang berasal dari SMK Medikacom Bandung tersebut, memang telah terpilih dari sekian banyak siswa dengan kemampuan yang tinggi dalam hal coding dan juga IT. Informasi selengkapnya telah kami rangkum dalam artikel di bawah.

Pelatihan Coding Diikuti 25 Politeknik Thailand

Beberapa pelajar dari SMK Medikacom Bandung yang telah bekerjasama dan menjadi salah satu sekolah binaan Axioo Class Program, beberapa waktu yang lalu mengunjungi Thailand untuk keperluan pelatihan coding yang diikuti oleh beberapa instansi pendidikan. Setidaknya ada 25 politeknik di Thailand yang mengirimkan para mahasiswa serta dosen untuk mengikuti pelatihan yang berlangsung selama 5 hari tersebut.

Dalam pelatihan tersebut, para anak muda yang tergabung dalam tim Axioo Class Program dan SMK Medikacom, secara bergantian menjalankan program pelatihan yang tentunya bertujuan untuk berbagi ilmu dengan para peserta di negari gajah putih tersebut.

Artikel lain: Irendra Radjawali ~ Pembuat Drone Murah Asal Malang dengan Berbagai Prestasi dan Pencapaian

Kerjasama dengan pihak Thailand sendiri, dapat berlangsung dengan baik berkat adanya upaya dari salah satu sekolah tinggi yakni Thonburi Commercial College bersama dengan Kementerian Pendidikan Thailand serta pastinya SMK Medikacom Bandung. Tidak hanya para siswa terpilih yang menjadi pembawa materi dalam pelatih coding serta IT tersebut, beberapa guru dari Indonesia juga turut mengikuti program di Thailand yang dijalankan selama 2 minggu, untuk memantau proses berjalannya pelatihan.

Kerjasama Positif di Bidang Pendidikan Teknologi

Di balik terselenggaranya pelatihan coding ini, sebelumnya ternyata telah terjalin lebih dahulu kerjasama antara Thonburi Commercial College dengan SMK Medikacom. Hampir dua tahun belakangan, sekolah tinggi Thonburi telah mengirim beberapa mahasiswa dan juga dosen untuk menggali ilmu di SMK favorit di kawasan Bandung tersebut.

Disampaikan oleh salah satu peserta pelatihan yakni Chonthisha, dosen dari Samutprakan Polytechnic College, ia menilai bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa namun juga dosen dan pengajar yang ada di Thailand untuk mengembangkan keilmuan terkait dengan coding dan teknologi digital. Dia juga merasakan manfaat yang besar karena bisa mendapatkan materi yang aplikatif namun tetap mudah di pahami.

“Hari ini saya menghadiri pelatihan Android. Pelatih mengajarkan bagaimana caranya menyelesaikan masalah games blocks dengan MIT AppInventor. Materi dan penyampaiannya sangat menarik karenanya saya akan menerapkan pelajaran ini di kelas saya,” ucap Chonthisha.

Tingkat Kualitas Pendidikan IT Di Indonesia

Disampaikan oleh Direktur Axioo Class Program, Timmy Theopelus, bahwa pelatihan yang berhasil dijalankan dengan baik antara pihak Axioo dengan SMK Medikacom Bandung menjadi bukti bahwa Indonesia mempunyai kualitas pendidik yang bahkan unggul di kawasan Asia. Jika dibandingkan dengan beberapa negara di Asia Tenggara saja, Indonesia telah memiliki taraf pendidikan dan juga pelatihan IT yang cukup tinggi dan dapat menjadi percontohan bagi negara lain.

“Semoga apa yang dilakukan oleh Axioo melalui Axioo Class Program ini dapat menunjukkan ke mata dunia bahwa dunia pendidikan di Indonesia dapat berdiri tegak mewakili Asia,” ujar Timmy.

Terkait dengan Axioo Class Program sendiri, program yang satu ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruaan di bidang teknologi dan informasi yang ada di Indonesia. Beberapa dari sekolah tersebut disaring untuk mendapat beberapa siswa terpilih yang dibina secara khusus.

Baca juga: Tyovan Ari Widagdo ~ Pahit Manis Perjuangan Membangun Karir Bisnis Teknologi

Nantinya yang menjadi tujuan dari program ini adalah untuk menjembatani antara tingginya kebutuhan kerja para lulusan SMK dengan kebutuhan perusahaan teknologi akan tenaga siap kerja. Berafiliasi dengan beberapa industri IT besar seperti Intel, Seagate, Mikrotik, ACTI, Microsoft dan lain sebagainya, diharapkan Axioo Class Program dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan juga penyerapan tenaga kerja profesional di Indonesia.

Hasil kerjasama semacam ini memang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak hanya di satu negara namun juga dengan negara lain. Adanya transfer ilmu antar kebudayaan, menjadi sebuah wadah yang unik dan positif terkait pengembangan keilmuan dan teknologi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan