Pebisnis Online Wajib Tahu! Inilah Kriteria Produk Online yang Menguntungkan

Image dari Patrickmitsuing.com

Image dari Patrickmitsuing.com

Dalam berbisnis apapun itu termasuk bisnis online Anda tak boleh sembarangan memilih barang yang akan dijual. Terutama untuk bisnis online yang belum sepenuhnya mendapat kepercayaan dan respon positif dari masyarakat, tentu Anda harus lebih berhati-hati dalam menentukan produk yang akan Anda jual.

Penentuan produk ini jelas sesuatu yang penting yang bisa menentukan masa depan Anda di bisnis online. Dengan produk yang tepat Anda akan berpeluang besar mendapatkan keuntungan yang besar, namun sebaliknya jika Anda salah memilih produk, bisa saja Anda akan rugi dan kemudian gulung tikar.

Produk yang tidak tepat memang bisa saja mengantarkan pebisnis tersebut mengalami gagal total, karena saat produk yang dijualnya ternyata tidak laku dan tidak bisa bersaing dipasaran jelas hal ini bisa membuat kerugian usaha yang besar atau kebangkrutan. Lalu seperti apakah kriteria produk yang tepat untuk dijual dalam bisnis online? Berikut ulasannya.

1. Memiliki Banyak Peminat

Kriteria pertama yang harus ada pada produk online adalah memiliki banyak peminat. Semakin banyak peminat atau jumlah permintaan pada sebuah produk, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan. Namun jika produk yang akan Anda jual merupakan produk yang sedikit peminat, maka akan terasa sulit bagi Anda untuk bisa cepat mengembangkan usaha.

Beberapa barang kebutuhan pokok manusia seperti sandang, papan dan pangan merupakan pilihan yang sangat mungkin dan pasti memiliki peminat yang selalu tinggi. Namun bukan berarti Anda harus memilih produk ini, karena saat ini kebutuhan dasar manusia cenderung berkembang pada produk-produk lainnya, sebut saja pulsa, internet bahkan mungkin kendaraan.




Artikel lain: 5 Ide Produk Kuliner yang Potensial Dijadikan Bisnis Online

2. Punya Persaingan yang Tidak Terlalu Ketat

Jika peminat sudah Anda dapatkan, maka hal berikutnya yang perlu Anda cermati adalah persaingan. Ya, sangat pasti produk-produk yang banyak peminat akan memilki pesaing usaha yang banyak. Maka dari itu jangan terjebak hanya pada jumlah peminat yang tinggi. Cobalah juga Anda melihat tingkat persaingan yang ada pada produk tersebut.

Karena semakin banyak pesaing yang ada pada produk yang akan Anda jual, maka akan semakin sulit pula Anda akan cepat berkembang. Namun jika produk yang Anda miliki memiliki peminat yang banyak dan juga punya persaingan yang tidak begitu ketat, maka Anda selangkah lebih maju untuk cepat memperoleh keuntungan dan kesuksesan usaha online.

3. Bukan Produk Online Musiman

Satu faktor yang perlu Anda waspadai dari produk online yang akan Anda jual yaitu sifat dari produk itu sendiri, apakah musiman atau tidak. Pastikan jangan menjual produk yang bersifat musiman. Meskipun Anda akan untung banyak disuatu periode, namun Anda sangat mungkin mengalami penurunan omzet yang sangat drastis saat periode itu berlalu.

Maka cobalah mencari, memilih dan menjual produk online yang tidak tergantung pada musim. Dengan tidak bergantung pada musim, maka pendapatan Anda pun akan berpeluang terus mengalir disepanjang hari dan waktu.




4. Unik dan Tidak Mudah Ditemukan

Hal berikutnya yang perlu ada pada karakteristik produk online yang Anda jual adalah unik dan tidak mudah ditemukan ditempat lain. Saat produk Anda memiliki keunikan atau mungkin langka, maka toko online Anda akan mendapatkan tempat tersendiri dimata konsumen.

Karena saat mereka mencari di tempat lain, ia tidak mendapatkan barang tersebut kecuali di toko online Anda. Inilah kehebatan barang yang unik yang mampu mendapatkan tempat tersendiri di mata konsumen.

5. Harga Tidak Melebihi atau Membebani Ongkos Kirim

Sangat aneh jika Anda menjual barang yang harga ongkos kirimnya lebih mahal dari harga barangnya sendiri. Apalagi jika bisnis online Anda memang tidak membebankan ongkos kirim pada konsumen. Hal ini jelas akan membuat kerugian yang cukup tinggi bagi usaha Anda. Harga barang yang juga ternyata membebani atau membuat besarnya biaya ongkos kirim juga harus Anda cermati.

Baca juga: Ini Contoh Produk Online yang Bakal Dicari Sepanjang Masa

6. Lulus Sertifikasi

Terakhir, hal yang perlu ada pada beberapa produk online tertentu seperti makanan dan minuman yang akan Anda jual adalah lulus sertifikasi. Ya, jangan sampai produk yang Anda jual membuat orang enggan membeli. Hal-hal seperti sertifikat halal dan sertifikat kesehatan mungkin harus segera Anda urus jika tidak mau produk Anda menumuk digudang karena pembelian yang kurang.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Sepertinya kriteria tersebut semua ada di bisnis parfum FM by Federico Mahora, ayo kalau rekan rekan ingin mengetahui mengenai bisnis ini. saya sudah empat tahun full online jualan parfum FM. meluncur ke website saya ya…

  2. Kebetulan ada rencana mau berjualan juga.. Toko hampir jadi, tetapi masalahnya suplier cukup sulit dicari.
    Ada juga sih toko fisik yang menawarkan ke saya untuk jualan baju masa kini dengan harga yang WOW! saya masih pending untuk kerja sama, karena saya takut membuat harga dropshipnya walaupun masih 5% yang ditambah harganya makin selangit..
    Mau cari toko online takut yang dikirim entar batu bata! Haha

  3. Setuju dengan poin diatas, produk yg gampang dijual dan banyak peminat…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud