Password Alert Chrome Extention ~ Fitur Anti Phising Terbaru Dari Google Crome

Password Alert Chrome Extention ~ Fitur Anti Phising Terbaru Dari Google Crome

Password Alert Chrome Extention 1

Internet memang canggih. Hanya dengan sentuhan jari saja, kita bisa mengakses banyak informasi yang kita butuhkan dari mana saja. Secanggih apapun #teknologi yang sedag berkembang, teknologi tersebut tentu memiliki sisi negatif yang bisa merugikan kita kalau kia tidak berhati-hati. Salah satunya adalah tindak phishing.

Apa itu Phishing?

Phishing adalah suatu keadaan ketika individu, perusahaan atau organisasi yang sah bisa memperoleh informasi yang sifatnya privasi dari akun kita. Informasi yang sifatnya privasi tersebut bisa berupa password, PIN atau akun kartu kredit. Para pelaku phishing bisa saja mengatasnamakan #Google saat mengirim #email pada kita.

Selanjutnya, para pelaku phishing bisa memanfaatkan nama Google untuk memancing kita memasuki situs-situs berbahaya kemudian memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Artikel lain: Fitur Ini Akan Memaksimalkan Browser Google Chrome

Bagaimana Cara Mencegah Phishing?

Google sudah berupaya menghadirkan solusi untuk mencegah dan meminimalkan tindakan phising yang merugikan nama baik Google dan merugikan para pengguna Google. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan ekstensi bernama Password Alert Chrome Extention.

Password Alert Chrome Extention memiliki 2 tujuan utama yaitu mencegah penggunaan password Google pada situs yang berbahaya sekaligus melindungi data-data pribad kita agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab yang melakukan upaya phishing. Cara ini dianggap efektif untuk mempertahankan kredibilitas Google sebagai salah satu penyedia layanan teknologi terbaik di dunia.

Prinsip Kerja Password Alert Chrome Extention

Prinsip kerja Password Alert Chrome Extention sebenarnya sangat sederhana. Ekstensi ini akan memastikan kalau kita memasukkan informasi pada halaman akun Google yang asli. Saat kita memasukkan informasi privat pada situs yang dianggap berbahaya, maka Password Alert Chrome Extention akan segera memperingatkan hal tersebut. Sehingga kita bisa meminimalkan kemungkinan phishing yang dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab.

Saat kita hendak memasukkan password atau informasi lainnya pada situs berbahaya, maka ekstensi Password Alert Chrome Extention akan memperingatkan dengan pesan “Your Gmail password was just exposed to a non-Gmail Page”. Pesan yang berfungsi sebagai peringatan ini akan terus muncul selama kita mengetik password. Pesan tersebut juga akan memuat pilihan untuk melakukan reset password atau menolak masuk ke situs tersebut (ignore this time atau always ignore for this website).

Bagaimana Cara Mendapatkan Password Alert Chrome Extention?

Cara untuk mendapatkan ekstensi Password Alert Chrome Extention cukup mudah, yakni dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut :

  • Pertama, kita bisa mengunduh Password Alert Chrome Extention secara gratis dari Chrome Web Store.
  • Password Alert Chrome Extention yang sudah diunduh akan meminta kita untuk melakukan login dengan memasukkan username dan password.
  • Setelah kita berhasil mengaktifkan ekstensi Password Alert Chrome Extention, maka ekstensi tersebut akan terus memantau aktivitas ketika kita memasukkan password Google.

Baca juga: Google Meluncurkan E-commerce Bernama Google Store

Dimana Password Alert Chrome Extention Akan Muncul?

Setelah berhasil diaktifkan, Password Alert Chrome Extention akan memberikan peringatan di semua situs yang kita buka, selain situs Google. Kalau kita yakin bahwa situs yang kita buka adalah situs yang aman dan terpercaya, maka kita bisa memilih igore pada peringatan yang diberikan ekstensi tersebut. Dengan demikian, kita tetap bisa mengakses berbagai situs yang kita inginkan secara leluasa tanpa harus terganggu dengan peringatan dari Password Alert Chrome Extention.

Jangan tunggu sampai kita menjadi korban cybercrime untuk menggunakan fasilitas keamanan yang disiapkan oleh Google. Karena sebagai pengguna #internet yang cerdas, kita wajib memproteksi diri dari serangan cybercrime yang kian marak dan kian canggih di internet. Jadilah pengguna internet yang cerdas supaya bisa menikmati manfaat positif internet secara maksimal.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan