PasangMata ~ Media Berkonsep Citizen Journalism Dengan Misi Sosial Lingkungan

Image dari Blogdetik.com

Image dari Blogdetik.com

Apa yang akan Anda lakukan bila lingkungan disekitar Anda tiba-tiba berubah buruk dan tidak membuat nyaman Anda? Bisa saja Anda akan tergerak untuk membuat perubahan. Tapi sayangnya tidak sedikit dari orang yang ternyata tidak mau ambil pusing atau cuek pada apa yang sedang terjadi di lingkungannya tersebut.

Rasa cuek dan acuh tak acuh orang terhadap lingkungan ternyata bukan  hanya karena berasal rasa dari dalam diri orang itu sendiri. Namun rasa cuek ini bisa jadi berasal dari faktor eksternal seperti  tidak adanya reward atau tidak adanya sarana atau media untuk bisa membuat gerakan.

Saat ini media atau sarana dalam bentuk online ataupun offline memang sangat penting bagi seseorang untuk setidaknya memulai sebuah gerakan atau tindakan pada lingkungannya. Apalagi saat ini media online sangat memberikan warna tersendiri dalam menempatkan sebuah pergerakan pada posisi yang penting. Dengan mengetikkan kode tagar (hashtag) tertentu, sebuah gerakan di media online bisa jadi akan menjadi massif untuk menciptakan perubahan.

Artikel lain: GandengTangan, Startup Untuk Membantu Para Pengusaha Sosial

Salah satu sarana gerakan di media online untuk menciptakan lingkungan menjadi lebih baik itu adalah PasangMata. Dengan konsep citizen journalism, PasangMata tentunya akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang peduli dengan lingkungannya. Lalu seperti apakah media yang merupakan produk dari detikcom ini sebenarnya? Berikut ulasannya.




Sekilas Tentang PasangMata

PasangMata sendiri adalah sebuah media yang memiliki 4 platform utama yaitu website, mobile site, android apps dan iOS apps. Dari keempat platform tersebut #Android merupakan platform yang menjadi pilihan terbanyak penggunanya. Sedangkan untuk produk utama dari PasangMata ini sendiri adalah adanya fitur sharing dengan konsep citizen journalism.

Dengan fitur ini maka penggunanya bisa mengunggah berbagai macam peristiwa dan kejengkelan-kejengkelan diatas dalam bentuk foto, video dan artikel teks untuk kemudian dibagikan kepada pengguna PasangMata lainnya.

Bagaimana jika kita tidak mendapatkan bahan keluhan untuk di-sharing? Tenang saja di PasangMata, Anda juga bisa membagi hal-hal unik yang Ada temui di jalan dengan mencantumkan hastag #YangUnik. Tema lain yang bisa dibagi yaitu #OrangPinggiran untuk kontribusi orang-orang yang penuh keterbatasan namun menginspirasi dan #wisata, #TamanKota dan masih banyak lagi lainnya.

Pada #aplikasi mobile PasangMata yang baru, terdapat fitur berupa “Peta di Sekitar Anda”. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengetahui berbagai kontribusi yang berlokasi di sekitar tempatnya berada pada jarak jangkuan kontribusi mulai dari 1 km hingga 20 km.

Kelebihan Layanan 

Kehadiran PasangMata dalam media online ini memiliki keutamaan tersendiri dibading platform sejenis. Pasalnya PasangMata akan memberikan peluang kepada penggunanya yang memiliki konstribusi yang baik untuk dapat digunakan dan dijadikan sebagai berita oleh detikcom. Detikcom sendiri sudah dikenal sebagai media online terbaik di negeri ini. Dan sampai saat ini sudah ada beberapa kontribusi dari para pengguna PasangMata yang telah berhasil menjadi berita utama di detikcom.




Meski media online dengan konsep citizen journalism telah banyak bermunculan, namun PasangMata sepertinya menjadi media yang paing tepat untuk meyelesaikan permasalahan lingkungan. Jadi tidak hanya melaporkan, PasangMata juga akan menawarkan solusi dari dari permasalahan yang dikeluhkan tersebut. Beberapa problematika perkotaan menjadi terselesaikan setelah diangkat ke PasangMata, seperti contohnya penanganan fasilitas umum yang rusak dan peristiwa kebakaran di wilayah Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Dengan ini semua maka PasangMata akan menjadi salah satu pilihan yang efektif untuk pengguna yang ingin melaporkan peristiwa-peristiwa penting dan berbagai isu perkotaan. Karena dengan peluangnya diangkat sebagai berita, exposure untuk penanganan terhadap suatu isu atau peristiwa menjadi meningkat.

Baca juga: NoLimit, Startup Situs Monitoring Media Sosial Kreasi Anak Bangsa

Fitur Reward yang Unik

Setiap kontribusi memang wajar bila diganjar dengan reward. Dengan menggunakan PasangMata, Anda bisa mendapatkan reward berupa poin dari setiap hasil kontribusi yang diberikan. Jadi semakin banyak kontribusi yang diberikan maka akan semakin banyak pula poin yang dapat diraih dan dikumpulkan untuk dapat juga ditukarkan menjadi berbagai item yang menarik seperti #smartphone, voucher belanja, t-shirt dan lainnya. Penukaran poin dapat dilakukan melalui detikRewards (http://rewards.detik.com).

Itulah platform PasangMata dengan segala fitur dan keunggulanya. Jika Anda tertarik, maka tidak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi PasangMata atau berkunjung ke websitenya. Setelah itu Anda sudah mulai ikut aktif untuk berkontribusi dan membuat lingkungan sekitar Anda menjadi lebih baik.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud