Panduan Umum Menjalankan Marketing Produk Secara Sederhana

Panduan Umum Menjalankan Marketing Produk Secara Sederhana

Image dari Tweakyourbiz.com
Image dari Tweakyourbiz.com

Menjual produk atau jasa bukanlah perkara yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tak ayal kemudian banyak perusahaan yang sangat mengandalkan bidang penjualan ini pada seorang marketing yang mumpuni.

Bidang penjualan memang sektor yang paling krusial bagi sebuah bisnis dan perusahaan. Tanpa adanya penjualan yang baik, maka mustahil bisnis akan tumbuh dan berkembang meski sektor produksi dan manajemen telah berjalan dengan baik. Maka dari itu marketing produk atau pemasaran selalu akan terus menjadi fokus sebuah bisnis dan perusahaan di sepanjang waktu.

Untuk menjalankan pemasaran yang baik, seorang marketing tentu harus terus belajar dan mengupdate ilmu tentang seluk beluk pemasaran yang terus berkembang ini. Namun jika seorang marketing masih dalam tahap awal memulai, beberapa tips jitu pemasaran sederhana berikut ini bisa menjadi landasan bagi para tenaga pemasaran untuk bisa menjalankan marketing produk dengan baik dan sukses.

1. Pahami dan Mengerti Customer Anda

Tips pertama dalam menjalankan marketing produk secara sederhana adalah dengan memahami dan mengerti customer Anda. Customer atau konsumen memang orang yang harus Anda pahami dan mengerti keinginan dan kebutuhannya. Dengan memahami dan mengerti para pembeli Anda dengan baik maka para marketing akan berpeluang besar untuk mendapatkan hati mereka untuk terus membeli dan berlangganan pada Anda.

Artikel lain: 3 Tips Pemasaran Yang Bisa Membuat Konsumen Terpesona

2. Lakukan Observasi Lingkungan

Selain bergerak mencari konsumen, ada satu hal yang perlu dilakukan marketing di lapangan yaitu melakukan observasi lingkungan. Kenapa harus melakukan observasi? Salah satu alasan yang penting untuk Anda melakukan observasi adalah adanya perubahan pasar yang pasti selalu ada.

Perubahan inilah yang harus Anda antisipasi. Bisa saja produk dan #strategi marketing yang sekarang laris manis akan menjadi tidak laku jika kondisi pasar mengalami perubahan.  Maka dari itu sebagai seorang marketing, Anda harus selalu rutin melakukan observasi pasar guna bisa selalu sukses dalam pemasaran yang Anda jalankan.

3. Pastikan Anda Bekerja Secara Halus dan Efisien

Menjadi seorang marketing, pekerjaan Anda akan memiliki perbedaan dengan pekerjaan yang lain. Karena Anda akan melayani konsumen, maka Anda harus memastikan pekerjaan berlangsung secara halus dan efisien.

Hal-hal seperti pengiriman cepat, perlakukan customer dengan sopan, senyuman, kenyamanan adalah sesuatu yang harus Anda pastikan dirasakan oleh para konsumen Anda. Dengan pekerjaan yang halus dan efisien ini, konsumen akan merasa puas. Dan jika konsumen sudah merasakan kepuasan, Anda tinggal menunggu mereka terus membeli produk yang Anda jual.

4. Rancang Target Iklan dan Komunikasi Pelanggan

Iklan memang banyak dijadikan jurus andalan oleh banyak marketing dalam usahanya menarik perhatian konsumen. Namun ada hal yang perlu Anda ingat dalam hal iklan ini. Anda boleh-boleh saja melakukan cara iklan ini asal Anda harus menjalankannya dengan serius dan tidak setengah-setengah.

Mengapa demikian? Ini karena iklan yang Anda tujukan ke konsumen sangat mungkin bukan menjadi iklan pertama bagi mereka pada hari itu. Dalam sehari konsumen memang akan disajikan puluhan bahkan ratusan iklan. Dari sinilah Anda harus membuat iklan yang serius. Caranya Anda bisa membuat rancangan target iklan dan juga mengkomunikasikannya kepada para pelanggan Anda.

5. Marketing Produk Membutuhkan Perencanaan Matang

Berikutnya, tips jitu untuk menjalankan marketing produk secara sederhana adalah dengan merancang dan menuliskan segala rencana pemasaran yang akan Anda jalankan. Banyak sekali marketing yang memang melupakan hal yang satu ini.

Ujug-ujug merasa sudah ahli, mereka melupakan poin rancangan dan penulisan rencana atau strategi pemasaran. Hasilnya dibeberapa waktu yang krusial mereka akan merasa kebingungan dalam langkah-langkah starteginya karena mereka hanya mengandalkan ingatan belaka.

Baca juga: 4 Langkah Menyusun Business Plan Yang Baik

6. Memiliki Strategi Harga

Terakhir, tips jitu untuk pemasaran dengan konsep sederhana adalah dengan menjalankan strategi harga yang efektif. Harga memang akan selalu menjadi sesuatu yang sensitif bagi konsumen. Karena  itulah, sebagai marketing, Anda harus mampu membuat harga yang seefektif mungkin yang bisa menguntungkan buat Anda dan juga tak merugikan untuk kosumen Anda.

Jangan hanya menetapkan harga berdasarkan biaya produksi ditambah margin untuk mendapatkan banyak keuntungan. Lebih dari itu cobalah membuat harga yang fleksibel namun bisa mendatangkan pembelian yang banyak dan tahan lama.

Ini akan jauh lebih efektif jika dibandingkan Anda menetapkan harga untuk mendapatkan keuntungan besar namun hanya berlaku pada waktu yang sesaat atau jangka pendek.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan