Panduan Mengejar Deadline Tugas Bisnis yang Mendesak

deadline tugas

Dalam dunia bisnis tak jarang kita dihadapkan pada kondisi dimana harus menyelesaikan tugas bisnis dalam tenggat waktu tertentu.

Masalah akan timbul ketika kita merasa bahwa deadline tugas tersebut terlalu sempit.  Lalu apakah kita harus menyerah? Tentu tidak. Kita harus tetap yakin dan berusaha semaksimal mungkin mengerjakan tugas tersebut. Dengan waktu yang disediakan, pasti akan timbul masalah atau rintangan dalam menyelesaikannya, namun yang pasti tugas tetap harus dan wajib diselesaikan.

Dalam mengejar deadline tugas, ada beberapa hal yang harus kita perhatian. Diantaranya bagaimana kiat mulai menata kembali prioritas waktu dengan mendahulukan hal yang lebih penting. Lalu apa sajakah yang harus kita lakukan saat dikejar deadline tugas? Berikut beberapa tipsnya.

1. Kerjakan Step by Step

Tips yang pertama adalah mengerjakan tugas tersebut tahap demi tahap. Sesuai dengan apa yang sudah disampaikan di atas, kita harus mempunyai skala prioritas tentang apa-apa saja yang akan kita lakukan.

Terlebih jika deadline tugas yang menanti kita ada lebih dari satu tugas, maka kerjakanlah dulu yang jauh lebih penting. Berikan perhatian lebih pada  tugas tersebut dan jangan dikerjakan setengah-setengah. Dalam hal ini jangan mencoba mengerjakan lebih dari satu tugas dalam satu waktu. Selain hasilnya tidak maksimal, secara psikologis tugas yang kita hadapi tersebut  juga akan terasa lebih berat.

Dalam kasus lain, jika dealine tugas tersebut berhubungan dengan order yang dilakukan oleh pelanggan. Cobalah mencari solusi dengan mengatur order pelanggan mana yang belum terlalu mendesak. Namun bukan berarti mengabaikan konsumen yang lain, kita tetap harus mampu memenuhi semua pesanan dengan sebaik-baiknya.

Artikel lain: Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan Bisnis Dengan Cara Ini

2. Memastikan Tetap Sesuai Rencana

Setelah tips pertama dilakukan, harusnya Anda telah mempunyai serangkaian rencana tentang apa apa saja yang harus dilakukan berserta tahapannya. Tugas selanjutnya adalah memastikan rencana tersebut tetap berjalan.

Saat mendapatkan masalah atau kendala pada satu tahap, dengan cekatan segera selesaikan masalah tersebut. Jangan sampai satu masalah itu merembet hingga merusak keseluruhan rencana yang telah kita buat. Salah satu caranya yakni menyiapkan rencana cadangan.

Rencana cadangan bisa dalam bentuk bantuan dari orang lain atau menyelesaikan dengan cara lain. Sebagai contoh ketika mempunyai proyek besar memenuhi pesanan dalam jumlah banyak. Tiba-tiba salah satu bahan utama habis, maka langsung saja berkonsultasi dengan pelanggan untuk altenatif perubahan bahan yang bisa digunakan. Namun tetap pastikan pada pelanggan  bahwa hal tersebut tidak mengurangi kualitas layanan yang Anda berikan.




Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Agar Karyawan Bekerja Lebih Maksimal

3. Buang Kegiatan yang Tidak Perlu

Masih terkait dengan poin pertama, ketika kita menyadari ada sebuah kegiatan atau keperluan yang tidak perlu, maka tunda atau jangan lakukan hal tersebut terlebih dahulu. Beberapa contoh  tindakan yang tidak perlu adalah berdiam diri tanpa mengerjakan apa-apa hingga merasa perlu pergi menghidari tugas tersebut sementara waktu.

Pada kenyataannya, ketika kita mencoba menghindar dan saat kembali beban tugas tersebut akan terasa jauh lebih berat. Tanamkan dalam fikiran kita bahwa deadline tugas tersebut dapat tercapai hanya jika Anda mengerjakannya mulai saat ini juga. Jangan biarkan fikiran Anda berpaling meski hanya sesaat pada hal hal yang tidak diperlukan.

Kuncinya tetap fokus dan menjalankan dengan sepenuh hati dapat meringankan beban tersebut.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika menghadapi deadline tugas yang mendesak. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mampu melakukan apa yang sudah menjadi tanggung jawab mereka. Padahal yang mereka perlukan hanya satu hal, mulai melangkah!



1 comment on this postSubmit yours
  1. sepertinya bisa di terapkan untuk tetap konsisten dalam merawat blog. hahahaha

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud