PajakApp, Startup Aplikasi Pengisian SPT Pajak Dalam Genggaman Tangan

Print

Melaporkan SPT atau Surat Pemberitahuan Pajak adalah sebuah kewajiban bagi warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat-syaratnya. Surat Pemberitahuan atau SPT pajak ini adalah sebuah surat yang digunakan seseorang yang sudah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk melaporkan perhitungan dan pembayaran pajaknya dimulai dari 1 Januari hingga 31 Maret setiap tahunnya. Namun sayang dalam prakteknya banyak dari para wajib #pajak ini kesulitan mengisi SPT dikarenakan kurangnya informasi pengetahuan cara mengisi SPT dan sulitnya perhitungan pajak.

Untuk mengatasi problematika pada pengisian SPT konvensional tersebut maka tim Raion Studio yang dipimpin Muchdlir Zauhariy Mahasiswa Berprestasi Nasional 2009 bersama Cahyana Ahmadjayadi, mantan Dirjen Aplikasi dan Telematika Kemenkominfo meluncurkan PajakApp: SPT 2014 PajakApp: SPT 2014 atau lebih dikenal dengan Pajak APP ini merupakan aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah proses pengisian SPT. Bagaimana tidak mudah, dengan PajakApp, wajib pajak hanya cukup menggerakkan jari-jarinya dalam genggaman ponsel pintarnya.

Kecanggihan dalam urusan pajak ini tentu menjadi kabar gembira bagi pemerintah dan wajib pajak dalam urusannya mengurus pajak. Lalu seperti apakah PajakApp kreasi Raion Studio ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Tampilan PajakApp

Dari segi tampilan atau interface, PajakApp memiliki tampilan antarmuka yang sederhana. Tampilan yang sederhana ini sendiri memang sengaja dibuat agar para pengguna dalam hal ini wajib pajak bisa mudah untuk melakukan pengisi SPT Pribadi Tahun Pajak. Sesaat membuka PajakApp, pengguna akan diberikan pilihan untuk masuk atau login menggunakan akun #Facebook atau Gmail.

Setelah masuk, pengguna akan diarahkan pada halaman pertama aplikasi dan ditampilkan pilihan “Home” dan “Upgrade”. Pada pilihan “Home”, Anda akan diarahkan pada infografis kelengkapan data SPT. Sedangkan pada tombol “Upgrade” pengguna akan diarahkan pada sistem aplikasi dalam hal pembaharuan dari tim pengembang dengan beberapa pilihan layanan dari gratis hingga berbayar.

Artikel lain: Pentingnya Pengetahuan Hukum Bagi Seorang Pengusaha

Cara Pengisian SPT via PajakApp

Prodesur pengisian pada PajakApp ini cukup mudah dan nyaman. Jadi pada saat Anda memilih tipe SPT pada PajakApp, Anda akan dipandu tahap demi tahap untuk mengisi laporan SPT. Pada tombol “Data SPT” Anda dapat memilih beberapa pilihan seperti informasi mengenai harta akhir tahun, kartu keluarga , biaya hidup serta hutang akhir tahun, formulir 1721-a1, kelengkapan diri dan penghasilan lainnya.

Pada infografis PajakApp inilah nantinya Anda akan diberitahu tentang persentase yang telah dihitung dalam pengsisian kelengkapan berkas untuk SPT pribadi. Setelah pengguna selesai mengisi datanya dengan lengkap, maka aplikasi ini akan mengirimkan e-file SPT Anda tadi melalui e mail. Dan SPT yang telah dikirim via #email ini adalah formulir SPT pribadi Anda yang telah siap dicetak kapan pun.

Dalam PajakApp sendiri tersedia dua jenis SPT pajak yaitu SPT 1770S untuk pendapatan tahunan lebih dari Rp 60 juta dan SPT 1770SS untuk pendapatan kurang dari Rp 60 juta. Dan Aplikasi yang sudah bisa didownload di Play Store sejak 1 Maret 2015 ini sangat bersahabat karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami semua kalangan.

Fitur Pada Aplikasi PajakApp

Dalam PajakApp terdapat fitur Logic Check yang berfungsi memeriksa dan memastikan pengguna telah mengisi semua data SPT dengan benar dan masuk logika. Dengan demikian wajib pajak akan terbantu meminimalisir resiko proses audit SPT yang dikarenakan pengisi SPT yang salah mengisi data sesuai kenyataan yang ada.

Selain fitur Logic Check, PajakApp juga mempunyai fitur berbayar yang terdapat pada halaman utama “Upgrade”. Pada fitur ini Anda akan diberi pilihan layanan #aplikasi dari mulai edisi gratis hingga berbayar dengan layanan premium.




Baca juga: Tips Memangkas Pengeluaran Bagi Bisnis Kecil Agar Tetap Bertahan

Rencana Dan Harapan Ke Depan

Untuk rencana kedepan, PajakApp ini akan diusahakan untuk bisa menghitung semua jenis pajak dalam kurun waktu satu tahun. Pengguna disini hanya akan mengisi SPT dan seteah SPT terisi, wajib pajak bisa mendownload formulir SPT-nya untuk kemudian dicetak dan dilaporkan pada kantor pajak.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pendapatan negara melalui pajak bisa meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat terhadap pajak dengan kemudahan yang didapat dari aplikasi PajakApp.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. sekarang semua usaha yg berkembang pasti tidak luput dari pajak

  2. owh hebatlah, syg ga pernah byar pajak lagi,he.pjak penghasilan jg bisa kah.

  3. Sekarang developer berlomba untuk membuat program yang bermanfaat

  4. makin canggih aja zaman sekarang :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud