Pahami Trik Berikut Ini Agar Mampu Bersaingan Dengan Ecommerce Besar

persaingan ecommerce

Seiring perkembangan ecommerce yang luar biasa pesat di tanah air, menuntut pelaku bisnis online untuk memutar otak lebih kencang lagi. Para pengusaha dengan modal besar kian hari kian agresif melakukan ekspansi pada bisnis online. Hal ini menimbulkan banyaknya #ecommerce raksasa bermunculan setiap waktu.

Persaingan bisnis online semakin ketat, apalagi bagi pebisnis dengan modal finansial yang minim tentu akan semakin berat. Jika Anda termasuk pebisnis online dengan modal finansial yang minim, jangan pernah takut menghadapi keadaan semacam ini. Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan bisnis online Anda untuk menghadapi persaingan dengan ecommerce raksasa.

Jadikan keadaan ini sebagai tantangan yang jika Anda bisa melewatinya tentu akan semakin membuat #bisnis online Anda berkembang. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi persaingan dengan ecommerce raksasa.

1. Tingkatkan Kualitas Layanan Pada Konsumen

Memang sulit menghadapi ecommerce dengan modal finansial yang melimpah, namun jangan salah masih ada celah yang bisa Anda masuki dalam mendapatkan hati para konsumen. Ecommerce raksasa dengan omzet yang tentunya sangat banyak, juga meningkatkan potensi ketidak puasan konsumen terhadap layanan dari mereka.

Bisa jadi konsumen tidak puas dengan lamanya pengiriman, kondisi barang yang tidak sesuai dan masih banyak lagi. Nah, celah ini harus bisa Anda manfaatkan untuk meraih konsumen. Maksimalkan kualitas layanan Anda pada konsumen dari sudut manapun.

Jika Anda ingin serius bersaing dengan ecommerce besar, maka fokuslah pada pelanggan dengan memberikan pelayanan ekstra pada mereka dari pada kompetitor. Umumnya yang paling disukai oleh konsumen adalah kemudahan akses baik melalui telepon, #email, dan apa saja yang bisa menghubungkan Anda dengan konsumen dengan mudah. Layanan fast respon dengan costumer service yang ramah dan menyenangkan bisa menjadi nilai plus pada bisnis online Anda.

Artikel lain: Tips Cara Jualan di Marketplace, Mari Bersaing di Keramaian

2. Lebih Cepat Lebih Baik

Kecepatan dan kegesitan pergerakan bisnis online Anda bisa menjadi senjata utama untuk bersaing dengan ecommerce raksasa. Jangan sampai Anda ketinggalan info – info terbaru mengenai produk bisnis online yang Anda kelola.

Caranya adalah dengan memanfaatkan feedback dari para pelanggan Anda, dapatkan informasi dari mereka sebanyak – banyaknya. Cara ini bisa sangat efektif jika perusahaan Anda memiliki hubungan yang hangat dengan para konsumen.

Artinya, jalinan komunikasi yang baik bisa sangat bermanfaat untuk menunjang pergerakan bisnis Anda. Teknis sederhananya adalah dengan merubah beberapa macam produk yang ada di situs Anda didasarkan pada masukan langsung dari konsumen setia. Kemudian optimalkan, jadwalkan cara ini secara teratur untuk bersaing dengan ecommerce raksasa.




3. Fokus Spesifikasi Produk Ecommerce

Spesifikasi produk bisnis online akan sangat membantu Anda dalam mengarungi persaingan dengan ecommerce besar yang lain. Dengan mengambil segmentasi pasar tertentu akan membuat Anda semakin fokus pada satu produk saja. Ini akan membuat bisnis online Anda semakin kuat dan mendapat pengakuan dan yang paling penting adalah branding Anda akan semakin berkibar.

Ini sangat penting, apalagi pada bisnis online yang masih dalam tahap startup atau masa pengembangan. Sangat berat sekali bersaing dengan #toko online besar secara finansial, namun jika dimulai dengan fokus pada produk yang spesifik akan membuat perjalanan bisnis online Anda tidak terlalu berat, meskipun juga tidak bisa dikatakan mudah.

Baca juga: Toko Online yang Sukses Tidak Akan Bersaing Dengan Harga!

4. Jadikan Bisnis Menjadi Bermanfaat Bagi Orang Lain

Ketika Anda merasa berat bersaing dengan pemilik ecommerce raksasa, menjalankan bisnis online sedikit berbeda dari yang lain bisa menjadi salah satu cara bersaing yang baik. Jadikan bisnis Anda menjadi berguna bagi orang lain, masyarakat atau siapa saja yang bisa Anda bantu.

Donasi amal dalam bentuk apapun akan sangat berkesan pada konsumen Anda. Tawaran amal biasanya sangat menarik bagi konsumen yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat berpikir tentang itu.

Misalnya dengan memberikan penawaran program santunan bencana alam untuk pembelian dengan nominal tertentu, atau bisa juga penanaman pohon, santunan anak yatim dan masih banyak lagi yang lain. Dengan semakin meningkatkan kebergunaan bisnis Anda terhadap orang lain, akan semakin membuat konsumen respek terhadap bisnis Anda. Dan ini mungkin masih jarang dilakukan oleh ecommerce besar yang ada.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Terima kasih pencerahannya…….

    • ok, sama – sama

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud