Orang Desa Bisa Kaya dari Bisnis Online, Ini 5 Contoh Bisnis Online...

Orang Desa Bisa Kaya dari Bisnis Online, Ini 5 Contoh Bisnis Online di Kampung

Orang Desa Bisa Kaya dari Bisnis Online
Ilustrasi bisnis online dari kampung

“Apa benar orang desa bisa kaya dari bisnis online, gimana caranya orang kampung bisa dapat uang dari internet”. Mungkin mereka yang skeptis akan berpikir seperti itu karena kurang informasi dan tidak tahu bahwa koneksi internet sudah bisa diakses di desa.

Faktanya, bisnis online bisa dilakoni oleh siapa saja tanpa memandang tempat, waktu, dan jenjang pendidikan, termasuk mereka yang tinggal di pedesaan. Syaratnya adalah Anda harus punya perangkat khusus (smartphone, komputer/ laptop), terhubung dengan internet, dan punya pengetahuan dasar tentang pemasaran online.

Jadi, mulai sekarang Anda jangan lagi memandang sebelah mata pada masyarakat di pedesaan. Tanpa kita sadari, mungkin saja penghasilan online orang kampung itu ternyata lebih besar dari penghasilan Anda yang tinggal di kota besar.

Nah, agar Anda tidak bertanya-tanya apakah orang desa bisa kaya dari bisnis online, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis online yang sudah terbukti bisa membuat orang di kampung lebih kaya dari Anda.

Berikut ini adalah 5 contoh bisnis online di kampung yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Bisnis Blogging ala Kampung Blogger

Bagi Anda yang belum pernah mendengar Kampung Blogger, Kampung Blogger adalah sebuah komunitas blogger yang ada di sebuah desa di Magelang, Jawa Tengah. Sumbodo Malik adalah pencetus komunitas blogger ini dan merupakan salah satu blogger Indonesia yang punya penghasilan besar dari Google Adsense.

Bagaimana Sumbodo Malik dan kawan-kawan menghasilkan uang dari internet? Mereka membangun banyak blog berbahasa Inggris dengan beragam topik, lalu memasang iklan Google Adsense di semua blog mereka tersebut.

Setiap tayangan dan klik iklan di blog mereka memberikan penghasilan dalam bentuk dollar. Penghasilan puluhan juta hingga ratusan juta sudah menjadi hal yang biasa bagi para anggota komunitas Kampung Blogger. Jadi, orang desa bisa kaya dari bisnis online dengan menjadi blogger profesional seperti komunitas Kampung Blogger.

Boleh dibilang bisnis blogging merupakan salah satu jenis usaha di desa secara online yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Namun, tentu saja Anda harus memenuhi syarat yang telah disebutkan di atas, yaitu punya perangkat khusus, koneksi internet, dan pengetahuan tentang dunia blogging yang memadai.

2. Jualan Online ala Kampung Marketer

Kampung Marketer sedikit berbeda dengan Kampung Blogger, namun pada dasarnya dua komunitas ini fokus berbisnis online dari desa. Bila Kampung Blogger menghasilkan uang dari program periklanan PPC Google Adsense, Kampung Marketer menghasilkan uang dari berjualan online.

Berjualan secara online merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini dan sepertinya tren ini akan berjalan dalam waktu yang lama. Pasalnya, cara belanja sebagian masyarakat Indonesia yang mengalami pergeseran ke dunia online juga telah mengubah tren berjualan, yaitu jualan secara online.

Pendiri komunitas ini adalah Nofi Bayu Darmawan, seorang internet marketer yang dulunya pernah bekerja kantoran di salah satu kementrian sebagai PNS. Ia memutuskan untuk resign dari kantornya karena ingin fokus berbisnis online.

Jadi, jika Anda saat ini berada di Purbalingga sebaiknya bergabung dengan komunitas yang dibangun oleh Nofi Bayu dan mulai belajar dan praktek berjualan online. Bagi Anda yang berada di daerah lainnya tentu masih bisa belajar jualan online karena ada cukup banyak website kursus bisnis online yang bisa diikuti dengan biaya terjangkau.

Baca juga: Saya Tinggalkan Pekerjaan Demi Fokus Menjadi Pengusaha, dan Ini Yang Terjadi

3. Menjual Hasil Pertanian di Desa Anda via Online

Banyak petani yang merasa kesulitan untuk memasarkan hasil pertanian mereka ke kota lain. Sebagus apapun hasil pertanian yang dihasilkan, bila tanpa pemasaran yang baik maka akan sulit menjualnya.

Untungnya Anda sekarang berada di era digital, dimana Anda bisa menjangkau lebih mudah orang-orang yang mencari hasil pertanian di desa dengan memanfaatkan internet. Memang tidak semua petani bisa menggunakan teknologi saat ini untuk pemasaran, tapi ini bisa dipelajari seiring berjalannya waktu.

Sembari mempelajari cara pemasaran online yang lebih efektif, Anda bisa langsung mulai memasarkan hasil pertanian di desa Anda dengan memanfaatkan marketplace. Beberapa marketplace pertanian yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan hasil pertanian di desa Anda diantaranya:

4. Menjual Berbagai Jasa dari Kampung Anda via Online

Selain menjadi publisher Google Adsense, jualan produk secara online, dan jualan hasil pertanian secara online, masih ada cara lain untuk menghasilkan uang via internet dari kampung Anda. Apakah Anda punya keahlian khusus yang dibutuhkan orang lain? Jika ya maka Anda bisa menjual jasa terkait keahlian tersebut secara online.

Lalu, keahlian apa saja yang sering dicari di internet?

Sebenarnya ada banyak sekali keahlian yang bisa kita jual secara online. Beberapa jasa yang paling sering dicari di internet diantaranya adalah:

  • Jasa penulis artikel
  • Jasa desain grafis
  • Pemasaran online (Google Adwords, Facebook Ads, Email marketing, SEO, dan lain-lain)
  • Jasa membuat dan mengelola website
  • Jasa membuat aplikasi smartphone
  • Keahlian membuat video animasi
  • Dan lain-lain

Jika Anda punya skill di bidang tertentu, maka mulailah menjualnya secara online. Manfaatkan berbagai marketplace (Sribulancer.com, Projects.co.id, Freelancer.co.id), media sosial, dan orum online, untuk memasarkan jasa yang Anda tawarkan.

5. Menjadi Artis YouTube walaupun Tinggal di Kampung

Sekarang ini menjadi orang terkenal di internet bukanlah hal yang mustahil dan mahal. Media sosial bisa menjadi sarana yang sangat efektif untuk bisa terkenal serta menghasilkan uang secara online, salah satunya adalah dengan memanfaatkan YouTube.

Anda bahkan bisa melakukannya tanpa harus meninggalkan kampung halaman Anda. Namun, tentu saja untuk menjadi orang terkenal dan menghasilkan uang dari YouTube bukanlah hal yang mudah. Anda harus bisa menciptakan konten video yang unik dan menarik secara rutin dan menarik banyak subscriber.

Konten video yang Anda buat bisa berhubungan dengan desa Anda. Misalnya desa Anda terkenal dengan keindahan dan hasil buminya, maka Anda bisa membuat video yang menarik tentang keindahan desa Anda tersebut.

Untuk bisa menjadi YouTuber yang sukses memang tidak mudah dan butuh waktu. Namun pada dasarnya hal ini bisa dilakukan walaupun Anda tinggal di desa.

Baca juga: 10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia

Dari penjelasan di atas, Anda pasti sudah punya gambaran dan sudah percaya bahwa orang desa bisa kaya dari bisnis online itu sangat mungkin. Sumbodo Malik dan Nofi Bayu Darmawan adalah dua orang yang telah membuktikan bahwa Anda yang tinggal di desa juga bisa kaya dari bisnis online.

5 KOMENTAR

  1. Bisa menjadi inapirasi walau di desa

  2. Masalah utama di desa adalah akses internet yang lelet, dan juga biaya pengiriman yang susah dan mahal.

  3. Hebat, saya gak kepikir. Tapi jaringan internet biasanya menjadi kendala di kampung mas.

  4. Satu lagi mas, menjual jasa wisata desa atau pariwisata yang ada di desa tersebut via online. Saya punya kawan yang sudah sukses dengan cara ini

  5. Usaha di pedesaan saya rasa memiliki peluang yang cukup besar, bahkan banyak yang bisa di mulai dari pertanian sampai perikanan. Salam sukses

Tinggalkan Balasan