Opini.id ~ Wadah Online Berbagai Pendapat dan Pandangan Masyarakat Indonesia

opini.id

Banyak sekali hal yang bisa kita peroleh jika kita rajin bertukar pendapat dengan orang-orang di sekeliling kita. Dari pendapat tersebut, kita bisa mempelajari pengetahuan baru dan pengalaman yang pernah dirasakan dan diketahui oleh orang lain. Jika dilakukan secara santun dan santai, berbagi pendapat bisa menjadi cara yang asyik untuk mengemukakan ide-ide dan inspirasi kita.

Sekarang berbagi pendapat bukan cuma bisa dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Karena kini ada #startup yang memfasilitasi proses pertukaran pendapat untuk masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan internet. Yuk kenalan dengan startup Opini.id lebih jauh lagi.

Memajukan Pola Pikir Masyarakat Indonesia

Opini.id digagas oleh Frandy W. Sugianto bersama beberapa rekannya yakni Indra Bigwanto, Mudhita Dharmasaputra dan Michael Wonosaputra. Startup baru ini dihadirkan untuk mengembangkan pola pikir masyarakat Indonesia agar lebih modern dan terbuka akan hal-hal baru. Untuk mewujudkan esensi tujuan tersebut, Opini.id dihadirkan sebagai platform yang menggabungkan konsep #media sosial dengan konsep media berita.

Artikel lain: Change.org – Media Petisi Online Terbesar di Dunia

Apa Saja yang Ada di Opini.id?

Kalau kita ingin menggunakan Opini.id, kita cukup melakukan registrasi dan memberikan sejumlah keterangan seperti nama, alamat email, password dan domisili. Setelah melakukan konfirmasi pendaftaran, Opini.id akan memberikan pilihan mengenai 3 topik yang paling kita sukai.




Pilihan topik yang diberikan Opini.id juga sangat bervariasi seperti Hipster Itu Asik, Kelakukan Aparat Kita, Realitas Jalan Raya, Balada Anggaran Bodong dan beragam topik lainnya. Penamaan topik-topik tersebut sengaja dibuat seunik mungkin untuk mengundang keingintahuan para pengguna Opini.id. Selanjutnya, topik yang kita pilih akan muncul pada halaman beranda dan bisa di follow dan di share oleh para pengguna Opini.id lainnya yang memilih topik yang sama.

Sedangkan untuk menjalankan fungsi media sosial, Opini.id memungkinkan kita untuk terhubung dengan pengguna lainnya untuk menjalin komunikasi yang interaktif. Para pengguna Opini.id bisa berinteraksi dengan cara mengajukan pertanyaan, memberikan pendapat, serta melakukan voting pada para pengguna Opini.id lainnya.

Tidak hanya sekedar bisa berbagi pendapat, Opini.id juga memiliki fitur yang membuat kita bisa berbagi gambar dan video. Tentu saja hal ini membuat suasana diskusi di Opini.id menjadi semakin menarik dan hidup.

Harapan Ke Depan Opini.id

Sejak dirilis pada Oktober 2014, Opini.id mengklaim sudah memiliki pengunjung unik yang jumlahnya mencapai 1.5 juta pengguna #internet setiap bulan. Meski jumlah pengunjung unik tersebut terbilang cukup banyak, namun jumlah opini yang disampaikan oleh para pengunjug tersebut ternyata masih minim. Banyaknya berita dan topik yang di posting oleh tim Opini.id belum mampu memikat ketertarikan para pengguna internet Indonesia untuk ikut memberikan pendapat dan berinteraksi.

Mengenai pelaksanaan teknis keuangan di Opini.id, Frandy menjelaskan bahwa Opini.id memiliki beberapa konsep monetisasi yakni space iklan, konten marketing dan proses riset. Konsep monetisasi ini diharapkan dapat mendukung perolehan pendapatan bagi proses operasional Opini.id. Dengan mengusung visi sebagai wadah berbagi opini untuk masyarakat Indonesia, Opini.id mengharapkan perkembangan masyarakat yang lebih proaktif dalam menyuarakan pendapat, bukan hanya pendapat soal hal-hal ringan namun juga pendapat mengenai kejadian yang tengah hangat dibicarakan di Indonesia.




Baca juga: Rapotivi, Startup Aplikasi Aduan Tayangan TV  Yang Tak Layak Tonton

Meskipun mendapatkan tantangan dari sejumlah startup kompetitor sejenis seperti Change.org dan Rapotivi (aplikasi pengaduan tayangan televisi), Opini.id tidak pernah gentar untuk mencapai tujuannya dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih aktif dan cerdas berpendapat. Tidak perlu menyertakan emosi dan tarik urat saat berpendapat, karena dari pendapat yang santun dan cerdaslah negara bisa lebih maju dan berkembang lagi.

Bagi kita yang rajin menggunakan internet setiap hari, tidak ada ruginya lho mengakses Opini.id dan ikut berbagi pendapat bersama pengguna internet lainnya. Sekarang adalah saat yang paling tepat untuk mewujudkan masyarakat modern Indonesia yang santun dan cerdas!




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud