Obat Asam Urat Dari Herbal

Obat Asam Urat Dari Herbal

obat-asam-urat

Obat asam urat herbal – Semakin meningkatnya tuntutan hidup, beban pekerjaan, dan juga perubahan lingkungan sekitar, membuat gaya hidup dan pola makan orang banyak ikut berubah. Perubahan gaya hidup ini seringkali membuat kita “menganak tirikan” kesehatan kita sendiri dan mengakibatkan timbulnya penyakit di dalam tubuh. Salah satu penyakit yang terjadi pada seseorang karena pola makan dan pola hidup yang salah adalah penyakit asam urat.

Sebenarnya, asam urat itu sendiri tidak berbahaya tapi bila terjadi penumpukan asam urat dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya hyperuricemia, yaitu kondisi dimana asam urat tidak bisa keluar dari dalam tubuh (sekresi). Biasanya asam urat yang tidak bisa keluar dari dalam tubuh akan terakumulasi pada sendi, terutama sendi kaki dan jari kaki, yang kemudian membentuk kristal dan akhirnya menyebabkan penyakit asam urat. Saya belum pernah mengalami sakit asam urat – dan mudah-mudahan tidak akan pernah – tapi menurut seseorang yang saya kenal yang menderita sakit asam urat, rasa sakit dan ngilu sering kali mereka alami ketika melakukan kegiatan sehari-hari dan rasa sakit/ ngilu ini membuat dia sangat tidak nyaman.

Kadar asam urat dalam tubuh bisa diturunkan dengan beberapa cara baik itu dengan menggunakan obat asam urat herbal dan mengubah pola hidup kita menjadi lebih baik. Selain itu kita juga perlu menghindari mengkonsumsi makanan/ minuman yang mengandung kafein dan alkohol dan beberapa bahan makanan nabati seperti kembang kol, kacang polong, jamur, kacang-kacangan, asparagus, lebih lengkapnya baca terus artikel ini.

Jenis Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita Asam Urat

Untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, kita bisa mengkonsumsi beberapa makanan/ minuman  di bawah ini:

  1. Jeruk (vitamin C) – Kita dapat melakukan upaya mengurangi asam urat dan melarutkannya dalam darah dengan banyak mengkonsumsi vitamin C. Karena itu pastikan memasukkan vitamin C dalam daftar makanan yang kita konsumsi sehari-hari.
  2. Cherry – Buah ini diketahui memiliki sifat anti-afliasi (anthcyanin) dan sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Selain khasiatnya bagus untuk mengurangi asam urat, menurut saya rasanya juga lumayan enak, jadi kita akan menikmati ketika mengkonsumsinya.
  3. Jeruk nipis – Perasan air jeruk nipis selain bisa membuang racun dalam tubuh dan juga melarutkan asam urat dalam tubuh. Kita bisa memasukkan perasan air jeruk nipis dalam menu makanan tambahan dan bisa diminum secara teratur.
  4. Biji Seledri – Merupakan obat rumahan yang sering sekali digunakan untuk mengurangi asam urat dalam tubuh kita. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi kita bisa mengkonsumsi ekstrak biji seledri.
  5. Minum air mineral – Fungsi air selain mengobati rasa haus kita, ternyata bisa menjadi alternatif yang baik untuk membuang racun dalam tubuh kita termasuk asam urat. Itulah salah satu alasan mengapa minum banyak air mineral akan sangat membantu mengatasi masalah asam urat.
  6. Sari cuka apel – Khasiat dari sari cuka apel sudah terbukti bisa mengurangi asam urat dalam tubuh kita. Cara mengkonsumsinya sangat mudah, cukup tambahkan 3 sendok sari cuka apel ke dalam air mineral dan diminum dua sampai tiga kali sehari.
  7. Kentang & Jagung – Kedua sayuran ini sangat baik digunakan untuk mengurangi asam urat dalam tubuh kita. Pengolahannya juga sangat mudah, cukup dikukus dan langsung bisa dikonsumsi.
  8. Produk susu rendah lemak – Ternyata produk susu rendah lemak seperti susu dan yogurt bisa mengurangi asam urat dalam tubuh. Beberapa orang mungkin tidak menyukai rasanya yang asam, tapi khasiat nya ternukti sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Jenis Makanan Pantangan Bagi Penderita Asama Urat

  1. Makanan jeroan seperti; usus, hati, ginjal, otak, babat, paru.
  2. Makanan laut (sea food) seperti; tiram, kerang, ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, dan udang.
  3. Beberapa sayuran seperti; buncis, asparagus, kembang kol, bayam, daun singkong, daung pepaya, jamur kuping.
  4. Beberapa buah-buahan seperti; nanas, durian.
  5. Makanan yang mengandung banyak lemak dan protein tinggi.
  6. Beberapa daging hewani seperti; kambing, sapi, bebek, angsa, kuda, dan kalkun.
  7. Makanan dari kacang-kacangan seperti; tauco, kacang kedelai, oncom, melinjo, kacang tanah, kacang hijau.
  8. Telur, es krim, kuah kaldu yang kental, dan keju.

Beberapa makanan yang disebutkan di atas sudah terbukti bisa memperburuk kondisi penyakit asam urat pada seseorang. Karena itu, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut untuk membantu mengurangi asam urat dalam tubuh. Selain itu penderita asam urat juga sangat disarankan untuk meminum air putih dalam jumlah yang banyak untuk membantu proses pembuangan kristal asam urat melalui air seni.

Obat Asam Urat Herbal Yang Direkomendasikan

1. Daun Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus)

Tanaman kumis kucing sudah dikenal sejak dulu dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit sulit buang air kecil. Tanaman ini mengandung senyawa orthosiphonin glikosida dan mengandung sinsetin yang berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu kumis kucing dikenal memiliki sifat diuretik yang berguna dalam membantu tubuh membuang kelebihan asam urat melalui urine.

Cara mengkonsumsi daun kumis kucing bisa dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti; meniran, sawi tanah, jahe merah, dan kapulaga. Bersihkan 10 gram daun kumis kucing, 10 gram sawi tanah, 10 gram meniran, dan 15 gram jahe merah. Semua bahan dimasukkan ke dalam rebusan 1 liter air hingga tersisa hanya setengahnya. Minum air rebusan ini pada pagi, siang, dan sore hari, masing-masing sekitar 150ml. Dengan melakukan hal ini secara teratur setiap hari, maka dapat dipastikan bahwa penyakit asam urat Anda akan sembuh.

2. Tanaman Sidaguri (Sida Rhombifolia)

Sidaguri juga dikenal dengan nama lain seperti; siliguri, otok-otok, sadagori, dan bitumu. Akar dari tanaman ini mengandung alkaloid, steroid, dan pahredine, dimana dapat digunakan sebagai anti radang, mengurangi rasa sakit, dan melancarkan buang air kecil. Tanaman ini juga sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit asam urat.

Cara mengkonsumsi Sidaguri cukup mudah. Masukkan 30 gram herba kering sidaguri ke dalam rebusan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga air yang tersisa hanya setengahnya. Minum air rebusan tadi dengan teratur 3 kali sehari sebanyak setengah gelas sekali minum. Minum ramuan ini secara teratur, niscaya penyakit asam urat Anda akan sembuh.

3. Tanaman Sambiloto (Adrographis Panniculata)

Tanaman Sambiloto ini berasal dari India. Tanaman ini mengandung senyawa flavanoid, keton, alkane, aldehid, dan juga mineral seperti natrium, kalium, dan kalsium. Mungkin Anda tidak akan menyukai rasanya yang pahit, tapi Anda pasti menyukai khasiat tanaman ini. Sambiloto banyak digunakan sebagai anti radang, penawar racun, dan penghilang rasa nyeri.

Cara mengkonsumsi Sambiloto dengan cara merebus 10 gram tanaman ini ke dalam 5 gelas air dan dicampur dengan beberapa herbal lainnya seperti; 10 gr rimpang temulawak, 10 gr komfrey, 1 gr buah lada. Biarkan rebusan ini hingga tersisa sekitar 3 gelas saja. Minumlah ramuan ini secara teratur 3 kali sehari, 1 jam sebelum makan.

4. Kulit Manggis dan Daun Sirsak

Selain yang saya sebutkan di atas, ternyata kita juga bisa mengobati asam urat dengan menggunakan daun sirsak dan kulit manggis. Tapi daun sirsak dan kulit manggis tentunya tidak enak dikonsumsi secara langsung, pasti rasanya pahit sekali. Bila seseorang memiliki penyakit asam urat dan dia ingin mengurangi asam uratnya atau mengobatinya, sudah pasti orang itu ingin mengkonsumsi obat yang mudah dimakan atau diminum dan rasanya tidak terlalu pahit.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari seorang teman, ternyata sekarang ada obat asam urat yang terbuat dari ekstrak daun sirsak dan kulit manggis. Nama obat herbal ini adalah Ace Maxs. Menurut beberapa ahli pengobatan tradisional dan pakar kesehatan yang sudah melakukan penelitian, daun sirsak diketahui memiliki senyawa tannin, fitosterol, caoksalat, dan alkaloid murisine yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit kanker dan juga asam urat. Sedangkan kulit manggis diketahui mengandung antioksidan tinggi dan zat yang dapat mengobati masalah pengapuran atau asam urat.

5. Daun Salam (Eugenia Polyanta)

Daun salam sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan khas Indonesia. Tumbuhan ini mengandung beberapa senyawa di dalam daunnya, antara lain; tannin, flavonoid, dan atsiri. Mulai dari akar, batang, kulit, dan buahnya, bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal, namun yang paling sering digunakan adalah daunnya.

Untuk meramu daun salam caranya sangat mudah, cukup dengan merebus 15 lembar daunnya di dalam air sebanyak 3-4 gelas. Biarkan rebusan mendidih hingga air tersisa sekitar 1 gelas saja. Minumanlah air rebusan ini 2 kali dalam sehari, dengan jumlah setengah gelas sekali minum.

Jika keluarga Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita penyakit asam urat, alangkah baiknya Anda menyarankan mereka untuk mengubah kebiasan hidup yang tidak baik dan mulai melakukan pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. Selain itu, tidak ada salahnya merekomendasikan pada mereka untuk mengkonsumsi makanan/ minuman dan obat asam urat herbal yang disebutkan di atas karena sudah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi dan juga mengobati asam urat dalam tubuh.

Diambil dari beberapa sumber

14 KOMENTAR

  1. Barusan saya minum perasan jeruk nipis hangat. Efeknya setelah bangun tidur, linu sendi yg disebabkan asam urat dan pusing karena tekanan darah naik langsung hilang. Alhamdulillah.

  2. daun salam memang cocok untuk obat asam urat..

  3. betul pola makan hrs djaga, dan olah raga yg cukup…

  4. Dental Room - Aesthectic Dental Tourism | Invisalgin | Implan

    Terima kasih atas informasinya. :D
    Obat2an dari bahan herbal memang lebih dipillih karena berbahan dasar alami, tapi para penderita asam urat tetap harus menjaga pola makan. :D

  5. Ibu saya kalau asam uratnya lagi naik minimal habis 150 ribu untuk pengobatan. Kuncinya memang pada pengaturan pola makan. Susu kedelai juga kabarnya bisa mengurangi asam urat dalam tubuh.

  6. sarang semut asli papua ternyata juga mampu lho mengobati asam urat :)

  7. Obat asam urat yang saya tau itu cuma dari dokter, ternyata ada juga obat dari makanan sehari-hari. Menurut saya sih yg paling penting itu menjaga pola makan dan jenis makanan …

  8. Baru tau asam urat bisa disembuhkan dengan makanan nabati. Yang saya tahu, penderita asam urat tidak boleh mengkonsumsi rebung, katanya bisa memperparah penyakit asam uratnya.

  9. Ade Widia Siahaan MarhiteOmbun

    Wah kulit manggis bisa nyembuhin penyakit asam urat juga ya? Hebat. Orang tua dari temen saya tuh sering mengeluh kesakitan krn penyakit asam uratnya…. mudah-mudahan setelah membaca artikel ini dia bisa mengatur makanan yang dia konsumsi. Makasih ya min :-)

Tinggalkan Balasan