NyoNya Nursing Wear (NNW) ~ Produk Baju Menyusui yang Sukses Berkat Kreativitas

Image dari Twitter.com

Image dari Twitter.com

Kreativitas memang sudah banyak terbukti menjanjikan dan menghasilkan gagasan brilain dan juga yang pasti kesuksesan. Hal inilah yang juga sudah dirasakan oleh Bintan Sholihat (Bintan) dan Dwi Yulia Nurbani (Dwi) yang meluncurkan produk kreatifnya bernama NyoNya Nursing Wear (NNW).

NyoNya Nursing Wear sendiri adalah produk baju yang sangat cocok digunakan oleh ibu-ibu menyusui. Dengan adanya produk baju ini maka ibu-ibu menyusui tidak lagi perlu kerepotan untuk menyusui bayinya di tempat umum yang memang umumnya dihindari oleh ibu-ibu menyusui. Lalu seperti apakah kisah Bintan dan Dwi dalam menjalankan bisnis produk kreatif NNW ini? Berikut ulasannya.

Berawal dari Problem Pribadi

Terciptanya produk kreatif NNW ini sendiri cukup unik. Pasalnya produk NNW ini muncul dari problem atau pribadi yang dialami Bintan dan Dwi. Ya, sebagai ibu muda saat itu yang harus sering menyusui anak-anaknya, Bintan dan Dwi merasakan kerepotan yang serius saat mereka harus menyusui di tempat umum. Nah dari sini kemudian Bintan dan Dwi yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung ini berinisiatif membuat pakaian yang mereka desain khusus untuk ibu-ibu menyusui.

Produk yang dibuatnya ini bukan hanya nyaman digunakan ditempat privat (rumah), namun produk yang kemudian diberi nama NyoNya Nursing Wear (NNW) ini juga nyaman digunakan saat memberikan ASI di tempat umum. Namun meski datang dari sebuah kebutuhan pribadi, nyatanya produk NNW yang mereka buat mendapat respon positif dari publik.

Artikel lain: Big Size Fashion Store ~ Peluang Usaha Baju Ukuran Jumbo

Usaha Awal Produksi NyoNya Nursing Wear

Sejak mendapat respon pertama yang positif, Bintan dan Dwi makin bersemangat untuk memproduksi NNW. Sebelum diluncurkan secara resmi, Bintan dan Dwi mencari konsep dan pemasok bahan yang terbaik. Mereka pun menyusuri Jalan Otista, Bandung dan giat lakukan browsing meski sedang hamil muda. Setelah tiga bulan mereka mendapatkan konsep yang tepat maka NNW pun resmi diluncurkan pada bulan Februari 2014.

Untuk memproduksi NNW, Bintan dan Dwi memfokuskan kota Bandung sebagai pusatnya. Bisnis atau usaha ini sendiri dijalankan Bintan dan Dwi dengan sistem #kemitraan yang modal sama rata yaitu 50:50. Meski tidak terlalu besar, modal awal yang diapat dari patungan ini terus dijaga dan dikembangkan hingga sedikit demi sedikit bertambah. Bahkan setelah launching, mereka mendapatkan suntikan dana yang cukup membantunya menjalankan dan memproduksi NNW.

Strategi Penjualan NNW

Dalam menjalankan penjualan, Bintan dan Dwi mengutamakan kekuatan produk sebagai wujud strateginya. Jadi menurut mereka dengan menjadikan produknya sempurna yang terdiri dari unsur kenyamanan, estetika dan privasi maka modal utama dari strategi penjualannya pun akan berjalan dengan baik.

Namun karena tuntutan pasar akan unsur stylish dan fashionable, maka mereka juga berusaha untuk menciptakan produknya dengan tren fashion yang terbaru. Untuk memperluas penjualan, Bintan dan Dwi mengandalkan kekuatan media online melalui website-nya yaitu (www.nyonyanursingwear.com) dan #Instagram (@nyonya_nursingwear).

Jalankan Penjulan Sistem Konsinyasi

Sampai saat ini NyoNya Nursing Wear masih belum mempunyai toko offline. Namun demikian, Bintan dan Dwi tak kehilangan akal untuk bisa membuat NNW masuk dan dijual di toko secara offline. Untuk itu mereka kemudian melakukan bekerja sama dengan toko-toko offline dengan pola konsinyasi.




Dengan sistem kerjasama ini maka produk NNW kini bisa dijumpai di toko-toko seperti di toko maternity wear dan di Moms To Be di Bandung, ada juga di Hot Momma, Mal Cinere dan juga di Nenen Shop, Plaza Pondok Indah, Jakarta. Selain dengan pemilik toko offline, pola kerjasama konsinyasi ini ternyata juga dijalin oleh Bintan dan Dwi dengan pengelola #toko online www.babyzania.com dan www.hijup.com.

Baca juga: KAS Cloth ~ Usaha Fashion Kreatif yang Tonjolkan Keunikan Budaya Daerah Semarang

Perkembangan Usaha NNW

Sampai saat ini produk NyoNya Nursing Wear sudah bisa dibilang sukses. Pasalnya dengan kapasitas awal produksi yang hanya 300 potong baju per bulan, kini sudah meningkat 10 kali lipatnya. Dari sini maka sejak peluncurannya tahun 2014 hingga akhir tahun, omset NNW pun meningkat drastis hingga menembus angka Rp 1 milliar.

Sementara di tahun 2015 omset rata-rata perbulannya mencapai Rp 200 juta/bulan. Berbekal kesuksesannya ini, Bintan dan Dwi sejak bulan Ramadan tahun 2015 kemarin telah meluncurkan beberapa merek terbaru dari NNW. Beberapa merk terbaru tersebut adalah NyoNya Luxe sebagai sub-brand NNW. Lalu ada NyL yang fokus pada baju hamil dan menyusui formal seperti kebaya dan kaftan. Dan produk terbaru ketiga yaitu MamiBelle yang mengangkat tema nursing wear for all.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud