Nonton.com ~ Startup Inovatif Penyedia Streaming Film & Video Gratis

Nonton-comMerintis sebuah #startup tak harus bermula dari sesuatu yang sifatnya kebutuhan primer lho. Secara umum kita memang memahami bahwa kebutuhan primer seperti produk makanan, pakaian dan rumah memang sangat diperlukan oleh semua orang. Namun perkembangan daya beli dan pergeseran gaya hidup masyarakat kini mulai mendorong munculnya kebutuhan-kebutuhan lain yang sifatnya sangat berbeda dengan kebutuhan primer.

Salah satu kebutuhan masyarakat yang kini mulai banyak dicari adalah kebutuhan akan sarana hiburan. Wajar saja mengingat aktivitas masyarakat masa kini menuntut waktu yang lama serta konsep pemikiran yang menguras tenaga.

Bila sudah begini, mencari sarana hiburan sambil bersantai dengan keluarga dan sahabat di hari libur menjadi suatu keharusan. Dan hal inilah yang melatarbelakangi suatu startup bernama Nonton.com, sebuah startup inovatif yang menyediakan streaming film dan video gratis untuk masyarakat Indonesia.

Artikel lain: Mivo TV ~ Nonton TV Streaming Online Indonesia

Sekilas Tentang Nonton.com

Nonton.com didirikan oleh 3 orang founder yakni Simon Bessant, Nucky P. Djatmiko dan Joachim Rohn. Simon dan Nucky masing-masing menjabat sebagai CEO dan COO sementara Joachim bertindak sebagai salah satu jajaran direksi. Uniknya, Nucky P. Djatmiko merupakan founder dari situs jual beli properti dan mobil terpopuler di Indonesia, yakni Rumah123.com dan Mobil123.com.

Saat Nucky melihat peluang bagus untuk mengembangkan startup streaming film dan video, maka ia bersama stafnya mulai merencanakan konsep situs Nonton.com. Hasilnya, situs Nonton.com resmi diluncurkan pada 15 Oktober 2013.

Ada Apa Saja di Nonton.com?

Menikmati streaming film dan video gratis di Nonton.com akan memberi pengalaman seru bagi kita untuk menonton drama korea, film, acara tv, rekaman video pribadi hingga sinetron Indonesia. Ya, sinetron Indonesia. Kita bisa bernostalgia dengan sinetron-sinetron favorit kita di zaman dahulu. Berbagai macam sinetron yang sempat populer seperti Bella Vista, Kecil-kecil Jadi Manten, Tuyul dan Mbak Yul dan beragam sinetron lainnya bisa kita nikmati secara streaming melalui Nonton.com.




Hal tersebut memang wajar karena sumber-sumber film dan video di Nonton.com berasal dari pengguna Nonton.com serta hasil kerjasama dengan provider konten film seperti rumah produksi Multivision. Kendala seputar hak cipta dari video atau film milik pribadi dapat diatur dan diurus melalui halaman pengaduan yang mirip dengan konsep take down notice milik #Youtube. Melalui halaman pengaduan tersebut, kita dan pengguna lainnya dapat melaporkan berbagai masalah yang terkait dengan penyalahgunaan hak cipta, pengunggahan konten yang kurang pantas serta berbagai masalah lainnya.

Teknologi Serta Tantangan yang Dihadapi Nonton.com

Hampir sama seperti teknologi yang digunakan Youtube, Nonton.com juga menggunakan akses bandwith lokal untuk mempercepat proses streaming dan proses pengunggahan video. Sehingga dengan menggunakan jasa provider penyedia internet yang kompeten, para pengguna Nonton.com dapat menikmati pengalaman streaming seru dengan kecepatan tinggi.

Meskipun hingga Oktober 2014 ini pembiayaan Nonton.com masih bersifat bootstrapping (bersumber dari dana pribadi para founder), namun Nonton.com optimis bisa meraih minat para pengguna internet Indonesia. Kini sumber pendanaan untuk segala kegiatan operasional startup yang satu ini juga berasal dari iklan in-stream video dan iklan banner di situsnya.

Salah satu tantangan besar yang harus dihadapi oleh Nonton.com adalah kecenderungan para pengguna internet Indonesia yang berlangganan paket data internet berdasarkan kuota, dan bukan berdasarkan paket unlimited. Hal ini tentu membuat para pengguna internet berbasis paket kuota merasa enggan menghabiskan kuotanya hanya untuk menonton film dan video saja. Untuk menyikapi hal ini, Nonton.com berencana untuk menjalin kerjasama dengan para ISP (Internet Service Provider) untuk menyediakan paket dengan jumlah kuota yang besar dan dilengkapi dengan tarif yang cukup terjangkau.

Baca juga: Dramot Chocolabs : Inovasi Streaming Drama TV untuk Pasar Indonesia




Dengan demikian, pengguna internet Indonesia bisa menonton film dan video secara puas melalui Nonton.com. Tak lupa juga Nonton.com senantiasa meningkatkan kualitas video dan filmnya agar para pengguna memperoleh user experience yang memuaskan dan mampu memancing minat para pengguna internet lainnya untuk ikut mengakses Nonton.com.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud